Jendela by Aberjung Design Agency

Untung Rugi Memiliki Jendela Kaca Besar di Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Sebagai seseorang yang mendirikan rumahnya sendiri, Anda sering menghadapi pertanyaan yang tak terduga. Saat berkonsultasi dengan arsitek, semua masalah, proposal, dan hipotesa dijabarkan di atas meja. Bagi orang awam, pemaparan itu ibarat alien dan bisa menimbulkan keraguan. Tentu ini menimbulkan perasaan tidak nyaman, bertolak belakang dengan kegembiraan yang seharusnya dirasakan karena bersiap membangun rumah baru. Melalui buku ide (artikel) dalam situs ini, kami ingin agar Anda siap dengan pertanyaan penting tentang pembangunan rumah dan mewujudkannya dengan rencana dan bantuan para arsitek. Inilah mengapa kami menaruh perhatian pada tema jendela dalam artikel ini, di mana kita akan membahas tentang makna arsitektural dan subyektif jendela kaca besar. 

Mengapa harus jendela besar?

Jendela adalah lebih dari sekedar jalan bagi masuknya cahaya. Di sebuah rumah, jendela adalah perantara eksterior dan interior. Jendela menghubungkan kehidupan pribadi dengan dunia luar, dan sebaliknya, mengkoneksikan lingkungan sekitar dengan ruang pribadi. Dari sudut pandang yang sangat subyektif, hubungan ini diatur dengan dibuka dan ditutupnya jendela. Ketika jendela dibuka, oksigen masuk dalam ruangan. Saat jendela ditutup, atau saat tirai diturunkan, udara bersih tetap berada di dalam. Terlebih lagi pada jendela kaca besar. Pandangan luas dan wawasan kaya sangat mungkin didapatkan. Udara segar dapat memenuhi ruangan, demikian juga dentang suara alam. Jika Anda tinggal di lingkungan tenang dan alami, jendela besar akan menyajikan semuanya secara lembut dan menyenangkan seperti cahaya yang sangat terang. 

Dinding kaca, sebuah tren baru

Kerja profesional seorang arsitek mengkombinasikan pengetahuan teknik dasar dan penerapan artistik. Kita bisa melihatnya pada sebuah bangunan yang menjanjikan faktor manfaat berlebih dan memukau secara estetik. Banyak arsitek memulai desain bebas dengan sebuah ide, atau bahkan sebuah visi. Dalam proses kreatif, keputusan untuk membangun sebuah rumah dengan dinding kaca seluruhnya bisa jadi sedikit visioner. Penyebabnya, fasad rumah dari batu telah banyak didirikan secara tradisional. Tidak demikian halnya dengan tren baru arsitektur yang menghadirkan jendela-jendela besar, dan menggantikan dinding batu bata dengan kaca. Pada beberapa kasus dinding kaca melebar sampai ke beberapa lantai dan memungkinkan penghuni menikmati pemandangan di luar sepenuhnya. Jendela besar, dinding kaca, dan pandangan luas sangat didambakan, terutama jika lingkungan sekitar menampilkan panorama cantik. Fasad kaca dan jendela besar adalah nilai lebih Anda, jika rumah Anda jauh dari tetangga dan privasi terlindungi. 

Pembiayaan

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam hal panduan pembiayaan jendela besar. Selain jenis dan ukuran jendela, nominal ketebalan lembar kaca dalam dan luar adalah faktor kalkulasi yang penting. Saat ini (di Jerman), jendela yang banyak dipasang di gedung merupakan hasil insulasi dari beberapa jendela. Celah di antara jendela kaca juga harus dipertimbangkan. Koefisien ini erat hubungannya dengan kepastian elemen efisien energi pada jendela. Di pasaran, kaca dikelompokkan berdasarkan tingkat ketahanannya. Semakin kuat suatu tipe kaca, semakin mahal harganya. Jika jenis kaca yang tepat telah dipilih dan konstruksi rumah berada pada fase yang menentukan, kaca jendela dapat disesuaikan dengan fasad. Para pembangun rumah yang kurang biaya dapat memilih jendela kaca lebih kecil untuk menghemat pengeluaran. Terkait pemasangan jendela besar, tidak menggunakan tenaga profesional juga bisa menghemat pengeluaran. Pemasangan jendela juga membutuhkan biaya, sehingga wajar jika penggunaan jendela kaca besar menambah pengeluaran. Tanpa pemasangan, harga 4,5 meter persegi jendela kaca adalah sekitar 350 euro (sekitar Rp 5 juta). 

Pembersihan

Pada saat-saat tertentu jendela kaca perlu dibersihkan. Tergantung dimensi rumah dan jumlah jendela serta ukurannya, waktu setengah hari bisa cepat berlalu. Apalagi jika penggunaan bahan pembersih dan cara membersihkan yang kurang tepat terlanjur terjadi, goresan pada kaca akan membutuhkan perbaikan. Tidak ada masalah jika jendela kaca besar dibersihkan dari debu dan kotoran menggunakan sikat berbulu lembut. Dengan spons yang dicelupkan dalam larutan air, cairan pencuci piring dan sedikit cuka, bersihkanlah kotoran yang menempel di kaca. Kemudian usap cairan pembersih kaca buatan sendiri seluruhnya menggunakan alat pembersih kaca (puller). Lakukan dengan arah horizontal pada jendela kaca, dan bersihkan lidah karet puller setiap selesai digunakan membersihkan satu alur pada jendela kaca. Lidah karet puller biasanya mengalami aus yang diakibatkan bentuk yang tidak seimbang. Lidah karet puller yang tidak rata akan meninggalkan bekas goresan ketika digunakan membersihkan jendela kaca. Sebagai tahap akhir proses pembersihan, kain mikrofiber atau lap dari bahan kulit bisa digunakan untuk mencerahkan jendela kaca besar, dengan cara menyerap bekas kelembaban dan memoles sudut mana pun. Kertas koran juga bisa digunakan untuk membersihkan jendela kaca, namun tinta hitam bisa meninggalkan bekas pada jendela. Sebagai tip terakhir, kami menyarankan Anda untuk membersihkan jendela sampai benar-benar kering dan jangan biarkan air mengering dengan sendirinya. Panas matahari akan mengeringkan jendela basah dengan cepat, sehingga bekas air akan terlihat dan tidak bisa dihilangkan sampai benar-benar bersih. Lebih mudah lagi jika Anda menyewa jasa pembersih kaca. Di tangan mereka, membersihkan jendela kaca lebih aman berkat tangga dan crane. Selain itu, mereka dapat membersihkan tiap sudut jendela kaca besar dengan keahlian khusus mereka. Manfaat menyewa tenaga pembersih kaca memang sangat jelas, namun membersihkan kaca sendiri jelas bebas biaya. 

Kelebihan jendela kaca besar

Para pemilik rumah dengan jendela kaca besar adalah selangkah di depan para pembangun masa kini dan masa mendatang. Anda bisa mencermati kembali nilai pengalaman dan laporan tentang manfaat dan kerugian harian jendela kaca besar. Tiap-tiap pemilik akan mempertimbangkannya sebagai manfaat, karena panorama dari jendela besar dianggap sebagai sesuatu yang spesial. Jendela berpandangan luas membuka arsitektur bangunan, dan memberikan kecerahan optis yang estetikanya menjangkau interior rumah. Jendela kaca besar adalah piranti gaya yang tepat untuk memenuhi ruangan pada apartemen atau rumah dengan cahaya. Sirkulasi udara dalam dinding-dinding ruangan dapat semakin lancar berkat jendela besar. Jendela yang terbuka dalam waktu singkat akan menarik udara dari luar dan melepaskan udara dari dalam dengan cepat, sehingga kualitas udara lebih terjamin. 

Kekurangan jendela kaca besar

Bagaimanapun, kekurangan memiliki jendela besar harus diterima oleh pemilik rumah. Pembiayaan jendela kaca ekstra lebar jelas merupakan investasi yang harus Anda pikirkan sebelumnya. Jika Anda melihat ongkos yang telah kami cantumkan di atas dan mengalikannya dengan jumlah jendela yang dibutuhkan, biaya pengadaan bisa sangat membengkak. Jendela kaca bukan hanya mendatangkan cahaya, namun juga panas – dari dua arah pula! Di negara tropis seperti Indonesia, hawa panas bisa diatasi dengan memasang pendingin udara. Namun pemakaian pendingin udara berlebihan untuk mengatasi panas akibat penggunaan jendela kaca bisa membuat tagihan listrik membengkak juga. 

Menurut Anda, apakah manfaat lain jendela kaca besar di rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!