Ruang Keluarga by Hart Design and Construction

7 Tips Jitu Menghemat Tagihan Listrik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Bertambahnya biaya hidup tidak bisa dihindari. Ini terjadi akibat semakin langkanya pasokan energi dibandingkan jumlah manusia yang menghuni planet Bumi. Namun pasrah pada keadaan hanya akan semakin menguras isi kantong Anda. Agar tidak merasa pening setiap bulan akibat tagihan listrik yang terus membengkak, mari aktifkan mode bertahan kita. homify akan membagikan sejumlah tips untuk menghemat tagihan listrik rumah Anda. Tips ini juga bisa diterapkan pada rumah yang menggunakan sistem listrik prabayar (token) dan sistem listrik pascabayar. 

1. Jendela skylight

 Ruang Keluarga by Meero

Agar angka tagihan listrik bisa diminimalkan, lampu-lampu di rumah sebaiknya dinyalakan ketika hari sudah benar-benar gelap. Untuk itu, kondisi rumah harus disesuaikan agar sinar matahari bisa menerangi rumah secara menyeluruh sejak matahari terbit sampai tenggelam. Jendela skylight, atau jendela kaca yang dipasang di langit-langit, bisa menjadi jalan masuk bagi sinar matahari dan bisa menerangi seisi rumah secara merata. 

2. Dinding warna terang

Jika memasang jendela skylight tidak memungkinkan, mengganti warna dinding dengan warna terang bisa menghasilkan efek yang kurang lebih sama. Warna terang, terutama putih, bisa memantulkan cahaya dan seluruh ruangan dalam rumah pun akan menjadi terang lebih lama sampai malam tiba. 

3. Agar kulkas tidak membuat tagihan listrik membengkak

SIGLAP VALLEY HDB:  Dapur by INK DESIGN STUDIO
INK DESIGN STUDIO

SIGLAP VALLEY HDB

INK DESIGN STUDIO

Kulkas adalah perangkat rumah tangga yang menggunakan daya listrik lebih besar dari semua perangkat elektronik di rumah Anda. Membersihkan koil atau gulungan di bagian bawah atau belakang kulkas paling tidak setahun dua kali dapat mengurangi penggunaan daya listrik 30 sampai 50 persen. 

Kulkas dan freezer justru bekerja lebih efektif saat terisi penuh. Jika kulkas dan freezer sedang kosong, simpan air dalam wadah di kulkas dan es batu dalam kantong plastik di freezer untuk membuatnya tetap terisi. 

4. Minimalkan penggunaan kompor listrik

 Dapur by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

Hexatile Decor Patchwork Lisboa 17,6x20,1

Equipe Ceramicas

Selain kulkas, penggunaan kompor listrik dan microwave juga bisa mendongkrak tagihan listrik Anda. Atasi hal ini dengan mengutamakan penggunaan kompor gas. Sedangkan pemakaian gas untuk menghidupkan kompor bisa diminimalkan dengan cara menyingkat waktu pengolahan makanan dan hindari terlalu sering merebus air.

5. Efektifkan pemakaian mesin cuci

Mencuci menggunakan mesin cuci memang praktis, namun bisa membuat tagihan listrik membengkak. Oleh karena itu, gunakanlah mesin cuci Anda dengan bijaksana. Gunakan mesin cuci ketika sudah terisi penuh dengan pakaian kotor. Rendam pakaian yang sangat kotor terlebih dahulu dan kucek bagian yang kotor (misalnya kaos kaki atau kerah baju putih). Kemudian jangan lupa mengatur setelan mesin cuci pada durasi tersingkat dan level air paling rendah. 

Pusing karena noda membandel? Simak tips mencuci dari homify di sini. 

6. Gunakan AC secara lebih efektif

Penggunaan AC atau pendingin udara memang tidak bisa dihindari saat hari sedang memanas. Tetapi, jangan sampai Anda juga memanas setelah melihat tagihan listrik, atau karena pulsa token listrik Anda lebih cepat habis dari biasanya. Agar penggunaan AC lebih efektif, Anda perlu melakukan beberapa hal. Di malam hari, suhu udara lebih dingin daripada siang hari. Oleh karena itu atur suhu AC agar lebih hangat dan tidak menyita lebih banyak daya. Atur ulang furnitur agar tidak menghalangi aliran udara dingin dari AC. AC adalah perangkat elektronik yang membutuhkan perawatan secara teratur. Kotoran dalam AC memaksa perangkat ini bekerja lebih keras dan hal itu membutuhkan lebih banyak daya. 

Mau lebih hemat lagi? Batasilah penggunaan AC di rumah! Langit-langit tinggi dan lubang angin di dinding teratas bisa mendatangkan udara sejuk alami. Simak cara lain mendinginkan rumah tanpa AC di sini.  

7. Stop kontak strip dengan saklar

Tanpa kita sadari, perangkat elektronik dalam posisi mati pun bisa menyedot energi listrik jika kita membiarkan stekernya menancap di stop kontak. Mencabut dan memasang steker televisi, laptop dll memang bikin ribet. Solusinya, belilah stop kontak strip yang dilengkapi saklar. Sesuaikan jumlah lubang dengan perangkat elektronik yang Anda miliki di rumah. Saat tidak digunakan Anda cukup menekan saklar pada stop kontak strip pada posisi off. Lakukan ini pada malam hari sebelum tidur. 

Baca juga tips hemat energi dari kami: 

10 Tips Membangun Rumah Hemat Energi 

Manakah tips yang akan segera Anda terapkan untuk meminimalkan tagihan listrik rumah tangga?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!