Dapur by Elfa Deutschland GmbH

6 Cara Efektif untuk Mengurangi Kebisingan di dalam Rumah

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Semua orang pasti pernah mengalami rumah dengan suara derak disini, getar disana atau decak dan suara lainnya. Kebisingan ini tak terhindarkan sama sekali tapi dalam jangka panjang ini bisa membuat Anda stres. Dan tentunya saat di rumah Anda ingin ketenangan dan lingkungan yang santai. Tak masalah, kami akan tunjukkan pada Anda hari ini bagaimana Anda bisa menggunakan beberapa trik sederhana untuk mengurangi kebisingan. Dari furnitur yang tepat hingga perencanaan tempat tinggal yang sempurna hingga perangkat yang sesuai untuk mendapatkan aksesori yang berguna hingga perbaikan yang tepat. Kami telah membawa beberapa tips untuk anda.

1. Pembatas

Faktanya adalah ruangan terbuka, luas dan permukaan yang besar memantulkan suara dan membuatnya menyebar tanpa hambatan dan bahkan sangat intens. Dengan demikian, Anda harus membuat batasan untuk mengurangi kebisingan. Pintu dan jendela kaca memiliki keuntungan karena mereka tidak membuat batasan optik bahkan indah dan terang, tapi bisa menyerap suara. Ditambah, pembatas ruangan, bagian kecil dari furnitur dan kombinasi lemari besar serta rak berongga bisa mengurangi kebisingan dan mengalihkannya ke tempat lain. Ini menciptakan pembatas di ruang terbuka dan di depan dinding besar yang menyembunyikan tingkat keberisikan yang tinggi.

2. Tekstil

Tekstil adalah pemancar suara yang handal, secara signifikan mengurangi nilai berisik di ruangan. Jika Anda berencana menggunakan dinding dan permukaan halus dimana saja, suara bisa bebas terdengar bahkan suara terkecil sekalipun. Dengan karpet bertumpuk tinggi, tirai di sekitar jendela dan perabotan pelapis, kita bisa mengurangi kebisingan di sebuah ruangan sambil memberikan sentuhan yang nyaman. Terutama di kamar anak, dimana tingkat kebisingan tidak dapat dicegah, Anda harus benar-benar menggunakan karpet tebal dan lembut. Ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu membuat kaki hangat dan melindungi siapa saja dari cedera atau barang pecah. Di depan jendela dan dinding, para ahli juga menyarankan hal yang sama. Makin banyak lapisan, makin sedikit kebisingan. Sesuaikan dengan gaya Anda.

3. Peralatan dapur yang tepat

Dapur adalah salah satu ruangan yang padat dimana pirik dan benda lainnya bisa menimbulkan berisik. Tapi Anda bisa menguranginya dengan cara dan biaya yang layak. Pertama, pilih peralatan listrik yang tepat. Pencuci piring, tudung, blender dan lainnya bisa sangat mengganggu. Belakangan tahun ini sudah banyak kok teknologi yang lebih ramah di telinga. Perhatikan juga sertifikasi Blue Angel saat membeli peralatan baru. Ini juga berlaku untuk peralatan lain seperti vacuum cleaner, mesin cuci atau pengering.

4. Dokumen dan Skid

 Household by ChairSoxx
ChairSoxx

Tammy – handgestrickte Stuhlsocken dunkelgrau mit Satinband

ChairSoxx

Anda sudah memilih peralatan listrik modern dan tenang tapi masih berisik? Atau Anda hanya tak memiliki ruangan untuk membeli mesin cuci baru karena yang lama masih berfungsi? Tak masalah, untuk kasus ini, isolasi karet dummies bisa membantu Anda mengurangi getaran dan gemuruh hingga bisa mengurangi kebisingan. Tapi tak cuma untuk peralatan listrik saja, lantai kayu, betok atau batu juga bisa. Banyak juga alat pengurang kebisingan yang bisa Anda sematkan di kursi, tikar, meja dengan berbagai bentuk, bahan dan warna jadi bisa disesuaikan dengan dekor modern atau selera Anda.

5. Perbaikan dan Penyempurnaan

 Walls & flooring by V.I.P.Floors
V.I.P.Floors

Arte Coronal Oak Antik

V.I.P.Floors

Air mengalir juga bisa menyebabkan bising melalui pipa-pipa yang menyalurkan getaran ke komponen lain. Untuk menghindari ini, pipa harus dipisahkan dengan klip pipa. Tapi ini harus memiliki lapisan insulasi untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Tabung kerang, yang bisa membalikkan pipa juga memberikan insulasi suara. Tapi tak cuma itu, lantai kayu juga bisa jadi penyebabnya, terutama kalau sudah berumur. Anda bisa memanggil tukang kayu untuk mengatasi masalah ini.

6. Perlindungan dari Kebisingan Luar

Tak cuma dari dalam rumah saja, suara yang muncul dari luar sering kali mengganggu. Sangat jarang berpengaruh langsung tapi Anda bisa mencegahnya. Karena biasanya suara melalui jendela, pastikan bahwa isolasi antara jendela dan dinding tidak terpengaruh dan jika perlu, tambal kebocoran. Jendela rol di depan jendela juga memberi keleluasaan dari kebisingan dari luar dan menjamin malam Anda menjadi tenang. Juga pintu harus diperhatikan. Dengan pita segel berlem, Anda bisa mengatur sendiri. Masih mengganggu, pikirkan untuk menggunakan dinding kedap suara yang bisa dipasang atau pelat penyerap suara yang ditempel di dinding dalam. Langit-langit bersuspensi dengan isolasi juga bisa jadi andalan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!