Ruang Keluarga by Clorofilia

6 Ide Agar Dinding Tinggi di Rumah Makin Memikat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Dinding tinggi menawarkan penampakan anggun dan banyak ruang untuk kreativitas Anda. Meski demikian, dinding tinggi juga mengharuskan Anda memiliki perangkat tambahan untuk mengganti lampu dan tirai, yaitu tangga. Namun hal ini sebaiknya tak membuat imajinasi Anda menjadi terbatas. Pada dinding tinggilah desain fantastis bisa tercipta, dan hal ini cukup jarang terjadi. 

Dinding tinggi di rumah juga menawarkan Anda kesempatan untuk menciptakan ruang atraktif, atau plafon gantung. Biasanya, dinding tinggi terbentuk karena langit-langit/ plafon rumah yang tinggi. Kondisi ini memungkinkan untuk menciptakan suasana pondok di dalam rumah dengan bantuan beberapa hal lainnya. Demikian juga ornamen dan karya seni akan tampak lebih menarik di dinding tinggi dibandingkan pada dinding dengan ketinggian normal. Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk menghias dinding tinggi di rumah Anda, bacalah artikel ini hingga tuntas.  

1. Tempat penyimpanan yang mudah diakses

Bila ruangan dengan empat dinding Anda memiliki dinding-dinding tinggi namun tingginya tidak memungkinkan untuk membuat ruangan tambahan (tingkat), perlu dipertimbangkan untuk mengubahnya menjadi ruang penyimpanan. Tinggi langit-langit menjadi berkurang, sama seperti rumah bertingkat. Namun tinggi langit-langit di lantai dasar tidak memungkinkan Anda menikmati kenyamanan di ruangan baru ini. 

Setelah mengurangi ketinggian plafon dan dinding, buatlah ruangan di bawah plafon baru. Sebuah ruangan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat melengkapi maha karya ini dengan anak tangga impresif sehingga suasana ruangan mendapat manfaat dari penambahan ini. Anda pun memiliki akses nyaman dan aman menuju ruang penyimpanan. 

Lihat juga beberapa ide tempat penyimpanan di rumah yang tak terduga sebelumnya: 

12 Ide Tempat Penyimpanan Agar Rumah Rapi Setiap Saat 

2. Loteng tengah

Dengan dinding tinggi, Anda akan dapat menemukan berbagai kemungkinan luar biasa dalam hal desain dinding. Selain dekorasi pada umumnya, yang biasa ditemukan pada dinding, Anda memiliki kemungkinan untuk merekayasa optik secara arsitektural. Ini akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan tidak selalu dapat ditemukan di hunian pada umumnya. 

Dengan sedikit usaha Anda dapat membuat ruang tambahan di ruangan dengan dinding tinggi. Bantuan seorang ahli akan membantu Anda membangun ruang tambahan ini dengan hasil memuaskan. Dengan tangan terampil dan kepekaan kreatif, suasana ruangan yang unik bisa dihasilkan. Banyak material tersedia untuk merealisasikan tujuan ini. Sebaiknya Anda memfokuskan diri pada gaya desain seluruh ruangan. 

3. Plafon gantung

Plafon gantung selalu terlihat menarik. Plafon gantung membuat ruangan tampil anggun, dan pada saat yang sama menonjolkan desain unik plafon gantung itu sendiri. Ruangan dengan langit-langit tinggi adalah kondisi terbaik untuk membuat plafon gantung. Selain itu, plafon gantung juga merupakan wujud permainan teknik. Sering kali plafon gantung dibuat dalam beberapa level. Hasilnya adalah rangkaian individual yang bisa segera dilihat saat kita masuk ke ruangan itu. 

Rumah-rumah modern bisa mendapatkan manfaat dari palfon gantung, karena menghasilkan ruang untuk penataan cahaya secara luar biasa. Selain pilihan desain yang tersedia, kecakapan cermat sangat dibutuhkan di sini. Dengan sedikit upaya, langit-langit ruangan bisa diubah menjadi lebih rendah dan instalasi rumit cahaya tidak langsung bisa dipasang. Dengan plafon gantung sangat memungkinkan untuk menikmati suasana malam di bawah cahaya lampu yang menenangkan dan bisa tampil dalam berbagai warna sesuai pilihan. Namun bukan hanya lampu yang bisa dipasang dalam plafon gantung. Sistem ventilasi atau pendingin udara bisa dipasang semenarik mungkin, tergantung pada ketinggian bawaan langit-langit rumah Anda. 

4. Rak tinggi

Tidak seperti dinding dengan ketinggian rata-rata pada umumnya, rak-rak dapat dipasang memenuhi seluruh bagian dinding sampai menyentuh langit-langit. Rak-rak tersedia dalam bentuk terbuka dan tertutup. Rak tertutup memungkinkan Anda menghias dinding tanpa mengecat ulang atau mengubah warnanya, atau menempelkan kertas dinding baru. Bila seluruh dinding tertutup oleh rak, maka hiasan atau desain rak menjadi hiasan dinding.

Beberapa rak dapat digunakan secara individual, dapat juga dipasang seperti biasa pada dinding ruangan. Jika Anda menggunakan rak terbuka yang kedua sisinya dapat digunakan, rak semacam ini juga dapat berfungsi sebagai pemisah/ sekat antar ruangan. Pembagian ruang semacam ini membutuhkan sedikit kerja teknis, perawatan/ pemeliharaan, serta ketersediaan ruang untuk menyimpan beragam benda-benda hiasan.   

Desain dinding multifungsi berikut bisa menjadi inspirasi Anda: 

7 Dinding Multifungsi yang Luar Biasa 

5. Ruang lapang untuk seni dan budaya

Dinding tinggi adalah fenomena utama gaya arsitektur bersejarah. Jika Anda mencari ruangan dengan dinding tinggi secara spesifik, bukan tidak mungkin Anda adalah seorang pecinta seni dan budaya. Dinding tinggi akan dapat memenuhi minat Anda, karena adanya banyak ruang pada dinding ini. Bukan hanya tergantung pada berapa banyak benda yang Anda gunakan sebagai desain dinding, namun juga penataan atau pengaturan yang Anda terapkan di dinding ini. 

Penikmat seni sejati tidak hanya menaruh perhatian pada banyak benda seni, namun juga bagaimana cara menatanya. Dengan penataan khusus, beberapa obyek berbeda diletakkan di tempat yang semestinya agar dapat mengungkap daya tarik masing-masing obyek. Dinding tinggi menawarkan kondisi ideal untuk tujuan itu. Selain itu, tata cahaya individual dapat ditambahkan secara fleksibel untuk meningkatkan pesona masing-masing obyek.   

6. Hiasan gantung di langit-langit

Ada kalanya dinding tinggi dianggap kurang menguntungkan dan kondisi ini diterima dengan terpaksa. Pada situasi semacam ini bukan hanya plafon gantung yang bisa menjadi alternatif menarik, namun juga elemen yang tergantung di langit-langit tinggi. Umumnya, material ringan digunakan untuk keperluan ini. 

Dengan sedikit upaya, contohnya, pemisah ruangan tidak diletakkan di atas lantai tapi ada di langit-langit. Sebuah konstruksi atau detil bisa dibuat dengan fungsi tambahan. Cahaya tak langsung dari lampu gantung, misalnya, dapat menerangi ruangan dengan lembut sementara seluruh keluarga nyaman bersantai di ruang tamu. Instalasi ini merupakan contoh bagaimana merekayasa langit-langit tinggi tanpa plafon gantung. Berkat lampu gantung langit-langit rumah tampak lebih rendah dan sekaligus berfungsi sebagai pemisah ruangan secara optik. 

Lihat juga contoh ide penataan cahaya di langit-langit ini: 

13 Ide Pencahayaan Untuk Langit-langit Keren 

Bagaimana cara Anda memperindah dinding di rumah? Berbagilah bersama kami di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!