Ruang Ganti by DESIGNSTUDIO LIM_디자인스튜디오 림

8 Ruang Ganti Terbaik Karya Desainer Korea

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Tumpukan pakaian selalu tampak berantakan meski kita telah merapikan lemari setiap saat. Ketika Anda ingin memakai kembali kemeja favorit tahun lalu, Anda tak bisa menemukannya di manapun. Apakah pernah membuang-buang waktu di ruang ganti gara-gara ini? Jika ya, maka itu bukan karena kebiasaan menyimpan atau daya ingat yang telah menurun. Ini adalah akibat struktur ruang ganti yang tidak efektif. 

Saat mendesain sebuah ruang ganti, para ahli menganjurkan agar fungsi lebih diutamakan daripada desain. Dengan kata lain, para ahli berpendapat, jika sebuah ruang ganti yang tampak keren tidak dapat menunjukkan fungsi layaknya, maka itu hanyalah hiasan. Hal yang paling penting adalah merencanakan interior ruang ganti berdasarkan gaya hidup penggunanya, dengan menata ruang ganti sesuai ketersediaan tempat secara lebih efektif. Bagaimanakah penataan lemari pakaian dan ruang ganti yang efektif dan efisien menurut para desainer Korea? 

1. Lemari dalam lemari

 Ruang Ganti by 디자인사무실
디자인사무실

갤러리하우스

디자인사무실

Jika Anda ingin tahu ruangan terbaik di apartemen ini, itu adalah ruang ganti. Tidak seperti ruang ganti pada umumnya, kamar ganti di sini tersembunyi dalam sebuah lemari built-in. Lemari built-in dibuat dengan penataan tiga dimensi tanpa rak-rak, Menyempurnakan bentuk ruangan tunggal yang bisa dimasuki penggunanya. Kita juga bisa melihat bagaimana upaya desainer memanfaatkan secara maksimal ruang terbatas dengan desain ruang ganti unik ini. 

2. Ruang ganti sensasional di koridor

Apartemen yang didesain opeh Design Studio Rim ini terletak di Yudong-don, Gurogu, Seoul. Konsep utamanya adalah mendesain ulang apartemen modern bernuansa hitam seluas 101 meter persegi menjadi hunian cantik dan fungsional untuk pasangan. Ruang ganti berada dekat kamar mandi. Sesuai permintaan pasangan pemilik apartemen yang menginginkan atmosfer mewah dan gaya, Warna lemari built-in seluruhnya berwarna hitam dan menambah keanggunan sebagai dekorasi dinding. Lemari dinding didesain agar memenuhi sisi kanan dan kiri sehingga menjadi ruang penyimpanan yang cukup luas. 

3. Terintegrasi dengan ruangan lainnya

 Kamar Mandi by dip chroma
dip chroma

염창동 아파트

dip chroma

Coba lihat ruang ganti di apartemen Yeomchang-dong di Gangseou-gu, Seoul ini, yang didesain oleh tim desain interior Dip Chroma. Alasan mengapa ruang ganti ini dipuji adalah karena mampu memanfaatkan 200% ruangan. Mengapa 200%? Biasanya apartemen seluas 30 meter persegi dirancang agar cukup luas sebagai kamar tidur utama. Namun benarkah kita membutuhkan ruangan seluas itu untuk satu tempat tidur saja? Para ahli menyarankan untuk mengfungsikan kamar tidur secara lebih efisien dengan membuat dinding pemisah ruangan. Seperti pada gambar, Ruang kerja ada di depan, sementara ruang ganti ada di belakang dinding yang ada di tengah kamar tidur. Bagian dinding pemisah yang menghadap ke ruang kerja berfungsi sebagai rak buku dan bufet. Sementara dinding pemisah yang menghadap ke ruang ganti berfungsi sebagai lemari gantung dan lemari penyimpanan. Dengan adanya satu dinding pemisah, dua ruangan sekaligus tercipta di sini. Demikian juga tempat penyimpanan yang luas.   

4. Ruang ganti terbuka untuk area sempit

Semua ruang ganti yang telah kita lihat di sini dirancang sebagai lemari built-in dengan pintu. Namun ruang ganti yang kita lihat pada gambar ini adalah ruang ganti terbuka (tanpa pintu). Mungkin Anda bertanya-tanya, apa mungkin berganti pakaian di ruang ganti yang tanpa pintu? Bagaimanapun kehadiran pintu di ruang sempit seperti di atas justru akan membuat suasana jadi tidak nyaman. Jika ruangan tidak lebar, maka mustahil memasang cukup kawat tembaga untuk membuka dan menutup pintu, sirkulasi udara ke dalam ruang ganti sedikit sulit di musim hujan, dan rentan terhadap serangan jamur. Ruang ganti dalam gambar ini didesain oleh Hong Ye Design sesuai dengan kondisi area dengan mengidentifikasi karakteristik ruang sempit. 

5. Pintu geser untuk menghemat ruang

 Kamar Tidur by 코원하우스

Ini adalah ruang ganti yang dirancang oleh Cowon House. Karakter utama ruang ganti ini tentulah pintu geser yang ada di jalan masuk menuju ruang ganti. Pintu geser yang terpasang pada rel besi bukan hanya menghasilkan efek interior spesial, Namun pintu ini efisien karena tidak menyita tempat seperti pintu berengsel. Pintu geser dengan rel seperti ini dapat mudah dibuka dan ditutup dengan sedikit tenaga, belakangan semakin populer sebagai pintu ruang ganti. Jika Anda ingin membuat ruang ganti di rumah berdimensi kecil, pintu jenis inilah yang sebaiknya Anda pilih. 

Lihat juga beberapa contoh desain lemari dengan pintu geser di sini

6. Ruang ganti dengan beragam furnitur

Pada gambar ini, Homelatte memamerkan beraneka ragam furnitur. Rak lebar terpasang di dinding sebagai tempat penyimpanan. Selain itu, ada beberapa furnitur lain seperti meja berlaci dan lemari gantung yang membuat ruang ganti ini sensasional dan fungsional. Di sisi lain ruangan pada gambar terdapat ruang penyimpanan kecil untuk menyimpan asesoris dan lemari gantung panjang.  

Butuh inspirasi desain lemari stylish untuk rumah Anda? Silakan klik di sini

7. Ruang ganti seorang foto model

Dirancang oleh Salad Bowl Design Studio, ruangan dalam gambar membuat kita membayangkan ruang ganti seorang foto model majalah. Sisi kanan dan kiri ruangan ini adalah rak built-in terbuka dengan cermin full body di tengah-tengahnya. Lampu yang terpasang di tengah langit-langit membuat ruangan tampak terang. Siapapun yang berganti pakaian atau berdandan di ruang ganti ini akan merasa dirinya seperti seorang foto model. 

8. Gaya Nordik

Mari perhatikan ruang ganti pada gambar yang menonjolkan gaya Nordik modern. Wallpaper warna nila membuat ruangan ini tampak cantik. Lantai ruangan dengan pola tulang ikan menghadirkan keanggunan. Furnitur putih bersih tampak serasi dengan elemen lainnya karena berada di tempat yang tepat. Kursi meja rias dan cermin bundar hanya menggunakan 1% bagian ruangan ini, melengkapi sensualitas gaya Nordik. Tim desain Homelatte adalah perancang ruang ganti yang elegan ini. 

Simak juga cara membersihkan ruang ganti secara efektif di sini

Apaka Anda tertarik untuk membuat ruang ganti di rumah Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!