Ruang Keluarga by 藤井伸介建築設計室

Interior Rumah Gaya Modern Dengan Area Terbuka

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah yang nyaman di segala musim dan cuaca, itulah impian kita semua. Kita memang bisa mendinginkan rumah menggunakan AC atau kipas angin. Namun peralatan elektronik membutuhkan daya listrik dan biaya tagihan listrik saat ini semakin tinggi. Bergantung sepenuhnya pada pendingin udara elektronik bisa menguras isi dompet. 

Lebih baik lagi jika kita bisa menyesuaikan kondisi rumah dengan suasana sekitarnya agar sejuk setiap saat. Sebuah rumah karya arsitek Shinsuke Fujii asal Yokohama, Jepang, adalah contoh sempurna tentang mengintegrasikan rumah dengan ruang terbuka (open air). Mari simak ulasannya. 

1. Fasad rumah yang tidak ada duanya

Fasad rumah ini menarik perhatian karena penampilannya yang tidak biasa. Atap lengkung menjadi elemen modern bersama dengan pintu geser kayu berbentuk papan lengkung. Elemen kayu ini juga menjadi sentuhan kontras pada fasad abu-abu. Taman tropis menghiasi halaman depan rumah. Bagian depan rumah yang menghadap ke jalan tampak tertutup demi melindungi privasi penghuninya. 

Lihat juga beberapa ide fasad rumah minimalis ini: 

13 Fasad Rumah Minimalis yang Bikin Tetangga Anda Terpukau

2. Ruang tamu

Bertolak belakang dengan fasad rumah yang serba tertutup, interior rumah tampak lapang dengan sebuah area open air ata ruang terbuka di tengah rumah. Aksen lengkung juga digunakan di ruangan, sehingga suasana terasa lebih hidup dan lega. 

Lantai keramik putih berpotongan besar menghasilkan efek menawan, mudah pula dibersihkan. Binatang peliharaan seperti kucing dan anjing kadang meninggalkan jejak di lantai karena kakinya kotor. Noda semacam ini mudah dibersihkan, cukup dilap menggunakan kain basah. Kita juga tidak perlu khawatir furnish cepat rusak bila menggunakan lantai kayu. 

3. Halaman di tengah rumah

Bagian tengah rumah adalah halaman yang semua bagiannya tertutup lantai keramik putih. Tepat di tengah ditanam sebuah pohon. Area ini menjadi area bebas stres, sehingga binatang peliharaan bisa berlarian di sini. Tidak perlu khawatir anjing kesayangan akan lari ke luar rumah, karena area ini dikelilingi ruangan. Ruang terbuka ini memungkinkan cahaya matahari langsung menyinari rumah. Dengan bantuan lantai keramik putih cahaya matahari dipantulkan, sehingga seluruh ruangan akan terang sepanjang siang hari.  

Beberapa ide ruang terbuka ini mungkin cocok untuk Anda: 

34 Cara Menciptakan Ruang Terbuka di Rumah Anda 

4. Dapur dan ruang makan

Dapur dan ruang makan tampak simpel dan hangat dengan seperangkat meja makan yang ditata di antara warna hitam dan putih. Meja dan kursi makan difurnish dengan warna kemerahan, tampak atraktif dan hangat. Ruangan tidak menjadi gelap meski dua dinding dicat warna gelap berkat cahaya alami dari halaman di tengah rumah. Tiga lampu gantung di atas meja makan membuat area ini tampil stylish.  

5. Kamar tidur

Lantai di kamar tidur bukan lantai keramik, melainkan lantai kayu dengan furnishing pekat. Sementara jendela di samping memberikan nuansa terbuka dan atmosfer menenangkan karena bentuknya yang besar dan hampir menyentuh lantai. Kepala tempat tidur sama tinggi dengan bingkai bawah jendela. Semua membuat kamar tidur ini bak kamar hotel berkat pemilihan elemen yang tepat, seperti kursi sebagai pengganti meja samping tempat tidur dan tanaman hias. 

Ingin punya kamar tidur seperti kamar hotel? Lihat desainnya di sini: 

10 Desain Kamar Tidur Ala Kamar Hotel 

6. Kamar mandi

Inilah kamar mandi kelas satu yang memadukan kecerahan dan kebersihan dalam warna putih. Ada dua jendela besar sehingga Anda bisa mandi berendam sambil menikmati pemandangan di sekitar. Tidak perlu takut diintip karena jendela telah dilengkapi juga dengan kerai. 

Area terbuka seperti apa yang Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!