Ruang Ganti by Wagner Möbel Manufaktur

6 Trik Terbaik Menyiasati Ruangan Tanpa Jendela

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ruangan tanpa jendela bukanlah hal yang tidak biasa. Ruangan semacam ini umumnya adalah kamar mandi, ruang ganti, atau ruang bawah tanah yang beralih fungsi. Tiadanya jendela tidak menjadi masalah apabila penataan ruangan dilakukan secara tepat. Furnitur, lantai, dan dinding harus berkompromi dengan kekurangan ini. Jika Anda berpikir hanya warna cerah yang dapat digunakan, itu kurang tepat. Sangat mungkin dan bahkan atraktif bila warna gelap digunakan sebagai kontras. Selain interior, beberapa teknik penataan cahaya menawarkan kemampuan sebagai pengganti sinar matahari. Ruangan tanpa jendela pun bisa tampil menarik seperti ruangan pada umumnya. Untuk itu, coba terapkan trik berikut ini. 

1. Kamar mandi tanpa jendela

Warna dinding mempengaruhi pencahayaan sebuah ruangan. Khususnya pada kamar mandi tanpa jendela, warna terang sering digunakan pada dinding dan lantai. Ketiadaan jendela di kamar mandi juga lebih mudah diatasi dengan adanya cermin besar pemantul cahaya yang biasa terdapat di kamar mandi. Meski demikian, desain langit-langit juga memegang peranan penting untuk menghadirkan cahaya yang optimal. 

Untuk itu, plafon gantung perlu dipertimbangkan sebagai solusi. Dengan perencanaan terperinci, cahaya dapat diatur agar menyinari ruangan secara merata dan kabel-kabel melintang bisa disamarkan. Kontras dengan berbagai nuansa dapat diciptakan dari nuansa orisinal ruangan yang terang. Area berbeda bisa ditonjolkan dengan semenarik mungkin. Penambahan cahaya tidak langsung dapat menghangatkan suasana ruangan dan menciptakan saat mandi yang menenangkan. Distribusi cahaya juga memainkan peranan penting dalam ruangan tanpa jendela, jika kita berbicara tentang desain dan faktor kenyamanan. 

Temukan solusi untuk kamar mandi tanpa jendela di sini: 

10 Cara Mencerahkan Kamar Mandi Kecil Tanpa Jendela 

2. Desain lantai dan furnitur menarik

Di ruangan tanpa jendela, desain lantai atraktif akan membantu menambah nilai visual keseluruhan ruangan. Warna yang dipilih sebaiknya adalah warna pastel atau nuansa warna terang agar ruangan tidak kehilangan kecerahannya. Tata lampu yang tepat dan furnitur warna cerah dapat menggantikan ketiadaan cahaya. Furnitur juga sebaiknya terbuat dari bahan ringan, demikian juga permadani atau karpet. 

Dengan adanya sedikit nuansa gelap di lantai, terciptalah kontras. Mata akan teralihkan dari tiadanya jendela menuju paduan harmonis antara furnitur dan lantai. Anda bebas memilih bahan penutup lantai/ karpet apapun, sesuai kondisi ruang dan selera Anda. Namun karpet lembut direkomendasikan untuk ruang ganti, demikian juga lantai polos/ tanpa karpet. 

3. Cahaya optimal

Ruangan tanpa cahaya harus tetap berfungsi meski tanpa cahaya alami. Warna gelap sebaiknya dihindari tanpa kecuali, sehingga ruangan tetap terlihat menarik. Ruangan tertentu seperti ruang ganti tidak terlalu membutuhkan cahaya alami. Pencahayaan tepat dan dirancang sempurna sangat direkomendasikan sebagai ganti cahaya alami. Selain itu, pemilihan furnitur sebaiknya diperhatikan. 

Bila Anda memilih furnitur berwarna cerah, hal ini akan menguatkan efek pencahayaan. Jika Anda ingin menghindari kesan kosong, efek hidup dan hangat bisa diciptakan dengan memanfaatkan tiap bingkai lantai. Lampu harus ditempatkan menyebar di seluruh bagian plafon agar cahaya menyinari seluruh ruangan secara merata. Beberapa pabrikan lampu menawarkan beberapa teknik pencahayaan yang mudah dipasang.  

Lihat beberapa ide pencahayaan di langit-langit di sini: 

13 Ide Pencahayaan Untuk Langit-langit Keren

4. Dekorasi alami

 Interior landscaping by homify
homify

plant+ Betonkübel

homify

Tanaman selalu menghasilkan efek positif pada suasana ruangan. Inilah elemen yang sangat berguna untuk ruangan tanpa jendela. Tanaman akan membawa efek natural pada ruang yang memiliki keterbatasan karena tidak ada jendela. Dengan satu atau beberapa tanaman hias dalam pot, Anda dapat mempercantik seluruh ruangan. Tanaman juga dapat memperkaya dan menghidupkan suasana ruangan. 

Efek natural dan berkesinambungan tidak hanya dapat Anda hadirkan dengan tanaman hias dalam pot, namun juga rangkaian bunga segar dalam vas cantik di atas meja. Pemanfaatan banyak asesoris alami akan memecah perhatian dari ketiadaan jendela kepada nuansa alami. Ruangan dapat tampil menjadi sangat menarik sehingga ketidakhadiran jendela tidak diketahui sama sekali. Selain dekorasi alami, Anda juga dapat menggunakan furnitur bahan alami untuk ruangan tanpa jendela. 

Taman dalam ruangan juga bisa hadirkan efek natural di ruangan tanpa jendela. Lihat desainnya di sini: 

5 Desain Taman Menawan di Dalam Rumah 

5. Asesoris menyolok

 Ruang Keluarga by Design by Torsten Müller
Design by Torsten Müller

Ideen-Manufaktur mit Raum und Licht-Design für die Sinne

Design by Torsten Müller

Asesoris dapat membanjiri ruangan dengan kecerahan. Asesoris dapat mencuri perhatian jika merupakan bagian komposisi berselera tinggi dari beberapa elemen yang berbeda. Efek cermin sebaiknya tidak dianggap remeh karena cermin dapat memantulkan cahaya. Hal ini sangat bermanfaat jika ruangan di mana asesoris diletakkan tidak mempunyai jendela. 

Jika ruangan memiliki cukup cahaya dari lampu yang benar-benar terang, efek sejumlah asessoris berbeda akan membuahkan hasil yang lebih baik. Hal ini, tentu saja, tergantung pada desain asesoris itu sendiri. Asesoris dari material mengkilap dan berkilauan dapat dipajang dengan cara efektif. Kumpulan asesoris ini tidak hanya akan menarik mata, namun juga memantulkan cahaya di berbagai tempat dari berbagai titik yang berbeda. Hasilnya, ruangan akan tampak lebih berwarna dan sempurna secara signifikan.  

6. Lukisan menghasilkan keragaman

 Walls & flooring by Bimago
Bimago

Bimago Wandbild

Bimago

Gambar atau lukisan bukan hanya sebuah ekspresi atas pemahaman kultural. Namun juga obyek penarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya. Gambar menjadi sangat penting ketika pandangan menuju panorama alam terhalang oleh ketiadaan jendela. Dengan lukisan keindahan bisa dihadirkan, apalagi jika bersanding bersama interior dan asesoris yang penuh cita rasa dan tahan lama. 

Bila lukisan dipajang dengan tepat, efek yang dihasilkan akan melebihi ukuran bingkai dan membuat seluruh ruangan mempesona. Lukisan membuat fokus orang yang memandang tidak hanya tertuju kepadanya secara permanen, namun juga penampilannya secara keseluruhan sebagai bagian dari karya seni. Dengan tata cahaya sempurna yang bisa dimunculkan dari lukisan itu, hasil terbaik akan didapatkan. Lukisan atau gambar akan memungkinkan Anda untuk mengalihkan perhatian dari tidak adanya jendela, sekaligus membangun gaya ruangan ke tingkat tinggi.  

Adakah ruangan tanpa jendela di rumah Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!