36 Ide Keren untuk Dinding Bebatuan dan Batu Bata | homify 36 Ide Keren untuk Dinding Bebatuan dan Batu Bata

36 Ide Keren untuk Dinding Bebatuan dan Batu Bata

Rachel Audrey Rachel Audrey
Lucia Bentivogli Architetto
Loading admin actions …

Pernahkah Anda memasuki rumah dan berpikir: apakah ada yang kurang? Biasanya cuma detail sederhana, barang pribadi, gaya atau elemen berbeda yang memberi karakter pada desain. Dinding bebatuan dan batu bata kini mulai banyak digunakan dan meski hanya menempati beberapa meter saja sudah bisa mengubah citra sebuah ruangan.

Secara umum, jika kita berbicara tentang dinding batu, ada dua jenis yang berbeda yaitu batu alam (biasanya batu tulis atau kuarsit) yang menonjolkan hawa pedesaan di sebuah ruangan, dan satu lagi yang memberi investasi yang lebih besar, yaitu sekitar Rp555ribuan per meter kubik; dan batu yang dilarutkan, agak lebih murah sekitar Rp400ribuan per meter kubik, berdasarkan campuran semen yang mirip batu alam.

Atau pilihan terakhir, batu bata timbul adalah solusi paling ekonomis dan seuai dengan desain dapur. Dengan keanekaragaman tampilan dari batu bata merah klasik hingga cat putih. Terdapat banyak pilihan, pilih yang paling ideal untuk rumah Anda. Dan buku ide ini, kami menyajikan lebih dari 30 desain dinding bebatuan dan batu bata, untuk mengubah ruang Anda jadi tempat yang berkarakter. Sudah siap terinspirasi?

1. Batuan di dapur

Dapur sama pentingnya seperti ruangan lain yang butuh elemen, demi mendapat nada keanggunan dan karakternya. Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan background tembok, dengan dinding batu yang dilarutkan dengan warna hitam. Sehingga akan terlihat kontras dengan putih furniturnya, yang dapat menciptakan suasana modern dan canggih.

2. Batu rekonstruksi di ruang tamu

Untuk memfokuskan salah satu aspek desain pada ruangan yang luas, Anda bisa membuat sebuah dinding dengan batu rekonstruksi. Pilih dinding yang strategis pada ruang tamu atau ruang keluarga, di mana dinding ini akan menjadi focal point pada ruangan Anda.

3. Lampu dinding batu

Jika Anda menempatkannya dengan tepat, batu alam dinding yang dihiasi lampu bisa menjadi dekorasi yang cantik pada ruangan. Tak perlu seluruhnya, cukup sebagian dinding saja yang dihias dengan batu dan lampu. Voila! Jika dinyalakan lampunya pada malam hari, hunian Anda semakin nyaman.


4. Batu alam di ruang makan

Dinding batu alam merupakan pilihan ideal bagi Anda yang ingin memberi kesan 'kasar' pada desain rumah. Tak perlu menutupi semua dinding dengan material ini, ambil satu dinding saja di ruang makan seperti pada gambar, pasti sudah cukup untuk mentransfer daya tarik gaya pedesaan pada hunian Anda.

5. Koridor batu rekonstitusi

Dinding dengan batu rekonstitusi akan membuat rumah Anda terlihat artistik. Anda bisa mengaplikasikannya pada koridor, dinding ruang keluarga, hingga area makan.

6. Slate untuk tangga

Wilayah tangga sering jadi salah satu titik paling sibuk di rumah. Namun orografi tertentu membuatnya sulit dihias. Nah, salah satu pilihan yang bisa berhasil adalah penempatan dinding batu alam seperti batu tulis ini.

7. Ceruk terbuat dari batu alam

Ceruk sudah menjadi sebuah sumber yang mulai banyak dicari untuk desain interior dan dekorasi. Lubang-lubang ini menarik secara estetika, seperti pada contoh ini. Terutama jika kita tempatkan dinding batu alam di dalamnya, lalu pasang lampu di atasnya. Cantik bukan?

8. Dinding batu alam di kamar mandi

Betul sekali, kamar mandi juga merupakan tempat yang sempurna untuk dihiasi dengan dinding batu alam. Seperti pada contoh berikut, detail pada dinding membuat ruang menjadi penuh karakter.

9. Kombinasikan berbagai batu alam

Kombinasi berbagai jenis batu alam, seperti batu tulis dan kuarsit akan membuat dinding Anda tampil menarik dan hidup loh. Apalagi jika Anda memadukan berbagai macam warna batu alam, lalu susun pada dinding.


10. Gaya campuran yang sempurna

Material gaya campuran dapat menghasilkan kombinasi yang menarik secara estetika. Inilah yang terjadi pada ruangan ini, di mana dinding batu dipadukan dengan perabotan modern, sehingga memunculkan pemandangan eklektik yang sangat mengundang.

11. Background batu bata

Background batu bata dengan batu timbul pada dapur seperti ini, menciptakan suasana pedesaan yang homey. Apalagi ruangan ini memadukannya dengan furnitur minimalis, sehingga menciptakan sinergi yang luar biasa. Dapur ini memiliki dinding bata yang jauh terlihat dari kesan kuno, merangkul pendekatan modern yang dilengkapi dengan unsur organik seperti meja kayu besar.

12. Padukan dengan cermin besar

Lengkapi kehadiran dinding batu di dalam ruangan Anda, dengan elemen lain yang menarik perhatian, contohnya seperti cermin pada ruang keluarga satu ini.

13. Lengkapi dengan lampu artistik

Sudut-sudut rumah dengan dinding bebatuan dan batu bata, akan tampil elegan jika Anda membuat pencahayaan yang menarik pada spot tersebut dan memilih lampu dengan bentuk artistik.

14. Sebuah ruang dengan banyak pesona

Bisa Anda bayangkan ruangan ini tanpa dinding batu di latar belakang? Ya, meskipun kayu yang dipilih untuk lantai dapat menetralkan dominan furnitur dan hiasan. Namun dinding batu memecah penglihatan aseptik ruangan tersebut dan menciptakan suasana yang nyaman.

15. Gunakan nat ubin untuk melindungi dinding batu bata

Interior Residential - Pomentia Residence RANAH Ruang Keluarga Gaya Industrial Brown
RANAH

Interior Residential – Pomentia Residence

RANAH

Nat ubin bisa digunakan untuk melindungi celah-celah antara bata ekspos agar tidak termasuki air. Selain itu, nat ubin dapat melindungi celah-celah tembok bata dari kelembapan, sehingga tembok tidak berjamur atau berair. Psst, warna dari nat ubin dapat memberikan efek warna yang dramatis loh pada keseluruhan interior ruangan.

16. Pintu masuk yang mewah

Últimos trabajos Spazio3Design Koridor & Tangga Modern
Spazio3Design

Últimos trabajos

Spazio3Design

Pintu masuk atau lobi adalah kontak pertama kita dan tamu dengan interior rumah. Konon dengan merawat tampilan ruang ini sangatlah penting untuk memberi kesan bagus dan memberikan sambutan yang layak. Menempatkan dinding batu di lobi pun akan jadi penyambut yang ideal.

17. Dinding batu tulis

Dinding batu tulis yang bisa dilebarkan sebagai pelengkap dinding dengan sisa setinggi setengah sehingga menimbulkan efek sekeliling yang menawan

18. Dinding batu pada area perapian

Area perapian adalah tempat yang menarik untuk menempatkan dinding batu. Perpaduan perapian dan tembok dinding batu sangat serasi!

19. Pakai batu, batu dan batu

Apakah Anda pecinta batu untuk urusan dekorasi rumah? Jadi kenapa membatasi di satu dinding saja? Kamar tidur satu ini mengaplikasikan semua dindingnya mengenakan material batu, dan justru membuat ruangan semakin inspiratif. Dan berikut 14 ide cemerlang hiasan untuk dinding kamar Anda.

20. Batu alam di kamar mandi

Dinding batu alam di kamar mandi ini merupakan tanda sempurna dari penggunaan batu sebagai ciri gaya pedesaan. Disertai balok langit-langit kayu dan detail lainnya seperti furnitur, toilet dan bahkan ceruk yang ditempeli tanaman, membuat kamar mandi ini penuh pesona.

21. Dinding bata timbul adalah sumber dari ruangan gaya industrial

Bata ekspos bisa menjadi opsi untuk mempertegas gaya desain interior industrial, rustic, atau tradisional.

Apa saja kelebihan dinding bata ekspos:

1. Menghemat dana pengeluaran renovasi, karena tidak perlu ongkos untuk acian, plester dan cat untuk melapisi dinding. Anda bisa melapisi dinding bata dengan cairan coating untuk menghindari timbulnya jamur pada permukaan dinding.

2. Dapat menciptakan suasana hangat dan natural pada ruangan.


22. Gunakan dinding bata untuk memisahkan area pada dapur

The Great Lodge | Large Grey Painted Kitchen with Exposed Brickwork Humphrey Munson Dapur Gaya Country
Humphrey Munson

The Great Lodge | Large Grey Painted Kitchen with Exposed Brickwork

Humphrey Munson

Betul sekali, untuk memisahkan area pada dapur, Anda bisa menggunakan dinding bata untuk menentukan kegunaan yang berbeda dari dapur. Selain itu, dinding batu bisa memberi kehangatan pada ruangan dengan luar biasa. Apalagi jika dikombinasikan dengan elemen lain, seperti pencahayaan alami, lantai kayu dan plafon.

23. Dinding batu alam di ruang tamu

Penggunaan batu alam bisa memperindah dinding ruangan. Material ini mampu membuat ruangan tampak alami dan sejuk. Namun perawatannya butuh perhatian khusus, seperti:

1. Bersihkan menggunakan material lembut, seperti spons, kain lembut atau sikat yang sangat lembut.

2. Lakukan pembersihan dengan cara memutar untuk menghindari permukaan batu alam tergores.

3. Gunakan air yang dicampur dengan sabun ber PH netral, seperti yang digunakan untuk mencuci piring.

4. Jika kotoran terdapat  di sekat-sekat batu, pakai sikat dan kuas untuk membersihkannya.

5. Jika coating terkelupas, lakukan proses coating ulang sebanyak tiga lapis.

24. Dinding batu alam susun sirih

Ini merupakan teknik penyusunan batu alam pada dinding. Biasanya batu alam dibentuk dalam ukuran 3×30 cm atau 3×40 cm. Lalu susun pada dinding dan hasilnya akan terlihat tekstur yang unik. Oh ya, dinding batu alam susun sirih ini menggunakan material batu andesit, batu Palimanan, batu Purwakarta, hingga batu cupang merah.

25. Terpusat untuk target

Pecinta dekorasi dengan warna putih tak perlu menyerah dengan dinding batuan atau batu bata timbul. Nyatanya, dinding batu bata di cat putih adalah salah satu elemen utama dari desain yang eklektik dan kamar tidur yang penuh karakter.

26. Kamar mandi unik dengan nuansa berbeda

 Tak hanya ruang keluarga, kamar mandi juga bisa kita aplikasikan dinding batu bata loh, yang akan membuat kesan industrial. Dan biarkan sisa dinding lainnya dengan desain polos, agar dinding batu bata tersebut menjadi focal point.

27. Dapur yang menawan

Walau selalu dikaitkan dengan adanya dinding batu bata dan batu dengan gaya pedesaan, kenyataannya adalah bahwa mereka bukan warisan eksklusif. Padahal dapur mencakup dinding dengan efek bata keramik yang memberikan karakter kontemporer.

28. Pesona dinding batu bata putih

Tembok bata identik dengan warna kemerahan, namun Anda bisa menghadirkan tampilan yang berbeda dan lebih kekinian. Contohnya dengan menampilkan bata putih dengan menggunakan cat. Agar tampil elegan, padukan dengan furnitur dan dekorasi berwarna hitam atau putih.

29. Dinding batu alam menggunakan granit

Selain batu marmer, Anda juga bisa menggunakan batu granit, yang dapat menciptakan kesan yang alami pada interior rumah. Area yang paling cocok untuk menggunakan dinding batu alam ini adalah kamar mandi dan dapur.



30. Dinding batu yang terekspos

Atribusi ini adalah yang paling bervariasi, dari sumber dekoratif hingga elemen sampai batas ruang, melewati dinding pemisah yang sederhana namun mengingat komponen estetikanya, dinding bata terlihat menambah atribusi lain dan mereka dapat menjadi peserta pameran yang sempurna. Dari desain interior indah rumah Anda.

31. Berbagai jenis batu alam gabungan akan memberi dinding Anda nuansa penuh keanggunan

Yuk, padukan berbagai jenis batu alam, lalu gabungkan semuanya di satu tembok. Tak perlu khawatir, dinding batu alam ini cocok untuk beragam jenis interior design, mulai dari interior minimalis, rustic, tradisional, hingga mediterania.

32. Padukan dengan balok kayu

Ruang tamu dengan dinding batu dapat dikombinasikan dengan elemen lain, seperti balok kayu atau perapian

33. Batu alam di seluruh dinding

Masing-masing dinding apartemen menarik ini ditutupi batu alam. Bertentangan dengan apa yang terlihat, pilihan lapisan ini memberi kesan karakter unik yang menyelubungi, menawarkan suasana yang nyaman dan akrab.

34. Kombinasi bahan

Ada resep yang bisa menjamin kesuksesan Anda. Dalam hal ini dinding batu alam dikombinasikan dengan lantai granit merah muda, dua bahan yang dekorasinya layak untuk jadi menu terbaik.

35. Bagian dari dekorasi

Batu bata sebagai bagian dari dekorasi eklektik, di mana loteng ini menghasilkan suasana kontemporer dan sangat pribadi.

36. Pesona batu alam

Entah di dinding, dua atau sepuluh, pesona dinding batu alam tak terbantahkan. Jika Anda suka membanjiri ruang karakter dan kepribadian mereka, jangan lupa untuk mempertimbangkan kemungkinan menempatkan dinding atau batu bata timbul untuk mencapat efek sensasional.

Yang tak kalah menarik!

Kamar Tidur A Tampak Depan unimony.id Kamar Tidur Minimalis
unimony.id

Kamar Tidur A Tampak Depan

unimony.id

Kamar tidur satu ini menggunakan konsep desain minimalis dan kontemporer, dimana memakai unsur bata ekspos pada dinding dengan warna asli, untuk membuat kondisi kamar lebih hangat.

Penataan wardrobe, tempat tidur dan meja kerja pun disesuaikan dengan kondisi ruangan. Dan tak lupa, ahli kami menggunakan vinil pada lantai guna untuk membuat ruangan lebih hangat dan nyaman.


Ruang kerja yang unik

Personalisasi ruang kerja unimony.id Kantor & Toko Gaya Industrial
unimony.id

Personalisasi ruang kerja

unimony.id

Ruang kerja tampak depan ini menggunakan dominan warna merah bata dan cokelat yang dipadukan dengan elemen dinding bata berwarna putih. Ruang kerja ini menggunakan desain interior minimalis dan ditempatkan sebuah motor, yang menjadikannya sangat unik! Sang pemilik yang hobi akan motor klasik, bisa membuat suasana kerja menjadi lebih semangat dengan menambahkan elemen-elemen yang sangat mencerminkan pemiliknya.

Nah, ruangan mana yang jadi favorit Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian