Kamar Mandi by ARKITURA GmbH

Cara Membersihkan Kerak Kapur dan Noda Hitam Pada Shower

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Dengan sibuknya rutinitas dan tugas-tugas kantor, terkadang kita suka lupa membersihkan shower pada kamar mandi. Tapi tahukah Anda, shower yang kita gunakan sehari-hari jika tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan kerak kapur, noda menghitam dan bahkan akan merusak shower. Tentunya jika dibiarkan kerak kapur yang menumpuk dapat menyumbat lubang-lubang pada gagang shower, sehingga menghambat aliran air.

Tidak ingin hal itu terjadi bukan? Dan untuk mengantisipasinya berikut cara menghilangkan kerak kapur dan noda hitam pada shower.

Bersihkan Kepala Shower Sesering Mungkin

Membersihkan kerak atau noda akan lebih mudah jika kerak baru terbentuk. Seperti yang kita tau, jika sudah terlalu lama dibiarkan kerak akan menebal sehingga susah dibersihkan. Lebih baik mencegah daripada repot kemudian bukan? Jadi sering-seringlah menyikat bagian kepala shower, agar tidak ada noda hitam atau kerak yang menempel dan menyumbat lobang shower.

Membersihkan Dengan Hidrogen Peroksida dan Amonia

Anda mungkin sudah tahu kalau Hidrogen peroksida yang kerap digunakan untuk membersihkan luka bisa digunakan untuk menghilangkan jamur pada shower. Pakai hidrogen peroksida 3%, tanpa diencerkan lalu masukkan dalam botol semprot yang gelap. Kemudian semprot ke area berjamur, diamkan selama 10 menit, lalu gosok kepala shower hingga bersih dan keringkan.

Begitu pula dengan amonia yang bisa menghilangkan jamur pada shower, dinding atau ubin kamar mandi. Cukup mudah, masukkan amonia ke dalam botol semprot, lalu semprot ke bagian yang berjamur. Setelah itu gosok menggunakan sikat, diamkan selama 1-2 jam dan bersihkan setelah beberapa jam.

Bersihkan Shower Dengan Cuka

Cuka yang bisa kita temukan di dapur, bisa dipakai untuk menghilangkan kerak kapur pada shower. Caranya, rendam gagang shower di dalam ember berisi larutan cuka selama 2 jam sebelum menyikatnya. Namun jika gagang shower menempel di dinding, pakailah kantong plastik berisi larutan yang sama, letakkan kantong plastik ke dinding dan rendam kepala shower ke dalam plastik berisi cairan. Hasilnya setelah direndam kerak kapur akan mulai menghilang, dan anda bisa mencucinya dengan air.

Gunakan Asam Klorida

Caranya hampir sama dengan cara diatas, rendamlah shower pada larutan asam klorida, biarkan hingga mengering lalu gosok bagian yang berkerak atau berkarat dengan lembut. Oh ya, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ya.

Memakai Perasan Lemon dan Baking Soda

Larutan soda dan perasan lemon juga bisa menghilangkan kerak dan membuatnya kinclong kembali. Caranya tuangkan perasan lemon pada kepala shower, lalu gosok dengan spons dan seka dengan lap kering. Dan nggak hanya itu, jika ingin menghilangkan noda kerak di keramik, lumuri keramik dengan perasan lemon, taburi baking soda bubuk di atas kerak dan diamkan beberapa saat. Kemudian gosok hingga bersih dan bilaslah dengan air.

Bersihkan Noda Ringan Dengan Detergent

Jika kerak atau noda yang menempel belum terlalu parah dan terlalu tebal, Anda bisa menghilangkan noda ringan dengan mencuci dan menyikat dengan detergent dan spons, bilas dan keringkan. Dalam kamar mandi sendiri ada 4 titik rawan bakteri, salah satunya adalah pada kepala pancuran. Jadi alangkah baiknya jika selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan rutin membersihkannya setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Selain sedap dipandang, kesehatan jadi alasan yang paling terpenting.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!