Rumah by 株式会社古田建築設計事務所

11 Desain Rumah Tradisional Jepang Yang Menginspirasi

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Desain rumah tradisional berhasil mencuri perhatian! Salah satu favorit homify adalah desain rumah tradisional Jepang yang semakin populer di seluruh dunia. Jika Anda sudah pernah berlibur ke negara yang memiliki julukan 'Negeri Matahari Terbit' ini, pasti terpesona dengan desain rumah tradisional yang hangat. Tidak hanya cantik, desain rumah ini cocok untuk kehidupan modern berkat tata ruang dan warna yang cerdas. Mari kita lihat satu persatu desain rumah tradisional Jepang yang kreatif, dimana memadukan fungsi dan bentuk.

1. Rumah Berkonsep Kebun

Berbicara tentang semangat masyarakat Jepang yang pekerja keras, dengan gaya hidup sehat, di waktu luang warga Jepang pun sangat senang berkebun dan merapihkan koleksi tanaman bonsai mereka. Gaya rumah ini cocok untuk Anda yang mencari inspirasi rumah kebun bergaya tradisional. Teras belakang dihiasi dengan bebatuan, pohon yang rindang dan kayu sebagai jalan setapak. Bisa dikatakan, kesederhanaan adalah pilar desain Jepang. Nah, pada area yang masih kosong, Anda bisa menciptakan tempat bersantai dan melakukan aktifitas, seperti piknik atau barbeque. Jangan lupa permanis halaman dengan menaruh tanaman dan bunga kesukaan Anda.

2. Rumah Lentera

Tanaman bambu memainkan peran penting dalam sejarah serta budaya Jepang. Begitu juga dengan rumah mungil yang terinspirasi dari lentera bambu tradisional. Rumah yang 'dibalut' kayu pada bagian luar, terlihat khas dengan karakternya yang bersih. Perpaduan antara struktur Jepang kuno. Dan memang tidak salah jika dikatakan Rumah Lentera, karena tampak dari luar pencahayaannya sangat dramatis dan cantik.

3. Rumah Khas Pedesaan Jepang

Terletak di tengah daerah perbukitan, rumah tradisional ini terlihat menyatu dengan alam. Mata kita dimanjakan dengan asrinya suasana pedesaan, dimana pemilik rumah mengaplikasikan warna netral dan kayu pada desain rumah. Sang pemilik juga membuat area hijau, dengan menaruh koleksi tanaman bonsai di samping rumah. Perpaduan unsur-unsur ini menampilkan ketenangan dalam rumah Jepang khas pedesaan.

4. Rumah Indah Di Lereng Bukit

Sebagai negara dimana perbukitan menempati 72% area tanah, rumah-rumah unik yang dibangun di atas lereng bukit  bukanlah hal yang langka. Rumah ini memanfaatkan bentuk topografi untuk menghasilkan ruang yang indah, dan terbagi menjadi 3 blok berbeda, pembedanya adalah warna dinding dan bahan eksterior. Bagian tengah adalah rumah utama, dengan nuansa kayu yang hangat. Terlihat kontras dengan warna abu-abu pada bagian rumah kiri dan kanan. Dan tidak ingin menghilangkan unsur tradisional, dipilih pintu geser kayu. Lantai dua, area ini memaksimalkan pemandangan cantik ke arah lembah, dengan dipasangnya jendela-jendela besar.

5. Atap Rumah Yang Terinspirasi Pada Zaman Edo

Rumah yang bagian depannya lebar ini terinspirasi dari arsitektur tradisional Jepang pada zaman Edo (abad ke-17-19). Desain atap sirap nan unik biasa digunakan oleh bangunan yang menonjolkan kesederhanaan namun tetap mewah. Konstruksi yang sederhana, membuat rumah terasa sejuk dan memberikan sirkulasi udara yang bagus bagi atap.

6. Rumah Kayu Mungil dan Hangat

Rumah Anda tidak terlalu besar? Jangan kuatir, rumah Jepang ini juga mengadaptasi desain tradisional, dengan bentuk rumah mungil nan cantik. Anda dapat melihat jika kayu memegang peranan penting dalam membentuk kesederhanaan desain rumah tradisional Jepang. Elemen kayu menciptakan kedamaian dan harmoni, yang akan memancarkan suasana hangat. Cocok untuk semua keluarga.

7. Detail Klasik Dalam Karya Modern

Sering melihat jendela atau pintu geser khas Jepang dengan desain kotak-kotak? Nah, screen asli Jepang ini disebut Shoji, yang menjadi elemen desain penting pada rumah tradisional Jepang. Rumah satu ini memakai Shoji screens yang diaplikasikan pada area dinding. Keren ya membuat rumah terlihat hangat bila dilihat dari luar.

8. Rumah Tua Yang Asri

Kontras dengan warna abu-abu dan cokelat, pernah bermimpi untuk tinggal di rumah bergaya kuno asri seperti ini? Ditopang banyak tiang kayu, atap rumah terlihat unik dengan gaya bertumpuk. Ini merupakan trik cerdas yang dilakukan sang desainer, dimana orang-orang yang melintas di depannya tidak akan menyadari bahwa rumah ini sebenarnya memiliki dua lantai. Old but gold!

9. Rumah Minimalis Pada Area Yang Tidak Luas

Bagaimana cara mengakali keterbatasan lahan untuk membangun kediaman Anda? Ide yang bisa 'dicuri' yaitu merancang rumah minimalis yang tinggi ke atas. Rumah minimalis sering dibuat dengan desain bangunan yang simpel, jadi tidak perlu dekorasi berlebihan di luar rumah. Para arsitek Jepang memang sangat cerdik, mereka melestarikan gaya tradisional yang digabungkan dengan desain geometris. Nggak hanya itu, untuk keamanan rumah yang berada di pinggir jalan, mereka merancang dengan konsep tertutup. Brilliant!

10. Rumah Pantai

Nggak kalah unik, rumah Jepang yang mengusung gaya tradisional ini dibangun menghadap pantai, untuk menikmati matahari terbenam. Pagar rumah dibuat tiga tipe, yaitu pagar untuk mobil parkir di halaman, pagar berbentuk pintu dibagian tengah, dan pintu garasi. Dengan desain yang sederhana, rumah tropis ini menjadi peristirahatan yang sempurna, dengan pemandangan pantai yang indah.

11. Minimalis Modern

Rumah minimalis ala Jepang yang berkarakter, memang diminati dan menjadi acuan banyak orang untuk membangun rumah di lahan yang sempit. Seperti desain rumah nomor 9, bentuk-bentuk geometris menjadi karakter arsitektur minimalis, dengan memaksimalkan pencahayaan. Pemakaian jendela besar memberikan pencahayaan alami, dan solusi yang tepat untuk mengurangi pemakaian listrik pada siang hari. Desain rumah pun lebih efisien, terlihat modern dan tetap mempertahankan ciri khas kayu tradisional.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!