Dapur by raumdeuter GbR

6 Tips Agar Interior Rumah Kuno Tampak Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Memperbarui penampilan rumah kuno adalah topik yang menjadi tantangan beberapa kota (di Eropa). Semua bangunan tua yang ada saat ini merupakan bagian dari tata kota di Jerman dan seluruh Eropa,  dan sangat populer karena arsitekturnya yang khas. Tradisi desain klasik dan art nouveau (aliran seni rupa dengan ciri ornamen dan asimetrik dekoratif tumbuhan yang meliuk-liuk) diterapkan pada fasad bangunan-bangunan ini dan terefleksikan pada area interiornya. Selain itu di daerah metropolitan, bangunan tua merupakan pernyataan historis perubahan demografis, khususnya pada era Landflucht (urbanisasi) yang terjadi tanpa henti sejak dimulainya industrialisasi. Mengingat bahwa rumah-rumah tua yang saat ini ternama dahulu merupakan hunian terjangkau bagi kelas pekerja, akhirnya disadari mengapa bangunan-bangunan ini memiliki denah unik, dinding yang tipis, dan insulasi yang buruk. Beberapa rancangan memasukkan rumah-rumah tua ini menjadi bagiannya, berikut beberapa tips penataan ulang. Lihat bagaimana para ahli kami mengaplikasikan konsep modern untuk memperkuat arsitektur tradisional rumah kuno.  

1. Membangun kembali bangunan tua: tradisi dan modernitas dalam harmoni

Bukanlah pertemuan antara modernitas dan tradisi yang membangun apartemen tua ini, melainkan masa lalu dan masa depan! Struktur lengkung dan balok kayu yang melintang tampak jelas merupakan elemen bawaan bangunan tua ini. Demikian juga ubin berornamen, pintu, dan jendela yang tampak pada gambar. Atmosfer kekinian berhembus dalam ruangan berkat didirikannya tungku perapian gaya modern seperti tampak pada gambar, yang sekaligus menjadi semacam tonggak yang menyatukan ruangan-ruangan lainnya. Fungsi ini tidak dapat dipungkiri karena tungku perapian berada tepat di area lalu lalang di mana siapa pun akan melintasinya saat hendak menuju ruangan lain atau menuju lantai atas. Selain tungku tangga kayu adalah sentuhan modern yang sederhana, karena kita bisa melihat lekuk-lekuk balok kayu anak tangga dari sisi sebaliknya dengan jelas.  

2. Dapur

 Dapur by raumdeuter GbR
raumdeuter GbR

kleine Küche

raumdeuter GbR

Bukan futuristik, melainkan sangat modern adalah pengaturan interior apartemen tua ini. Pola papan catur menutupi seluruh lantai, dan bentuk geometris standarnya adalah kontras memukau dengan ceruk berbentuk busur yang menjadi daya tarik dinding dapur. Ceruk berbentuk busur mungkin dulu adalah pintu atau lorong di gedung tua ini. Bagian terbuka ini sekarang ditutup meski tidak sampai ke dasarnya, dinding ini menawarkan ruang ceruk yang layak untuk menjadi sarana penyimpanan. Denah ruang orisinal secara elegan terintegrasi dengan suasana dapur yang  kontemporer. Sebelumnya kami menyatakan bahwa denah ruangan orisinal bisa menyulitkan upaya modernisasi rumah tua. Jika konsep modernisasi dilakukan dengan menghilangkan atau memindahkan dinding, atau membuat akses ke sebuah ruangan, atau membuat rak dinding seperti contoh ini, Anda bisa melihat hasil upaya itu. 

3. Kamar tidur

Sebuah kamar tidur berbentuk kapsul tipikal rumah kuno tampak jelas telah ditata ulang di sini. Kamar tidur ini mengungkapkan tahun pendiriannya melalui aksen lengkung di atas jendela. Hal itu juga terlihat dari plesteran unik di langit-langit kamar tidur selebar lebih dari 2,7 meter. Agar ruangan kecil tidak tampak lebih sempit, penggunaan warna sebaiknya dilakukan secara bijaksana. Melalui foto ini kita bisa melihat bahwa ahli kami membuat hal itu menjadi mungkin dengan menerapkan warna paling ampuh sebagai elemen tekstil untuk ruangan ini. Warna ungu tua dipilih sebagai warna tirai yang bukan hanya penuh dan kuat, namun juga nyaman dilihat. Warna gelap di ujung ruangan menimbulkan kedalaman optis pada ruangan sempit, sehingga menimbulkan persepsi keluasan ruang. Dalam hal ini, karakteristik langit-langit tinggi sebaiknya dimanfaatkan untuk menata interior bangunan kuno. Dalam foto, tirai ungu dipasang di bagian teratas dinding dan menjuntai ke bawah. Seluruh bagian dinding tinggi tampak menonjol dan menarik perhatian siapa pun yang melihatnya. Sekali lagi, detil ini menciptakan ilusi optik di kamar berbentuk kapsul yang menghasilkan penampilan modern di apartemen tua ini.

4. Pintu geser

Bangunan tua bisa tampil stylish dan otentik ketika elemen historis yang melimpah terpelihara. Pada gambar, hal ini termasuk lantai parket kayu serta langit-langit yang tertutup plester dan pintu kayu yang dibuat seksama. Pintu-pintu adalah hasil rancangan terbaik karena terpasang pada dua sisi dinding yang luas. Pintu-pintu ini dapat dibuka sehingga ruangan-ruangan yang berdampingan terhubung, atau suasana di ruang penghubung bisa terlihat jelas. Para pemilik flat (apartemen) yang berencana merenovasi ruangan historis mereka, berhasil membuat apartemen tua jadi berkelas dengan membangun pintu sayap (samping). Untuk tujuan ini, dibukalah area dinding dalam agar dapat memuat pintu-pintu geser lebar. Beberapa pabrikan pintu menawarkan aneka model pintu yang sangat sesuai dengan gaya pintu samping klasik. Alternatifnya, tidak mustahil untuk memodernisasi bangunan tua dengan melakukan terobosan seperti menggunakan pintu lumbung kuno. Pintu lumbung juga memiliki dua daun pintu atau fungsi sebagaimana pintu geser. Metode desain baru ini bukan hanya dapat memecahkan gaya ketinggalan jaman bangunan kuno, namun juga dapat membentuk pesonanya dengan mengubah kebiasaan sudut pandang kita. 

5. Kamar mandi

 Kamar Mandi by Vallone GmbH
Vallone GmbH

Freistehende Badewanne MAGGIA by VALLONE®

Vallone GmbH

Saat ini cukup jarang bangunan tua digunakan dengan mempertahankan semua elemen yang mencerminkan karakter arsitektur bersejarah. Di masa lalu seluruh bangunan dan elemen klasik tidak selalu populer. Ada plafon plester bermotif mawar dan lantai kayu yang tak tampak karena ditutup secara berlapis-lapis dan ditutup oleh karpet lantai oleh pemilik sebelumnya. Dapur dan kamar mandi biasanya dimodifikasi dengan ubin, sehingga daya tarik otentik bangunan tua pun hilang sama sekali. Orisinalitas suatu bangunan tua dapat direkonstruksi jika kita tahu bagaimana caranya. Gaya interior kamar mandi justru akan tampak modern jika kembali pada desain aslinya. Meski terdengar sebagai sebuah kontradiksi, namun dapat dijelaskan dengan mudah karena kamar mandi tradisional (gaya lama) tidaklah seperti apa yang kita ketahui. Tanpa menggunakan ubin biasa pada dinding dan lantainya, area ini tampil sebagai apartemen tua yang ditata ulang secara modern dengan sesedikit mungkin perbedaan jika dibandingkan ruangan lainnya. 

Ini artinya, kamar mandi dikembalikan seperti aslinya dengan lantai parket kayu dan plafon plester berornamen mewah. Memang tidak disarankan menggunakan papan kayu sungguhan untuk area basah kamar mandi. Namun kini telah tersedia lantai kamar mandi kayu optik (terlihat seperti kayu), sehingga kamar mandi kuno dapat dibangun kembali secara otentik. Hal yang sama juga berlaku untuk dekorasi dinding dan plafon dengan plafon kayu dan plester. Komponen ini dapat dibeli di toko khusus, atau Anda dapat membuka kotak perkakas untuk membuat cetakan plester dan mawar sesuai keinginan. Pada tahap akhir, semua permukaan tanpa ubin dilapisi dengan furnish khusus agar terlindung dari kelembaban dan jamur. 

6. Ruang penyimpanan

Dalam rancangan awal apartemen tua, ruang penyimpanan praktis untuk mesin cuci, mesin cuci piring, dan teman-temannya tidak dicantumkan. Alasannya mudah saja, karena perangkat semacam ini belum ada ketika bangunan tua dibangun. Wajar jika bangunan-bangunan tua hanya dilengkapi dengan jaringan pipa air. Gambar ini menunjukkan sebuah apartemen tua yang tidak hanya telah ditata ulang secara modern, namun juga telah disesuaikan dengan gaya modern berkat proyek renovasi. Untuk membuat ruang penyimpanan, akan sangat membantu jika Anda rajin mencari dan mengembangkan solusi tempat penyimpanan cerdas. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku ide ini

Setelah membaca pemaparan di atas, akhirnya kita memahami mengapa unsur lama tidak perlu dihilangkan. Justru sebaliknya, unsur kuno bisa dimanfaatkan untuk mempertegas status modernitas. Bagaimanakah perpaduan unsur tradisional dan modern menurut arsitek Jepang? Baca selengkapnya di: 

5 Desain Rumah Paduan Tradisional dan Modern

Manakah metode memadukan unsur kuno dan modern di atas yang paling sesuai untuk Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!