Kantor & toko by sanahuja&partners

7 Trik Memadukan Warna Dinding Dengan Furnitur

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Warna adalah impresi yang dihasilkan oleh bias cahaya yang direfleksikan dan diserap oleh organ dalam retina, tergantung pada panjang gelombang bias cahaya itu. Menurut RAE (Real Academia Española/ Akademi Kerajaan Spanyol), warna juga bisa didefinisikan sebagai karakter istimewa yang dimiliki oleh suatu benda, atau kualitas khusus yang menunjukkan keistimewaan gaya. Semua definisi warna ini merupakan penegasan tentang pentingnya warna dalam kehidupan kita, baik dalam hal fisik maupun psikologis. Warna, seperti yang telah kita ketahui, mentransmisikan sensasi dan oleh karena itu selalu mempunyai banyak simbolisme. Kita mengasosiasikan warna dengan gejala, tempat, situasi, pemikiran tertentu dan banyak lagi. 

Pada sebuah rumah warna tampak dalam banyak elemen pada dekorasi interior. Di ruangan dalam rumah ada beraneka ragam furnitur, asesoris dekorasi, perabotan, dan perangkat elektronik rumah tangga yang hadir dalam berbagai warna. Di sisi lain, dinding, langit-langit dan lantai memiliki warnanya sendiri. Demikian juga elemen pengaman rumah seperti pintu dan jendela. Kombinasi dan super imposisi warna semua elemen ini akan menghasilkan impresi warna dan membangkitkan sensasi tertentu. Dengan demikian, mengubah warna dinding agar serasi dengan palet warna furnitur dapat mendatangkan suasana berbeda dan menghasilkan efek visual yang menakjubkan. 

1. Furnitur stainless steel

 Dapur by homify
homify

Curvytile Cotto Chestnut, Deco Patchwork Ceramic 26,5x26,5

homify

Furnitur berlapis krom tampak serasi di samping furnitur stainless steel. Furnitur jenis ini tidak pernah terlihat ketinggalan jaman dan biasanya digunakan sebagai elemen fungsional di ruangan. Misalnya meja kopi di kafe, meja gaya ekletik di ruang makan, atau furnitur dapur di dapur gaya industrial. 

Hal yang lazim dilakukan adalah memadukan furnitur stainless steel dengan warna dinding putih atau abu-abu, yang menghasilkan kesan dingin dan suci hama. Padahal furnitur stainless steel bisa terlihat serasi dengan warna apapun, termasuk aneka warna hangat yang tampak pada lantai di contoh ini. Kecemerlangan stainless steel mampu memberikan  sentuhan cerah untuk semua situasi. Sedangkan warna gelap dapat digunakan sebagai hiasan dinding. 

Lihat nuansa warna paling serasi untuk dapur di sini

2. Warna hangat atau warna dingin

Nada warna dominan di sebuah ruangan memberi kita sensasi yang berbeda. Dengan menimbang fungsi ruangan, disarankan untuk memilih satu palet warna atau lainnya. Warna hangat seperti kuning, doklat, atau merah menstimulasi rasa dan menciptakan kenyamanan. Sebaliknya, warna dingin seperti abu-abu, hijau, biru, atau perak menciptakan atmosfer relaksasi. Namun warna dingin juga bisa menciptakan rasa keterpencilan sehingga kurang bersahabat untuk beberapa ruangan di rumah. 

Apa sih warna dinding yang saat ini sedang tren? Lihat jawabannya di sini.

3. Furnitur putih

Beberapa item furnitur berwarna putih memungkinkan kita memadukannya dengan warna apapun dan sesuai dengan warna dinding hangat maupun dingin. Furnitur putih selalu menghasilkan suasana cerah pada ruangan. Furnitur putih juga dapat menjadi penghubung untuk dua nuansa warna seperti yang kita lihat pada gambar, menciptakan suasana harmonis yang kental. Singkatnya, furnitur putih memungkinkan kita mengaplikasikan warna apapun pada dinding tanpa khawatir melakukan kesalahan dalam hal penggunaan warna. 

4. Furnitur antik

Permainan kromatik ini memadukan warna hangat dan warna dingin, namun dengan mengutamakan nuansa terang. Sebuah gaya dekorasi yang menampilkan gaya Shabby Chic (Shabby: kuno, Chic: istimewa, elegan). Furnitur yang digunakan pada penataan ruang ini lazim ditemukan di rumah pedesaan Inggris yang dipadukan dengan furnitur modern dan pernak-pernik dekorasi masa kini.

Pada gaya interior Shabby Chic, furnitur yang digunakan biasanya bernuansa kuno, terbuat dari kayu dengan sentuhan warna natural, putih, atau beige. Untuk dinding, warna yang aman digunakan adalah warna putih. Demikian juga warna merah muda, biru muda, violet, atau abu-abu. Seperti tampak pada gambar, wallpaper abu-abu memberikan tekstur indah pada dinding. Motifnya yang orisinil menjadi sentuhan personal di ruangan ini. 

5. Furnitur kayu furnish alami

Nuansa warna hangat sempurna untuk kamar tidur atau ruang sosial, yaitu ruangan yang kita gunakan untuk bersantai dan sebaiknya dapat menimbulkan rasa nyaman. Untuk ruangan semacam ini, furnitur kayu dengan furnishing berbeda adalah ideal. 

Furnitur kayu furnish alami berpadu sempurna dengan dinding warna terang, di mana kita bisa menggunakan nuansa warna hangat yang sama seperti warna tanah, putih kusam, atau beige. Paduan ini adalah keputusan yang aman dan sangat fashionable sebagai dekorasi interior rumah. Jika kita juga melengkapinya dengan penerangan tak langsung cahaya hangat seperti gambar, kita akan mendapatkan interior kekinian dan sangat bersahabat. 

6. Furnitur logam

Furnitur metal atau logam digunakan pada interior yang menerapkan dekorasi gaya industrial. Namun, furnitur logam tidak direkomendasikan untuk ruangan sempit. Ruangan dengan langit-langit tinggi cocok untuk furnitur logam, karena dapat menghasilkan kontras bernuansa mutakhir pada interior. 

Jika kita memiliki furnitur jenis ini di sebuah ruangan, disarankan untuk mengaplikasikan warna terang pada dinding. Jika tidak, maka atmosfer ruangan akan terasa berat. Bagaimanapun, penggunaan warna abu-abu yang senada dengan furnitur logam bisa menjadi sesuatu yang menarik. Dengan catatan, warna abu-abu hanya digunakan pada beberapa bagian dinding sebagai aksen. Sedangkan dinding-dinding lainnya menggunakan warna putih atau abu-abu muda. Perpaduan ini akan memberikan sentuhan avant-garde pada interior. 

7. Desain furnitur

Desain furnitur dan gaya dekoratifnya dapat memberi warna pada impresi yang dihasilkan oleh warna furnitur itu sendiri. Jika kita memiliki furnitur orisinil dengan garis simpel, warna furnitur bisa diubah agar tidak saling tumpang tindih. Ini terlihat pada gambar di atas, di mana sebuah bufet gaya Nordik difurnis dengan paduan antara warna emas, coklat sutra dan abu-abu.

Sebagai latar belakang furnitur simpel ini dan sebagai penyeimbang, kita bisa menggunakan warna kuat yang menonjolkan kehadiran dan kemutakhiran furnitur. Dinding dengan gradasi warna biru gelap ke merah anggur yang kita lihat di sini memberikan sentuhan teaterikal yang sangat pribadi pada ruangan ini. 

Temukan juga inspirasi warna dinding rumah terbaik di sini.

Manakah yang lebih Anda sukai untuk warna dinding, warna hangat atau warna dingin? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!