Kamar Mandi by designvom

7 Tips Mudah untuk Memaksimalkan Kebersihan Kamar Mandi

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Terkadang, cara terbaik untuk membersihkan rumah adalah dengan memanggil bantuan. Bagaimanapun, hal ini tentu akan memakan banyak biaya. Dalam hal membersihkan kamar mandi, banyak orang merasa jijik atau tidak nyaman melakukannya. Kamar mandi memang salah satu ruangan dalam rumah yang tidak mudah diberishkan, terutama toilet dan lantai kamar mandi yang memakan waktu lama untuk dibersihkan. Namun, kali ini, buku ide yang satu ini akan memberikan tips dalam membersihkan kamar mandi sehingga lebih mudah dan lebih tahan lama. Bagaimana caranya?

1. Dengan membiasakan diri melakukan pembersihan rutin

Jika Anda tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk Anda dapat membersihkan seluruh kamar mandi, usahakanlah untuk Anda memastikan setiap harinya Anda membersihkan kamar mandi meski tidak maksimal. Anda dapat membersihkan toilet ketika Anda mandi dan menyikat lantai. Anda juga perlu membersihkan wastafel secara lebih rutin mengingat banyaknya kuman dan kotoran yang ditinggalkan seluruh keluarga di sana. Bersihkan juga cermin secara rutin dengan mengelapnya secara ringkas.

2. Tips mengatasi kelembaban

Mengontrol kebersihan kamar mandi jelas bukan tugas mudah karena kamar mandi merupakan ruangan yang lembab. Kamar mandi yang selalu basah menjadi tempat yang cocok untuk kuman berkembang biak. Karena itu, pastikan pintu kamar mandi selalu terbuka sehingga ventilasi udara di dalamnya dapat berganti dan kelembaban berkurang. Anda juga dapat menggunakan tepung yang terbuat dari bahan kacang-kacangan untuk mengurangi kelembaban. Letakkan tepung di dalam wadah dan tempatkan di dalam kamar mandi yang lembab. Anda dapat juga memanfaatkan arang atau kantong teh. Menempatkan arang dalam kamar mandi efektif menghilangkan bau tidak sedap dan mencegah kuman berkembang biak. Kantong teh sendiri efektif untuk menghambat jamur.

3. Bersihkan kamar mandi dengan disinfektan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida tersedia di apotek dengan harga yang murah dan tidak berbahaya untuk tubuh manusia. Penggunaannya sudah sangat dikenal untuk mengatasi jamur. Komponen dalam obat penghilang noda yang digunakan untuk mencuci pakaian tidak lain adalah acetic acid dan hypochlorous acid hydrogen peroxide alias pemutih. Air dengan kandungan hidrogen peroksida memisahkan diri dan sanggup menghasilkan oksigen pembersih jamur dengan mengoksidasi dan mensterilkannya.

4. Manajemen mesin cuci mudah dibersihkan

 Kamar Mandi by 엔디하임 - ndhaim
엔디하임 – ndhaim

내부 인테리어 – 욕실

엔디하임 - ndhaim

Mesin cuci merupakan alat rumah tangga dengan manajemen sistematis yang cukup rumit. Karena strukturnya yang rumit dan muatannya yang besar, pembersihan bagian dalamnya cukup sulit. Mesin cuci pun jadi lingkungan yang mengundan jamur. Pastikan mesin cuci dibersihkan setidaknya sebulan sekali. Anda dapat membersihkan area mencuci pada mesin cuci dengan gabungan cuka dan baking soda yang dilarutkan dalam air, dituang ke rongga mesin cuci dan biarkan mesin cuci dinyalakan selama sejam dengan fungsi temperatur mendidih. Komposisi cuka mensterilkan bagian dalamnya dan baking soda menghilangkan elemen-elemen kotor.

5. Gunakan deterjen ramah lingkungan

Jika Anda peduli akan kesehatan keluarga, memilik deterjen ramah lingkungan merupakan solusi terbaik. Cobalah membersihkan kamar mandi dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti setengah gelas takar deterjan ramah lingkungan dengan setengah gelas takar baking soda, ditambahkan dengan 2 sendok makan minyak tea tree dan 1 sendok makan sari lemon, minyak pepermin dan cuka. Campurkan semuanya dan bersihkan setiap sudut kamar mandi dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian lap kamar mandi, dan perhatikan perbedaan pada lantai kamar mandi yang menjadi lebih bersih dan tidak berbau lagi.

6. Pembersihan jamur

Seringnya tempat mencuci piring dan kamar mandi terkena air membuatnya menjadi tempat favorit jamur. Gunakan sari lemon yang tidak memiliki bahan beracun, campurkan dengan air dan baking soda. Kemudian, masukkan campuran ini ke dalam alat penyemprot dan semprotkan serta bersihkan area yang harus dibersihkan karena berjamur. Semprotkan dan lap, sehingga aromanya akan menyegarkan karena adanya campuran lemon.

7. Kaca yang jernih

Membuat kaca pembatas area shower maupun cermin bersih tak bernoda dan jernih memerlukan pembersihan rutin. Anda dapat membiarkan kaca dan cermin dalam kamar mandi begitu saja selama sebulan penuh sebelum kelembaban mulai merajalela. Pastikan Anda rutin melap dan membersihkan kaca dan cermin sampai kering kapanpun area ini terasa lembab untuk mencegah noda permanen.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!