Taman by japan-garten-kultur

10 Alasan mengapa Anda membutuhkan Zen Garden

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Zen garden adalah aliran Jepang, yaitu taman yang sebagian besar terdiri dari kerikil, batu dan batu-batu. Taman ini berbentuk seperti garis melengkung, atai terlihat bagaikan  telah dirawat oleh para biksu Zen selama berabad-abad sebagai bagian dari meditasi mereka. Di Jepang, bentuk khusus orang Jepang ini disebut Kare-san-sui, yang diterjemahkan kira-kira sebagai lanskap kering atau pemandangan palsu.

Kebun kering ini, yang dikenal sebagai Zen garden, sangat menikmati popularitas di garis lintang kita. Alasannya jelas: Di satu sisi, jenis taman ini mudah dirawat, terutama bila kerikil banyak digunakan. Di sisi lain, jenis ini terlihat sangat menarik dan membentuk oasis yang tenang di rumah anda sendiri. Terlebih untuk relaksasi saat anda bisa pulang dari kehidupan sehari-hari yang sibuk. Kami menunjukkan kepada anda sepuluh tukang kebun Jerman dengan karya yang paling cantik dan memberi tips tentang cara membuat kebun kering Jepang milik anda sendiri.

1. Murni relaksasi

Salah satu alasan untuk menerapkan jenis zen adalah efek relaksasinya. Melalui pekerjaan dengan kebun batu-batuan, stres, hiruk pikuk turun dari satu.

Di kebun berbatu, sebenarnya seluruhnya tanaman ditiadakan, kecuali lumut. Untuk kerikil atau pasir di taman kering adalah untuk sungai atau laut. Di luar simbolisme ini, permukaan batu disediakan dengan garis bergelombang. Hal ini dilakukan dengan menyiapkan kayu khusus. Garis-garis untuk menarik pasir, memiliki efek meditatif dan memastikan ketenangan dan relaksasi. Adalah penting bahwa anda tidak dapat melihat awal atau akhir garis, mereka harus melewati satu sama lain dengan lancar. Batu-batu yang mewakili bukit dan gunung – harus lebih ditekankan oleh pola garis. Umumnya bentuk terlalu geometris yang tidak diinginkan, tentu saja, efeknya adalah untuk bertindak. Oleh karena itu, angka ganjil pada batu-batu lebih disukai.

2. Zen garden bisa diaplikasikan di mana-mana

 Taman by japan-garten-kultur
japan-garten-kultur

Gartengestaltung unter Anwendung der japanischen Gartenkunst

japan-garten-kultur

Alasan lain untuk zen garden di rumah adalah bahwa hal itu dapat diterapkan hampir di mana-mana. Di sini, taman zen ditata di atas atap teras yang menghadap ke sungai, namun anda juga bisa memilih varian miniatur di dalam rumah. Jika mau, anda bisa mendesain seluruh kebun dengan cara ini, atau hanya sudut eksteriornya. Di balkon, taman Jepang juga bagus.

Di sini pola gelombang khas tidak digunakan, namun bentuk dasar permukaan kerikil itu sendiri terlihat seperti satu gelombang besar , variasi yang menarik dari taman kering yang klasik.

3. Mempercantik area luar

 Taman by japan-garten-kultur
japan-garten-kultur

Gartengestaltung unter Anwendung der japanischen Gartenkunst

japan-garten-kultur

Hal lain yang berbicara untuk kebun zen  adalah fleksibilitasnya dan kemampuannya untuk mengubah bahkan taman yang paling suram menjadi oasis kesejahteraan. Di foto ini, misalnya, tidak ada yang mengingatkan daerah luar yang suram, yang pernah dimiliki taman Berlin ini. Potongan-potongan batu, lumut dan pagar yang terbuat dari bambu sekarang memperindah taman dengan gaya Jepang.

Hal yang baik tentang kebun kering semacam itu tentu saja tidak memerlukan kondisi cuaca tertentu untuk tumbuh dan berkembang. Sebaliknya, karena bentuk taman ini terdiri dari batu dan kerikil, setiap sudut yang masih tidak ramah bisa diapresiasi.

4. Zen garden mini

Bagi yang belum memiliki kebun sendiri, mini zen garden sangat ideal. Ini mudah untuk diletakkan dan memberikan cara menyenangkan untuk relaksasi dan nuansa meditasi. Untuk tujuan ini bingkai persegi panjang biasanya digunakan, yang bisa diisi dengan pasir, kerikil atau batu semi mulia. Dengan seuntai kayu kecil,  anda selalu bisa menggambar pola baru di permukaan. Jika mau, anda juga bisa menempatkan bonsai di kebun kecil ini.

Di sini semacam miniatur kolam bunga bakung dibangun di antara kerikil.

5. Meditasi di luar rumah

 Taman by japan-garten-kultur
japan-garten-kultur

Die Gärten des ZEN-Klosters Liebenau

japan-garten-kultur

Tiruan Taman Jepang di istana Eickhof dekat Liebenau di Lower Saxony ini cukup beralasan untuk menjadikannya seperti Zen Garden juga, bukan?

Sejak tahun 1996, taman Jepang dirayakan di sini, bahkan pada 1998 sebuah biara Zen di kompleks taman luas telah terintegrasi. Sebuah kolam alam dan rumah teh menjadi sebuah gambaran indah. Taman Zen digunakan sebagai bagian dari pelatihan sebagai seorang biarawan Zen.

6. Kebun impian berkat gaya Jepang

 Taman by japan-garten-kultur
japan-garten-kultur

Gartengestaltung unter Anwendung der japanischen Gartenkunst

japan-garten-kultur

Taman pribadi di Bremerhaven, memperlihatkan bahwa berkebun ala Jepang menciptakan sentuhan akhir. Di sini, tumbuhan dan air telah diintegrasikan ke dalam spesies Jepang, yang berarti spesies tersebut tidak sesuai dengan spesies zen klasik manapun. Bagaimanapun, bukanlah tujuan sama sekali. Sebaliknya, desain taman harus diciptakan, di mana alam dan budidaya berada dalam keseimbangan yang harmonis. Hal ini juga dimaksudkan untuk memperbaiki keadaan pikiran saat melihat kebun, liburan singkat bagi jiwa.

7. Ditafsirkan ala Barat

Desain rumah ini modern dan geometris. Area hijau di depan rumah juga sangat puristik, memberikan tampilan taman Jepang. Pohon tunggal yang dibentuk secara dramatis adalah sudut pandang pada permukaan halaman yang akurat. Pandangan ini adalah contoh bagus untuk reinterpretasi taman tradisional Jepang di garis lintang negara barat.

8. Bonsai

Pohon bonsai, kecil, terformat dan berbentuk estetis sangat populer. Mereka tidak cocok dengan kebun kering yang tradisional, tapi sempurna di taman Jepang. Jadi jika anda hanya ingin memiliki taman dengan bakat Jepang tanpa terlalu ketat mengikuti peraturan Zen, penanaman dengan pohon mini dekoratif sangat ideal.

Namun, pertama-tama anda harus memeriksa secara rinci, di mana  cocoknya ruangan untuk tempat itu. Karena bonsai memerlukan perawatan mendalam dan pencahayaan khusus, juga kondisi cuaca untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

9.1 Desain Taman Jepang

Di sini anda bisa melihat disain taman Jepang  yang merupakan ruang pribadi,  dilindungi untuk keluarga. Ruang tamu hijau telah terlindungi dari semua sisi oleh tatapan yang mengganggu dan dirancang untuk digunakan sepanjang tahun. Pada gambar berikutnya anda bisa mengagumi kebun yang sudah jadi.

9.2 Taman Jepang yang sudah selesai

Taman itu didesain dengan granit dan yew. Blok granit mengundang anda untuk duduk dalam kombinasi dengan bantal, tempat api memberikan kehangatan dan menyenangkan. Ada juga tempat tidur herbal di kebun baru. Melalui balok-balok granit dan perkebunan, seluruh area outdoor dengan sentuhan Jepang yang santai bisa dinikmati.

10. Nikmati alam

 Kolam Renang by japan-garten-kultur
japan-garten-kultur

Gartengestaltung unter Anwendung der japanischen Gartenkunst

japan-garten-kultur

Alasan terpenting untuk pergi ke zen garden atau taman Jepang adalah pengalaman tentang alam. Tidak masalah apakah anda mematuhi persyaratan ketat Zen garden tradisional atau bahkan mengintegrasikan tanaman dan air ke dalam desain. Hal utama adalah anda bisa merasa nyaman di kebun dan selaras dengan diri, juga alam.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!