by DELIFE

6 Tips Hemat Mengubah Penampilan Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Anda tidak bisa membeli cita rasa tinggi, namun bisa mewujudkannya dengan mencoba dan melakukan observasi. Dibutuhkan modal besar untuk menjadi seorang desainer interior ternama. Barang pecah belah eksklusif, tirai terbaik, hingga desain klasik mewah untuk kamar tidur bukanlah barang dengan harga murah. Tetapi pilihan elemen hias sangat terbatas jika kita tak memiliki banyak modal. 

Berkat tren baru di bidang dekorasi ulang, ada kalanya penampilan stylish bisa diciptakan dengan dana terbatas. Dasarnya adalah minimalis konsisten yang tidak berlebihan dan tidak dilakukan dengan tergesa-gesa sehingga dana terbatas bisa digunakan untuk menata ulang rumah. Sedikit hiasan dalam satu ruangan bisa menghasilkan efek yang lebih memikat. Artikel ini akan mengulas tentang ide menata ulang rumah dengan biaya rendah dan tips bermanfaat untuk apartemen murah namun stylish.  

1. Memulai dengan gaya minimalis

Jika Anda ingin apartemen tampak stylish tanpa banyak biaya, mulailah dengan gaya minimalis. Akan lebih mudah bila dinding dan lantai telah difurnish/ dicat ulang. Saat tiba di apartemen baru, Anda tidak perlu mengeluarkan semua barang. Cukup keluarkan barang-barang yang sangat penting di hari pertama Anda di rumah atau apartemen baru. Dengan cara ini maka Anda dan penghuni lainnya akan dapat menyesuaikan diri dan menciptakan suasana minimalis secara bertahap. Ada kalanya obyek kecil menghasilkan efek luar biasa. Sebuah lukisan akan tampak lebih indah jika digantungkan di dinding kosong, daripada di antara rak buku atau elemen dekoratif lainnya. 

Menghadirkan gaya minimalis akan sedikit lebih sulit jika Anda telah lama tinggal di apartemen/ rumah Anda saat ini. Diperlukan banyak tenaga untuk mengosongkan dan mengemas beberapa barang yang kurang penting. Simpan barang-barang itu di loteng atau gudang baik-baik agar bisa digunakan kembali. 

2. Berinvestasi pada benda-benda spesial

modern Living room by Ocho Workshop
Ocho Workshop

Leather Acapulco chair

Ocho Workshop

Jika seseorang memilih estetika ideal modern minimalis, maka hasilnya adalah kegunaan praktis. Tidak dibutuhkan banyak dana untuk membeli furnitur, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membeli benda-benda unik. Misalnya furnitur klasik yang terdiri dari kursi cantik atau sofa karya desainer kondang. Keduanya bisa jadi penarik perhatian di apartemen minimalis. Demikian juga lampu, rak, atau tirai atraktif, semuanya memainkan peranan penting dalam satu ruangan. Barang-barang seperti ini bisa didapatkan dengan mudah. Jika tak punya cukup dana untuk membeli sofa asli karya desainer terkenal, Anda bisa membeli versi replikanya dengan harga miring. 

Cara lain agar ruangan tampak spesial adalah menghiasnya dengan karya seni. Satu atau sekelompok benda seni bisa membuat hunian lebih berkilau. Untuk mencari dan membeli karya seni unik tapi tidak mahal, kunjungilah sekolah seni dan belilah karya seni buatan pelajar atau mahasiswa seni. Anda bisa memiliki lukisan, foto, patung, dan grafis karya para seniman muda berbakat.  

3. Sedikit itu lebih baik

 Ruang Keluarga by s.wert design
s.wert design

Vorhang: Großstadtpflanze

s.wert design

Less is more (sedikit itu lebih baik) adalah dalil utama gaya minimalis. Artinya, hanya dengan menyingkirkan dekorasi berlebihan maka esensi atau keindahan sejati sebuah ruangan dapat menjadi nyata. 

Selain mampu menyatukan gaya minimalis dan fungsionalitas untuk sesuatu yang istimewa, dalil less is more juga memiliki tempat tersendiri di pasaran. Saat ini furnitur murah dengan elemen ceria mudah didapatkan. Desain furnitur yang polos membuatnya mudah terintegrasi dalam hunian modern. 

Asesoris individual seperti perangkat pemutar musik, sofa, atau meja makan unik tampak lebih menarik dalam ruangan minimalis daripada dalam ruangan yang penuh dengan hiasan. Benda-benda hiasan yang terlalu berlebihan bisa disimpan agar dapat digunakan sewaktu-waktu. 

Lihat juga inspirasi gaya minimalis di artikel ini: 

Rumah Modern Minimalis Tanpa Sekat Penuh Gaya 

4. Nuansa klasik agar suasana hati lebih cerah

 Living room by DELIFE
DELIFE

Drehsessel Eye Ball Weiss Schwarz Antik Design

DELIFE

Tidak ada yang lebih menonjol daripada desain klasik dari abad ke-20. Baik lampu gantung maupun tempat duduk sempurna, sejarah perkembangan desain furnitur telah menghasilkan asesoris atraktif yang membuat hidup jadi lebih indah. Dalam desain minimalis, benda-benda ini ditempatkan dalam ruang agar dapat berfungsi persis seperti rencana desainer. 

Untuk itu Anda perlu memikirkan masak-masak apa desain yang cocok untuk empat dinding Anda. Apakah desain modern natural karya Charles Eames yang memadukan berbagai material atraktif? Atau pendekatan gaya Jörg Utzon, perancang Sydney Opera House yang mendunia? Keanggunan yang ceria ala Alvar Aalto, atau mengutamakan fungsionalitas seperti karya Jean Prouvé atau Arne Jacobsen? 

Sangat disarankan untuk memikirkan berbagai opsi yang ada secara seksama sebelum membuat keputusan. 

Tingkatkan kenyamanan bekerja di rumah dengan ruang kerja minimalis. Lihat contoh desainnya di sini: 

8 Inspirasi Ruang Kerja Menawan Bergaya Minimalis

5. Utamakan detil

Jika Anda ingin memiliki hidup berkualitas tanpa banyak biaya, tips ini akan membantu Anda mencari caranya: berilah perhatian pada detil. 

Detil yang dimaksud di sini adalah, misalnya, pengingat yang ditata secara seksama dalam bentuk foto kenang-kenangan atau suvenir dari tempat yang pernah Anda kunjungi. Apapun yang merupakan sentuhan pribadi dan Anda banget di rak atau bufet. Sekelompok obyek sederhana yang tertata rapi di seluruh ruangan juga meningkatkan daya tarik apartemen. Misalnya, beberapa bingkai gambar yang menampilkan banyak motif berbeda dalam konteks yang sama. 

6. Semua ruangan beraroma harum

 Ruang Keluarga by alba najera
alba najera

CG 3D DISEÑO DE UN INTERIOR

alba najera

Aroma sedap menghasilkan dampak besar bagi kualitas hidup. Ada beberapa trik penciptaan aroma yang berbeda untuk tiap ruangan. 

1. Jemur handuk basah di luar saat matahari bersinar cerah. Dengan cara ini maka kamar mandi akan bebas dari kelembaban dan bau kurang sedap dari handuk basah. 

2. Sabun berbau harum bukan hanya untuk tubuh atau tangan, tapi juga dapat mengharumkan kamar mandi dan toilet. 

3. Letakkan bunga segar di ruang tamu, misalnya bunga lavender segar. Fragrance oil (bibit minyak wangi) juga dapat digunakan untuk menajamkan aroma wangi bunga. 

4. Agar kamar tidur berbau harum, bukalah jendela kamar di pagi hari. Jika cuaca sedang cerah, angin-anginkan atau jemur selimut dan bantal Anda di teras atau balkon. 

5. Agar bau masakan yang terlalu tajam tidak menyebar ke seluruh rumah/ apartemen, tutuplah pintu dan bukalah jendela dapur saat memasak, atau nyalakan penghisap asap dapur. 

Simak tips menghadirkan gaya minimalis lainnya di: 

7 Tips Hadirkan Gaya Minimalis di Apartemen Anda

Apakah yang akan Anda lakukan untuk mengubah gaya interior rumah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!