Kamar Mandi by 源原設計 YYDG INTERIOR DESIGN

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Kamar Mandi Shower

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada beberapa keunggulan kamar mandi shower yang tidak dimiliki kamar mandi jenis lainnya. Mandi menggunakan shower lebiih menghemat pemakaian air dibanding menampung air dalam bak mandi. Air yang memancar bak tetesan air hujan memberikan efek yang sama seperti pijat untuk tubuh, juga bisa membantu mengatasi stres dan depresi. Mandi shower baik untuk semua usia. Bahkan salah satu terapi untuk anak dengan sindroma autisme adalah mandi shower sekali sehari. 

Sebelum Anda pergi ke toko untuk membeli kepala shower serta kelengkapannya, bacalah tips di bawah ini agar tidak salah pilih. 

1. Hindari kepala shower dari besi

Kepala shower terbaik adalah yang terbuat dari bahan plastik atau aluminium. Kepala shower dari besi bisa membuat air berbau dan rasa air pun berubah. 

2. Periksa saluran pembuangan

 Kamar Mandi by Refurb It All
Refurb It All

Hampstead Wetroom

Refurb It All

Apakah rambut Anda atau anggota keluarga mudah rontok? Periksalah saluran pembuangan air di kamar mandi secara rutin. Ada kalanya rambut rontok atau potongan sabun tersangkut di bagian bawah tutup saluran pembuangan. Akibatnya air sisa mandi tidak bisa masuk dan menggenangi lantai. 

3. Periksa pipa air

 Kamar Mandi by Refurb It All
Refurb It All

Hampstead Wetroom

Refurb It All

Pipa air yang telah berkarat dan kotor bisa mengganggu aliran air kepala shower. Periksalah pipa air yang mengalirkan air ke kamar mandi. Lakukan ini sebelum Anda mengganti bak mandi dengan shower. 

4. Gunakan sekat

Area shower sebaiknya dipisahkan dari area kamar mandi lainnya seperti meja wastafel dan toilet. Furnitur kamar mandi yang terbuat dari kayu bisa lekas lapuk dan rusak bila basah terus menerus. Dinding kaca adalah opsi sekat terbaik karena mudah dikeringkan setelah selesai mandi. Bisa juga menggunakan tirai plastik khusus untuk kamar mandi atau dinding semen berlapis ubin. 

5. Pilih jenis shower sesuai kebutuhan

Shower tangan (hand shower) cocok untuk Anda yang telah berkeluarga dan mempunyai anak. Hand shower bisa dilepas dari dudukannya dan memudahkan anak balita yang sedang belajar mandi sendiri. Shower tempel juga mudah digunakan oleh anak dan orang lanjut usia. Bisa dipasang di langit-langit atau dinding kamar mandi dan memberikan sensasi mandi yang menyenangkan. Kendalanya, shower tempel menyedot banyak air dan membuat tagihan pemakaian air jadi membengkak. 

6. Pilih kepala shower bertekanan tinggi

Perhatikan spesifikasi kepala shower sebelum membeli. Berapa banyak galon per minutes (gpm) yang dibutuhkan dan berapa besar tekanan air yang dihasilkan. Kepala shower bertekanan tinggi tetap nyaman digunakan dan tidak memboroskan penggunaan air. Saat aliran air sedang kecil, kepala shower ini tetap memancarkan air secepat biasanya. Kepala shower bertekanan tinggi juga telah tersedia di toko online. 

Sudahkah Anda memiliki kamar mandi shower di rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!