Ruang Keluarga by RestyleXL

8 Kesalahan Umum Pengaturan Peralatan Rumah dan Cara Menghindarinya

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Jika Anda ingin mengisi apartemen dengam furnitur yang bergaya dan juga nyaman, Anda tidak hanya perlu furnitur baru dan beberapa jenis aksesoris. Kenyamanan juga bergantung pada komposisi, proporsi, fungsi, pencahayaan, warna, material dan struktur. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan umum pengaturan ruangan dan cara menghindarinya.

1. Proporsi yang salah

Seringkali, proporsi yang tidak sesuai mempengaruhi keseluruhan ruangan. Furnitur yang terlalu besar, terlalu kecil, sama-sama dapat membuat rumah terasa sempit atau terasa kosong. Karena itulah, furnitur dan aksesoris ruangan haruslah menyesuaikan ukuran ruangan.

2. Pencahayaan yang tidak nyaman

 Ruang Keluarga by Ode aan de Vloer
Ode aan de Vloer

Ode Pasta vloerlijn

Ode aan de Vloer

Sumber cahaya yang hanya satu-satunya dalam ruangan sanggup merusak suasana ruangan. Pilihan yang lebih baik adalah pemasangan beberapa lampu kecil yang nyaman dan mengundang.

3. Terlalu banyak warna dan bahan

 Ruang Keluarga by Ode aan de Vloer
Ode aan de Vloer

Ode Pasta vloerlijn

Ode aan de Vloer

Jika ruangan tidak harmonis dan terasa kacau, meskipun Anda rutin membersihkan dan mengatur ruangan, bisa jadi Anda menggunakan terlalu banyak warna dan bahan yang berbeda. Kombinasi hingga tiga warna yang berbeda dengan tekstur yang berbeda-beda dapat memberikan efek positif, namun sangat mudah menjadi terkesan ramai.

4. Detil yang tidak menyenangkan

 Ruang Keluarga by RestyleXL

Sebuah apartemen dapat ditata secara sempurna dan saling melengkapi satu sama lain. Namun, jika tidak berhati-hati dengan detilnya, efek keseluruhan mudah sekali menjadi tidak sedap dipandang. Dekorasi yang sengaja ditambahkan dan aksesoris yang tidak penting menjadi semakin tidak memperindah ruangan dengan adanya peralatan yang tidak berfungsi sebagai dekorasi. Pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan yang tersembunyi.

5. Semua furnitur di dinding

 Ruang Keluarga by homify
homify

Linnen Gordijnen

homify

Jika semua furnitur terpasang di dinding, Anda tidak akan bisa menciptakan suasana rumahan. Karena itu, tempatkan kursi di belakang meja tanpa terlalu terlihat. Perubahan yang sekecil inipun dapat memberikan efek signifikan bagi efek ruangan secara keseluruhan.

6. Tidak berstruktur

Struktur dari ruangan cenderung hilang di dalam ruangan yang luas. Furnitur dan aksesoris malah menjadi pengganggu, dan gambaran ruangan keseluruhan malah tidak masuk akal. Dalam perencanaan rumah terbuka, di mana beberapa area fungsional dalam rumah saling menyatu, struktur sangat diperlukan. Anda dapat menciptakannya dengan pembagi ruangan, karpet atau alas lantai yang berbeda, warna yang berbeda atau beberapa sumber cahaya yang berbeda.

7. Tidak ada kepribadian

 Ruang Keluarga by Ode aan de Vloer
Ode aan de Vloer

Ode Puur vloerlijn

Ode aan de Vloer

Seringkali kita menata apartemen baru menjadi terlalu ramai dan terburu-buru, karena Anda ingin ruangan segera siap ditinggali. Kemudian, Anda segera membeli furnitur hanya untuk mengisi ruangan, dan hasilnya, desain ruangan yang membosankan dan tidak punya selera. Jangan terburu-buru, carilah furnitur yang pas dengan gaya Anda.

8. Tidak praktis

Sebelum membeli furnitur, tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah furnitur tersebut pas dengan gaya hidup Anda dan akan berfungsi maksimal? Perlukah Anda membeli sofa berbahan kulit mahal jika Anda tinggal dengan anak-anak atau hewan peliharaan?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!