Teras by 함프리

7 Langkah Mengubah Ruangan Terlantar Jadi Taman Cantik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Setiap rumah pasti memiliki ruang mati, yaitu sebuah ruangan yang tidak bisa dimanfaatkan untuk keperluan apa pun karena terlalu sempit, atau karena ruangan itu digunakan untuk menyimpan peralatan pendukung aktivitas rumah tangga. Salah satunya adalah boiler room atau ruang pemanas, di mana mesin pemanas ruangan diletakkan. Ruangan seperti ini memang tidak lazim ditemukan di hunian orang Indonesia. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan adanya ruang mati di rumah Anda. Coba perhatikan sekeliling hunian Anda sekarang, adakah ruang mati yang menganggu pandangan? 

Penataan ulang ruang pemanas karya desainer Ham Frees di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda. 

1. Kondisi ruang pemanas sebelum ditata ulang

Ruang pemanas ini terletak di sudut ruang tamu sebuah rumah yang dibangun 20 tahun lalu. Area seluas 56 meter persegi ini sebelumnya digunakan sebagai ruang cuci atau gudang. Bagaimana mungkin menyulap area ini jadi taman cantik? 

2. Langkah pertama

Proses mengubah penampilan ruangan terlantar menjadi teras menawan tidak mudah. Awalnya desainer menempatkan beberapa jenis bunga kering di sini. Namun hasilnya kurang memuaskan karena warnanya tidak serasi dengan ubin dan kusen jendela ruangan ini. 

3. Stiker jendela

Desainer kemudian memutuskan untuk memanfaatkan stiker jendela. Jendela telah diukur dan dicatat agar stiker bisa disesuaikan dengan ukuran jendela. Stiker pun bisa menempel di jendela dengan sempurna berkat bantuan listrik statis. Agar tampak lebih rapi, Stiker di bagian paling atas telah dirapikan dengan selotip dua sisi. Lihatlah perbedaan antara jendela lama (kiri) dan jendela baru (kanan), manakah yang lebih keren? 

4. Mengganti ubin

Lantai lama yang berwarna merah perlu diganti, karena tampak telah usang dan kurang menarik. Ubin baru berukuran 15 x 15 cm dan dibutuhkan sekitar 40 boks ubin untuk ruangan ini. 

Pertama, ubin lama dilepas. Lalu semen diaplikasikan di bagian belakang tiap ubin baru dan dipasang. Area lantai ruangan ini tidak rata dan tidak dilengkapi saluran air, lebih baik gunakan semen untuk merekatkan ubin baru. Sambil menunggu semen mengering, sela-sela ubin juga bisa diisi dengan semen sama seperti ubin lama. Setelah selesai, sisa semen bisa dibersihkan menggunakan spons. 

Penggunaan bilah ubin adalah solusi jika Anda tidak ingin bersusah payah melepas ubin lama dan memasang ubin baru. Meski demikian, faktor kenyamanan dan karakteristik ruangan juga perlu dipertimbangkan. 

5. Setelah ditata ulang

Proses di atas akhirnya berhasil menciptakan sebuah bilik rahasia yang serasi dengan ruang tamu manis, dan dimanfaatkan sebagai ruang bersantai. Ruangan baru yang bisa dilihat sekilas dari balik pintu memberi warna berbeda pada ruang tamu dan menarik perhatian. 

Mengubah ruang terlantar jadi aduhai bukan perkara sulit untuk ahli kami. Ikuti detilnya di sini

6. Taman daur ulang

Jika diperhatikan dengan seksama, baru kita menyadari kalau vas bunga kering di ruangan itu adalah botol bekas bir. Sebuah ide mendaur ulang yang sederhana, hemat biaya, dan berhasil meningkatkan nilai visual ruangan. Sempurna untuk Anda yang ingin menambahkan nuansa vintage di sekitar. Namun botol-botol ini tidak cocok jika diletakkan di atas meja atau rak. tempat paling cocok untuk memajang hiasan ini adalah di atas lantai. 

Benda daur ulang apa saja yang bisa mempercantik taman? Simak jawabannya di sini

7. Ruang mati yang hidup kembali

Ruang mesin pemanas yang luasnya tak lebih dari 56 meter persegi telah berubah menjadi taman rahasia. Sebuah sandaran papan tulis turut memperkuat nuansa klasik di ruangan ini. 

Tidak perlu lahan bermeter-meter untuk memiliki taman impian. Lihat beberapa contoh taman dengan luas terbatas di sini

Apakah Anda juga memiliki ruang mati di rumah? Jika ya, apa yang Anda lakukan untuk memaksimalkan fungsinya? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!