by homify

10 Kebiasaan Baik yang Dapat Menjaga Kebersihan Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Untuk memaksimalkan penampilan rumah hasil karya para arsitek dan desainer interior, membersihkan dan merapikan rumah adalah kuncinya. Faktanya, sebagaimana akan kita ketahui dalam buku ide ini, satu-satunya rahasia adalah keteraturan. Memiliki kesabaran ekstra dan menghindari kebiasaan menunda adalah formula untuk mencegah keharusan menghadapi situasi darurat. 

Cermati beberapa saran kami. 

1. Mencegah debu tebal

  by homify

Untuk mencegah gangguan debu tebal, ada hal lain yang bisa dilakukan selain menggunakan vacuum cleaner secara teratur. Khususnya karpet sangat perlu dibersihkan secara rutin untuk mencegah menumpuknya debu sesedikit mungkin, dan mencegah debu menutupi seluruh area. Bahkan tempat tidur pun perlu dibersihkan secara teratur. 

Jangan biarkan debu mengotori furnitur berlapis linen kesayangan Anda. Simak cara membersihkannya di sini: 

7 Cara Membersihkan Furnitur Berlapis Linen 

2. Membersihkan halaman dari daun-daun kering

  by homify

Menjaga halaman tetap menarik dan membersihkan daun kering dan rumput liar adalah aktivitas yang harus dilakukan secara teratur agar taman selalu siap digunakan. Belilah sapu lidi dan berikan kesabaran pada diri Anda!  

3. Membersihkan permukaan ubin kamar mandi

  by homify

Aktivitas lain yang perlu dilakukan secara teratur adalah membersihkan permukaan ubin kamar mandi. Ubin biasanya menjadi tempat di mana lumut tumbuh dan kapur menumpuk. Dua hal yang tidak higienis dan tidak indah dilihat. 

4. Membersihkan ruas di antara ubin

  by homify

Untuk membersihkan sambungan antar ubin, Anda membutuhkan sikat gigi bekas. Ukuran sikat gigi sangat ideal untuk membersihkan ruas-ruas sempit di mana kotoran terakumulasi. 

5. Merapikan kamar mandi

  by homify

Kerapian kamar mandi adalah penting, apalagi jika kamar mandi itu kecil. Seperti tampak pada gambar, Anda bisa memulainya dengan melipat rapi handuk kering dan meletakkan bahan pencuci dalam satu rak. 

6. Merapikan kabel-kabel

  by homify

Dengan bertambahnya perangkat elektronik di rumah, mulai dari komputer sampai smartphone, kita sampai pada sebuah titik di mana kita harus menerobos lautan kabel. Atur semua kabel di satu tempat dan dekat dengan stop kontak. Agar kabel yang digulung tidak kusut, ikatlah kabel dengan karet gelang. 

7. Jangan menumpuk piring dan peralatan masak kotor

  by homify

Nasihat sederhana yang selalu berguna: hindarilah menggeletakkan piring kotor di dapur. Bersabarlah. Cucilah piring, sendok garpu dan gelas setiap selesai makan. Atau letakkan semuanya dalam mesin pencuci piring. Menunda tugas ini hanya akan memperparah keadaan. Saat Anda benar-benar tidak punya waktu untuk mencuci piring, paling tidak tuangkan sedikit air di peralatan makan kotor agar sisa makanan tidak mengering dan tidak menyebarkan bau kurang sedap. 

8. Mencuci tirai/ gorden

  by homify

Meski kelihatannya tidak terlalu penting, namun hal ini dapat menghadirkan atmosfer nyaman dan keteraturan. Cucilah tirai/ gorden Anda secara teratur, dan jangan lupa menyeterikanya hingga licin. 

9. Membersihkan jendela

  by homify

Jendela memungkinkan cahaya alami menerangi ruangan. Membersihkan jendela secara teratur akan menambah kecerahan dan membuat ruangan terlihat lebih cantik. 

Coba gunakan cara ini agar jendela lebih bersih alami. 

10. Membersihkan rumah secara teratur

  by homify

Lihat, Anda tidak memerlukan bantuan superhero untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah bukan? Hanya keteraturan yang kita perlukan untuk mencegah debu dan kekacauan menjadi bertumpuk dan memperparah kondisi hari ini dan hari berikutnya. Luangkan beberapa jam dalam seminggu untuk mencurahkan perhatian pada rumah Anda, dan jadikan hidup keseharian Anda menjadi lebih nyaman.  

Simak juga cara membersihkan rumah kecil secara efektif di sini: 

5 Trik Jitu untuk Membersihkan Rumah Kecil

Apakah kebiasaan yang Anda lakukan secara teratur untuk menjaga kebersihan rumah? Berbagilah bersama kami di kolom komentar! 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!