Teras by Espacios y Luz Fotografía

Kelebihan dan Kekurangan 4 Material Lantai Untuk Teras

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Teras merupakan bagian rumah yang berfungsi sebagai tempat bersantai bersama keluarga, spot untuk menikmati hujan, area membaca, bahkan tempat untuk menyambut tamu. Area ini juga harus tampil cantik dengan memilih material lantai yang baik. Jika sebelumnya motif dan warna sering jadi pertimbangan ketika membeli, sebenarnya kita patut memilih material lantai yang tahan terhadap suhu tinggi, suhu rendah, serta cuaca buruk.

Nah, agar pencarian Anda lebih mudah, Buku Ide ini membicarakan empat material lantai yang paling populer untuk eksterior. Mari kita cek satu persatu.

Lantai Keramik

Lantai keramik yang terbuat dari tanah liat masih jadi favorit hingga kini, karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan bahan lainnya. Diantaranya harga yang relatif murah, memiliki motif yang sangat beragam, mudah dirawat dan dibersihkan, tahan lama, hingga tahan terhadap perubahan suhu.

Ada beberapa jenis lantai keramik yang bisa Anda pilih:

1. Gerabah: Dibuat dari semua jenis bahan tanah liat, keramik jenis ini ideal untuk tampilan teras seperti pedesaan. Meski terbilang awet, keramik jenis ini memerlukan perawatan dan harus selalu dijaga kebersihannya, karena sangat sensitif terhadap noda.

2. Porselen: Jenis keramik porselen sangat dianjurkan untuk lantai teras, dikarenakan kuat, tahan lama dan berkualitas tinggi. Pilihan Anda sudah tepat jika ingin mencari ubin yang tahan terhadap goresan, tahan pada suhu tinggi dan suhu rendah. Bahkan jika ingin mencari lantai porselen yang menyerupai tampilan batu, marmer atau kayu, sudah banyak tersedia di pasaran.

3. Keramik Batu (Stoneware): Mempunyai struktur dan tekstur halus serta kokoh, harganya murah dan gampang dipasang. Namun kekurangannya bentuknya lebih tipis dari porselen dan kurang kuat jika dipasang pada bagian luar rumah.

Lantai Kayu

Ingin mengetahui kekurangan lantai kayu? Well, material satu ini memerlukan polishing rutin setiap 3-4 tahun agar warnanya tetap bagus dan awet. Untuk pemasangannya lebih rumit dibanding material lantai lainnya. Dan tidak hanya itu, kayu membutuhkan perawatan rutin untuk mencegah serangan rayap, dan mudah rusak jika terkena rembesan air atau genangan air. Tapi bukan berarti material kayu tidak punya kelebihan ya.

1. Ruangan menjadi hangat

Kelebihan lantai kayu sudah pasti akan membuat ruangan menjadi hangat dan lebih nyaman saat bertelanjang kaki. Ini disebabkan oleh sifat kayu yang mampu menyerap udara panas di siang hari, dan menghangatkan udara di malam hari. Selain itu kayu yang berasal dari hutan hujan tropis memiliki kualitas yang sangat baik, seperti kayu jati, kayu damar dan kayu merbau.

Memberikan Kesan Alami dan Natural

Kesan alami yang dimiliki lantai kayu sangat kuat. Apalagi jika halaman belakang dipenuhi dengan pohon atau tanaman, suasana akan terasa natural. Pilihannya juga banyak, dimana Anda dapat mengeksplorasi motif kayu yang cocok dengan teras Anda.

Lantai Dari Batu Alam

 Teras by Espacios y Luz Fotografía
Espacios y Luz Fotografía

Farm and wine factory exteriors

Espacios y Luz Fotografía

Cara menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan pada teras adalah dengan mendesain lantai menarik. Nah, jika ingin memilih materi yang ramah lingkungan dan visualnya indah, Anda bisa menggunakan batu alam. Psst, daya tahan batu alam terbilang awet dan perawatannya pun mudah.

Jenis batu yang paling umum untuk lantai luar adalah:

1. Batu Alam Andesit

Memiliki kualitas yang lebih unggul, membuat batu alam andesit sangat bagus diaplikasikan pada area luar rumah. Jenis batu ini tahan terhadap semua jenis cuaca, kuat, dan tepat diaplikasikan pada rumah dengan udara yang dingin.

2. Granit

Jika budget Anda kurang mencukupi, pemakaian granit untuk lantai bisa menjadi alternatif yang tepat. Harga granit cukup terjangkau dan sangat dianjurkan jika ingin membuat suasana teras yang hangat. Oh ya, jenis batu ini sering digunakan untuk nuansa kontemporer, serta memiliki pilihan yang beragam, mulai dari warna, ukuran dan bentuk.

3. Batu Alam Travertine

Batu alam jenis ini menjadi karakter yang kuat untuk memberikan faktor keindahan dan keunikan teras. Ciri khasnya memiliki lubang-lubang alami pada bagian permukaannya, dan Anda bisa memilih warna yang sesuai suasana teras, mulai dari abu-abu, cokelat atau krem.

Lantai Beton

 Teras by A2arquitectos
A2arquitectos

Bar en las cuevas de Porto Cristo. Mallorca.

A2arquitectos

Bagian penting pada rumah yang difungsikan sebagai tempat berkumpul selain ruang tamu jatuh pada teras. Nah, untuk memberi sentuhan modern pada area tersebut, Anda bisa memilih lantai beton. Material satu ini dinilai awet, terlihat kokoh dan terbilang mudah perawatannya. Meski kita terbiasa melihat lantai beton berwarna abu-abu, sebenarnya ada banyak warna yang bisa kita mainkan.

Kira-kira material mana yang cocok untuk teras Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!