by homify

6 Trik Agar Membersihkan Rumah Jadi Lebih Mudah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah nyaman dan bersih memang idaman kita semua. Namun membersihkan debu, menyapu, mengepel, dan membersihkan kamar mandi cukup menyita waktu. Mereka yang tiap hari sibuk bekerja di kantor, atau di rumah, pasti paham apa yang kami maksud. Setelah melalui sebuah hari yang berat, yang kita inginkan adalah beristirahat. Membersihkan rumah sepertinya tidak terlintas di pikiran kita. Untunglah homify punya segudang tips membersihkan rumah untuk berbagai situasi dan kondisi pembacanya. Membiarkan debu menumpuk berhari-hari lalu membersihkannya bukanlah hal bjaksana. Sebabnya, Anda akan terus memikirkan tentang kewajiban bersih-bersih tapi Anda tidak melakukannya. Waktu yang dibutuhkan untuk bersih-bersih pun akan jadi lebih lama. Mengapa tidak meluangkan waktu beberapa menit setiap hari daripada menghabiskan waktu akhir pekan untuk bersih-bersih? 

Pada artikel ini, kami telah meringkas beberapa tips praktis agar membersihkan rumah lebih cepat dan mudah. Mau tahu? Pelajari selengkapnya di bawah ini. 

1. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan area yang sulit dijangkau

Membersihkan sela-sela atau bagian lain yang cenderung lembab dan cepat berlumut adalah penting. Inilah solusi kami, gunakan saja sikat gigi bekas Anda. Oleskan deterjen pada sikat gigi bekas, lalu gunakan untuk menyikat sela-sela ubin, sudut lantai kamar mandi, dll. Cara ini juga ampuh mengenyahkan jamur dari kamar mandi Anda. 

2. Bersihkan dinding kamar mandi menggunakan lap

Kamar mandi lazim menjadi area paling sulit dibersihkan jika dibandingkan ruangan lainnya. Air dan uap air menimbulkan kelembaban, sedangkan air hangat membuat dinding lekas bernoda. Agar tidak sakit punggung gara-gara membersihkan kamar mandi, keringkan dinding kamar mandi segera seusai mandi. Titik-titik air yang menempel di dinding dan dinding kaca perlu dikeringkan agar tidak meninggalkan bekas. Cukup kenakan sarung tangan karet Anda dan lap seluruh bagian dinding yang basah dengan kain lap. 

Ketahui cara terbaik membersihkan kamar mandi di sini. 

3.Membasmi jamur

Bercak hitam adalah musuh  yang berbahaya. Kotoran ini sering ditemukan di langit-langit atau dinding dan bisa merusak permukaannya, juga berdampak buruk untuk kesehatan Anda. Anda perlu membersihkan bercak hitam segera setelah Anda mendeteksi keberadaannya. Belilah bahan pembersih anti lumut, tuangkan pada kain lap, lalu gunakan untuk membasmi bercak hitam ini di mana Anda melihatnya. Anda juga bisa membersihkannya menggunakan spons atau sikat jika kain lap tak mampu membersihkannya. Jangan lupa melindungi tangan Anda dengan sarung tangan karet saat melakukan pekerjaan ini.   

4. Gunakan bahan pembersih alami

Produk pembersih memang dibutuhkan untuk membersihkan rumah. Namun bahan kimia dalam produk pembersih bisa merusak benda berbahan lembut atau memiliki permukaan bertekstur orisinal. Larutan air dan jeruk lemon bisa digunakan untuk membersihkan microwave. Sedangkan larutan air dan cuka bisa membuat lantai rumah lebih bercahaya. Bahan pembersih alami lebih murah dan ramah lingkungan. Simak berbagai bahan alami untuk membersihkan rumah di sini

5. Peralatan kebersihan buatan sendiri

Bahan pembersih sudah siap, apakah peralatan untuk membersihkan rumah juga sudah siap? Kain lap, spons, sikat, sapu, dan peralatan pembersih lainnya harus disimpan di tempat khusus yang sulit dijangkau anak-anak. Peralatan kebersihan harus dikembalikan pada tempatnya agar tidak sulit mencarinya saat dibutuhkan. Anda juga bisa mengkustomisasi atau menyesuaikan peralatan kebersihan untuk keperluan pembersihan khusus. Misalnya sapu yang diikat pada balok kayu yang ringan untuk membersihkan langit-langit rumah. 

6. Gunakan spons silikon

Spons silikon dengan permukaan ganda bisa Anda gunakan untuk membersihkan perabot yang sangat kotor. Perangkat pembersih ini telah dirancang agar tahan lama dan tahan panas. Cocok untuk membersihkan permukaan pagar, kompor, atau jendela berteralis. Spons silikon saat ini telah tersedia di sejumlah toko online. 

Malas membersihkan rumah tapi ingin rumah tampak bersih setiap saat? Anda pasti suka artikel ini: 

10 Trik Untuk Anda Saat Malas Membersihkan Rumah 

Manakah trik yang akan segera Anda terapkan untuk membersihkan rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!