Ruang Keluarga by Pickawood GmbH

5 Tips dan Inspirasi untuk Memisahkan Dapur dari Ruang Tamu

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Saat ini tempat tinggal atau dapur terbuka bukanlah sesuatu yang langka. Jika Anda memikirkan sebuah apartemen atau rumah dengan dapur seperti itu, Anda harus memikirkan apakah kedua ruang yang tergabung dan terbuka dibutuhkan untuk digunakan secara terpisah atau tidak. Jika benar memang dibutuhkan, slah satu solusinya dapat dicapai melalui pemisahan optik yang mudah dari dapur dan ruang keluarga, untuk mendapatkan struktur ke tempat itu. Ruang tamu terbuka memberi lebih banyak vitalitas ke dalam rumah dan menjadi pusat komunikasi keluarga. Ruangan juga tidak tampak sempit, seperti yang sering terjadi pada dapur terpisah.

Ada banyak kemungkinan untuk memisahkan ruangan dari satu sama lain. Ada kemungkinan untuk menggunakan dinding yang dalam, pulau dapur, meja atau rak buku sebagai pembatas ruangan. Jika ingin pemisahan yang lengkap, tentu saja Anda juga bisa menggunakan dinding klasik untuk pemisahan ruangan. Pada buku ide ini, professional kami menyajikan beberapa gagasan tentang topik ini.

1. Sebuah Pulau Dapur Sebagai Partisi Ruangan

 Dapur by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

VIO 302 – Küche mit Kochinsel

FingerHaus GmbH

Lemari es, kompor, wastafel dan area kerja kecil – bagian yang terputus dari sisa apartemen. Selama ini, dapur hanyalah area memasak sederhana dimana ibu rumah tangga memasak sendiri. Namun, persepsi tersebut sudah lama berlalu dan dapur menjadi semakin menjadi pusat kehidupan keluarga dan berfungsi sebagai tempat pertemuan keluarga dan teman. Anda memasak dan memanggang tidak hanya ketika anda sendiri. Proporsi dapur terbuka yang menggabungkan area ruang keluarga dan dapur meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Dan bila ukuran ruangan memungkinkan, pulau dapur sering dijadikan elemen komunikasi yang sangat penting. Keuntungan lain dari sebuah pulau dapur adalah ia dengan mudah memisahkan dapur dan ruang tamu secara visual, tanpa membuat area dapur tampak benar-benar terisolasi. Sebaliknya, daerah ini sangat mengundang, karena Anda bisa duduk dengan banyak orang di pulau dapur – bahkan saat memasak.

2. Dinding Dalam Sebagai Partisi Ruangan

 Dapur by v. Bismarck Architekt
v. Bismarck Architekt

Blick vom essbereich auf die Küche

v. Bismarck Architekt

Sebuah dinding rendah mungkin terdengar lebih familiar. Dinding dalam sering terlihat di dinding batu di depan taman, taman atau sejenisnya. Jika Anda menginginkan pemisahan yang jelas namun tidak sepenuhnya terpisah dari dapur dan ruang tamu, Anda bisa memutuskan untuk memasang dinding yang dalam. Dinding rendah memastikan bahwa kedua ruang terlihat jelas sebagai area yang terpisah, namun keterbukaan yang ada sekarang menciptakan suasana yang lebih nyaman. Salah satu bidang dinding dalam harus dibiarkan terbuka untuk menghubungkan ruang yang satu ke ruangan lain. Namun tidak ada batasan kreativitas bagi Anda yang menginginkan lebih. Bagaimana dengan dinding yang dalam dengan gaya antik? Kolom yang ditempatkan di atasnya bisa menjadi pusat perhatian di apartemen dan selalu memberikan kesan baik bagi tamu yang berkunjung.

3. Meja Sebagai Partisi Ruangan

Trik yang sangat sederhana untuk memisahkan dapur dan ruang tamu adalah meja. Jika Anda memiliki dapur biasa yang terpasang di dinding di area dapur dan ruang tamu yang terbuka, Anda dapat memisahkan kedua kamar secara tipikal dengan mudah. Mirip dengan pulau dapur, meja makan yang besar bisa berfungsi sebagai partisi ruangan. Di sana, semua anggota dapur bisa bertemu untuk makan malam atau berbicara. Meja persegi panjang membuatnya bagus, karena bisa memisahkan ruangan dengan panjang. Namun, meja persegi atau meja bundar bisa menimbulkan keresahan dalam konsep ruangan. Keuntungan lain dari meja makan besar adalah ruang besar atau area yang luas, yang bisa digunakan dalam banyak hal. Misalnya, tempat yang baik bagi anak untuk melakukan pekerjaan rumah sepulang sekolah. Selain itu, pemisahan ruang dengan meja, berbeda dengan pulau dapur, sangat hemat biaya.

4. Rak Buku Sebagai Partisi Ruangan

 Ruang Keluarga by Pickawood GmbH
Pickawood GmbH

Raumteiler aus höchster Qualität

Pickawood GmbH

Cara lain yang sangat sederhana untuk memisahkan dapur dan ruang tamu adalah dengan membuat rak buku sebagai dinding. Rak buku yang tinggi dan lebar memastikan tampilan yang bagus saat diisi dengan buku. Namun, kesan ruang yang tercipta bukan benar-benar terpencil, karena Anda masih bisa melihat-lihat atau sekitar rak buku. Selain itu, rak buku biasanya tidak setinggi plafon.

Ngomong-ngomong, pemisahan ruangan seperti ini juga sangat nyaman dan karena biasanya Anda akan memiliki buku pada ruang tamu, sehingga ide ini sebenarnya sangat dekat dengan kegunaan yang ada sekarang. Keuntungan lebih lanjut adalah bahwa kemungkinan pemisahan ruang ini, dan sama seperti ide penggunaan meja, sangat hemat biaya.

5. Dinding Klasik Sebagai Partisi Ruangan

Seringkali, bagaimanapun, ada dapur hunian yang besar dan jika Anda menginginkan pemisahan ruangan secara lengkap, dinding klasik dapat dipasang. Dengan sedikit gerakan, sebuah ruang besar dapat dibagi menjadi dua ruangan kecil dengan menarik sebuah partisi termasuk pintu dalam. Dengan demikian, dapur besar ini berubah menjadi dapur tunggal tradisional, yang bisa digunakan untuk memasak dalam damai, terpisah dari keramaian dan hiruk pikuk ruang tamu.

Keuntungan terbesar dari pemisahan lengkap ini, tentu saja, adalah kenyataan bahwa masalah bau – jika memang terasa – dapat dihilangkan saat memasak, karena ruangnya bisa benar-benar tertutup. Namun, jika Anda tidak ingin membuang dapur dengan rencana terbuka dan mencoba menangkal bau, Anda harus berinvestasi di kap yang kuat. Ada juga kemungkinan memasang pintu geser atau dinding kaca untuk menjaga agar ruangan tetap terbuka.

Alasan bagus untuk ruang tamu dan ruang makan terbuka

 Ruang Keluarga by eswerderaum
eswerderaum

Wohnraum / Küche und Speisebereich

eswerderaum

Dimana sebelumnya pemisahan ketat terjadi melalui pintu tertutup, saat ini keterbukaan dan keleluasaan ruang lebih diutamakan. Ruang terbuka menjadi lebih terang, hidup dan, lebih dari itu, lebih mengundang – mereka menyampaikan rasa kebebasan dan leluasa. Hubungan antara wilayah hidup yang dibagi secara fungsional memungkinkan berkumpulnya semua anggota keluaga, meskipun mereka mengerjakan kegiatan yang berbeda seperti memasak atau televisi. Jadi, jika Anda memiliki area umum dan dapur umum di rumah Anda, Anda bisa menerapkan ide dari artikel ini. Seseorang bisa menciptakan pengalaman hidup terbuka yang luar biasa, yang dapat terpisahkan satu sama lain dengan rincian kecil. Dengan cara ini kehidupan keluarga bisa menjadi bervariasi dan memasak menjadi pengalaman yang biasa, yang juga bisa diamati dari ruang tamu. Dan bagi siapapun yang tidak menyukai ide penggabuan ruang – dia hanya mendapatkan dirinya sendiri dengan hanya menarik sebuah partisi dari dapur individu yang dicoba dan benar.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!