by Elchitekt

10 Denah Rumah Yang Inspiratif

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Sebelum membangun rumah, sangat disarankan bagi Anda membuat perencanaan denah lantai terlebih dahulu. Denah lantai dapat digambarkan dalam ilustrasi dalam CG (Computer Graphic) serta 3DCG (Computer Graphic 3 (Tiga) Dimensi. 

Dengan gambar 3D, sehingga Anda bisa melihat bagaimana pembagian interior rumah nantinya. Sehingga, Anda akan mempunyai bayangan interior rumah lebih detail dan jelas.  Anda juga dapat melihat dimensi ruang yang tepat dari denahnya. Sehingga Anda bisa merencanakan fasilitas dapur, peralatan kamar mandi, perabotan dll terlebih dahulu.

Buku ide keli ini homify menyajikan 10 denah rumah yang inspiratif untuk Anda tentunya.

1. Denah lantai dengan ruang tamu terbuka

Keuntungan dari denah lantai yang ukurannya ditunjukkan dalam meter persegi adalah secara jelas Anda dapat membayangkan ruang tersebut secara visual. Gambar ini adalah contoh denah rumah keluarga dengan konsep modern , saat memasuki pintu masuk, aula masuk besar akan menyambut keluarga dan tamu. 

Selain itu, di dalam rumah ini terdapat ruang serbaguna untuk menempatkan mesin cuci dan kebutuhan sehari-hari. Ruang tersebut juga dilengkapi dengan ruang belajar dan toilet tamu. Seperti rumah modern, dapur terbuka diatur untuk ruang berkumpul dan makan bersama. Meski merupakan area terbuka, area dapur tetap di partisi secara visual dengan susunan perabot seperti meja dan lemari. 

Hal penting pertama yang harus diperhatikan pada konsep ruang tamu luas dengan pintu masuk besar yang dilengkapi dengan pintu ganda terbuka adalah memeriksa arah pembukaan pintu dengan melihat denah nya. Sehingga furnitur bisa ditata dengan rapi dan mudah untuk digunakan.

2. Denah lantai kedua

 Kamar Mandi by Atelier Schöngestalt
Atelier Schöngestalt

Grundriss Schlafbereich mit halboffenem Bad

Atelier Schöngestalt

Bagian lantai kedua rumah ini hanya terdiri dari kamar tidur dan toilet. Melihat floorplan, Anda bisa melihat bagian dinding kamar tidur terbuka. Ruang berdekatan telah menjadi sudut lounge kecil, yang keduanya merupakan ruang kecil, namun menghubungkan antar ruang. Dengan begitu, akan menimbulkan kesan ruang yang luas dan tetap menjaga privasi.

Pada ruang kamar mandi, Anda dapat memisahkan WC dan bak mandi dengan partisi kaca sehingga menimbulkan kesan menyatu dengan wastafel kamar mandi Anda.

3. Denah lantai dengan garasi

  by Elchitekt
Elchitekt

Grundriss Erdgeschoss

Elchitekt

Desain ini adalah denah rumah terpisah dengan garasi. Melewati lorong kecil dan memasuki kamar mandi tamu, ruang belajar dan ruang tamu. Ruang utama adalah ruang terbuka antara ruang tamu, dapur dan ruang makan. Anda juga bisa melihat posisi dan arah jendela di denah sehingga Anda bisa mempertimbangkan ruangan yang tepat untuk kamar atau ruang lainnya. 

Denah rumah ini tidak terlalu besar, namun tata ruangnya sudah mencukupi dan mudah untuk di implementasi kan. Perabotan untuk outdoor diletakkan di teras besar yang dapat digunakan sebagai ruang tamu kedua. 

4. Denah lantai untuk rumah satu lantai

  by Elchitekt
Elchitekt

Grundriss Bungalow

Elchitekt

Sebelumnya, denahnya hanya berupa denah planar, namun teknologi 3DCG banyak digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk membuat layout dengan nilai anggaran yang akurat. Karena teknologi ini mampu memvisualisasikan setiap ruangan dengan lebih baik dan menunjukkan materi dan perabot yang akan digunakan. Sehingga dapat dibayangkan secara jelas apa yang diinginkan oleh pemilik rumah sesuai dengan seleranya.

Denah lantai berikut ini untuk rumah satu lantai, karena tidak tampak ada tangga. Sebuah rumah yang sangat cocok untuk anggota keluarga dengan kursi roda serta anak-anak. Semua kamar berada di satu lantai, sehingga denah rumah satu lantai tersebut juga terlihat lebih besar daripada rumah bertingkat. 

Ruang tamu terletak di pusat pintu masuk dan dapur yang berdekatan dengan ruang makan merupakan ruangan tersendiri. Dapur terhubung ke ruang serbaguna yang besar dan nyaman untuk penyimpanan bahan makanan.

5. Denah lantai sebelum & sesudah

Terutama saat membeli kondominium, Anda bisa menggunakan denah sesuai model yang telah diusulkan oleh Arsitek. Namun untuk rumah baru yang masih dalam tahap awal konstruksi, Pembeli juga dapat melakukan beberapa perubahan. Dalam contoh ini, Anda dapat memeriksa keadaan bahwa beberapa dinding telah dilepas sebelum / sesudahnya.

Pemiliknya memilih ruang tamu terbuka yang menghilangkan dinding dengan membuat ruang tamu & ruang makan yang lebih luas. Namun demikian, sebelum memutuskan melakukan perubahan, disarankan untuk mendiskusikan perubahan itu dengan Arsitek terlebih dahulu. Perubahan mana yang tepat terutama dengan dinding agar tidak merusak stabilitas struktur dan keamanan bangunan.

6. Denah Penthouse dengan ruang tamu yang luas

Penthouse lantai atas di daerah perkotaan sangat istimewa. Apalagi jika Anda memiliki teras atap, Anda bisa menghadap ke kota dan Anda akan tenggelam dalam suasana hati yang menyegarkan. Ada sauna dan pemandian uap, ruang ganti, lift yang mengarah langsung ke rumah Anda, di penthouse mewah ini.

Rumah dengan konsep LDK (Living Room, Dining Room, and Kitchen) terbuka dengan dapur island adalah konsep rumah mewah modern di perkotaan.

7. Denah rumah daerah tropis

Dianjurkan untuk membuat ruang tamu semi-outdoor di daerah beriklim sedang dan daerah tropis sepanjang tahun. Jika Anda menggunakan pintu geser kaca yang bisa dibuka sepenuhnya sehingga udara terasa sejuk, atap genteng, dan interiornya terhubung ke luar, maka itu menjadi ruang tamu terbuka yang sangat tepat. 

Desain denah lantai ini disebut visualisasi, dan ini memberi gambaran merancang rumah dengan sederhana dan mudah.

8. Denah lantai dengan pemandangan kolam renang di setiap kamar tidur

Desain denah lantai di sini menempel pada posisi kamar tidur, dimana seluruh kamar tidur mendapatkan pemandangan kolam renang. Selain itu, desain denah ini menunjukkan setiap kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan lorong dek kayu yang menghubungkan setiap ruangan. Desain dapur, taman, dan ruang tamu terbuka dengan kolam renang, dll, tampak denah lantai yang sesuai dengan daerah beriklim tropis.

9. Denah lantai villa mewah

Jika merencanakan perumahan multi lantai, penggunaan denah lantai 3D adalah hal yang sangat tepat. Denah lantai 3D untuk Villa mewah ini menunjukkan dengan jelas pemahaman desain secara  keseluruhan. Ruang tamu dengan perabotan mewah di lantai 1 dan 2, teras atap besar di lantai atas, lengkap dengan pemandangan yang bisa Anda lihat dari atas kolam renang. Desain yang sangat luas biasa.

10. Denah lantai rumah modern

Tata letak ruang utama yang sederhana dan praktis, dapat membuat Anda merasa senang hanya dengan melihat denah lantai unik dan modern seperti itu. Desain awalnya adalah LDK yang besar, namun ruangnya dibuat lebih dinamis oleh dinding yang tersusun miring. Di lantai pertama ada sebuah LDK besar dan 3 kamar tidur, masing-masing dengan kamar mandi en suite (shower). Jika Anda ingin berendam di bak mandi dengan santai, maka kamar mandi keluarga yang dilengkapi dengan bathtub, didesain dapat diakses dengan mudah dari ruang tengah.

Untuk mendapatkan denah gambar rumah Anda, segera hubungi para desainer profesional yang sudah berpengalaman sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Denah rumah seperti apa yang Anda inginkan? Ceritakan di sini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!