by The garden pod company

Rumah Kapsul Nyaman Huni, Efisien, dan Serbaguna

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Apa itu rumah? Dalam arti fisik sederhana, rumah dapat dipahami sebagai ruang di mana orang melakukan aktivitas dasar yang diperlukan, untuk kehidupan sehari-harinya. Tapi kini masalahnya, nilai-nilai dunia dan pengertian sosial, telah berubah. Jadi saat ini, konsep rumah telah berubah dari yang kita tahu dulu. 

Dibandingkan satu dekade lalu, kita sebagai manusia, telah lebih sering dan lebih banyak bergerak, juga telah mengurangi jumlah isi rumah. Jadi citra rumah yang absolut dulu kini perlahan melunak, dan terutama jika tinggal di perkotaan, kita bisa merasakan perubahan konsep rumah yang kini hanya sebagai kulit.

Dan hari ini, kami ingin mengajak Anda datang ke The Ford House – sebuah rumah dengan image kapsul, yang dapat menampung satu atau dua orang, dan sebuah rumah yang juga dirancang agar dapat menjadi rumah pribadi tambahan di halaman Anda. Mari kita lihat bersama rumah yang dirancang oleh The Garden Pod Company, perusahaan arsitektur hunian ramah lingkungan di Inggris ini.

1. Skala dan Penggunaan Rumah

Rumah ini memiliki ukuran panjang 6,75 meter, tinggi 2,65 meter, dan lebar 4 meter, dengan luas total 30 meter persegi. Rumah Ini terlihat compact, minimalis, dan mobile

Dengan biaya desain dan pemasangan sekitar 530 juta rupiah, rumah ini dapat dimanfaatkan sebagai rumah untuk mewujudkan kehidupan minimalis seseorang, juga dapat dijadikan rumah terpisah untuk melengkapi ruang interior rumah utama yang kurang, plus, dapat dimanfaatkan sebagai cottage untuk menikmati masa-masa liburan – sebuah ide yang dapat Anda wujudkan, dengan memodifikasi gudang tua Anda.

2. Desain yang Disesuaikan Kebutuhan

Apa yang harus menjadi bagian terpenting dari sebuah rancangan rumah kecil seperti ini? Pada dasarnya, sebuah rumah harus dapat dihuni untuk hidup, serta ekonomis – masuk akal. Dan yang juga penting, adalah pemahaman mengenai indoor space, yang seringkali dilupakan orang-orang. 

Dalam proses mengisi rumah – terutama yang kecil – kita harus benar-benar memperhatikan fungsi dan kebutuhan hidup kita. Ada orang yang lebih mementingkan ruang kerja daripada kamar tidur, dan ada juga yang mengutamakan kamar mandi daripada ruang keluarga. Itu sebabnya berkonsultasi dengan para ahlinya, Anda harus aktif berpartisipasi dalam mengatur ruang interior. Sehingga, kebutuhan, pola hidup, dan bagian-bagian penting dalam hunian Anda, dapat diwujudkan dalam desain rumah.

3. Ruang Interior: Kamar Tidur Klasik

Seperti yang dapat Anda lihat dari luarnya, The Ford House memiliki batas-batas rumah melengkung. Dengan kata lain, ruang interior rumah ini tidak berbentuk persegi panjang, tapi ruang dengan dinding dan langit-langit yang juga melengkung. Sekarang, mari kita masuk ke dalam rumah ini. 

Bagian dalam rumah kacang polong ini, disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemiliknya. Dinding, langit-langit dan tempat tidur diberi cat putih, di mana struktur tempat tidur, lemari, juga furnitur kecil yang ada di ruangan ini, dibuat secara khusus. Dan sebagai sentuhan akhir, pemilik rumah juga menambahkan wallpaper berpola klasik dengan warna abu-abu, untuk menciptakan suasana yang tenang, meneduhkan.

4. Custom Made Furniture

Bicara mengenai perabot atau furnitur, ini adalah sebuah lemari custom-made, yang dibuat untuk menyesuaikan struktur rumah yang melengkung, juga warna dan area kamar tidur. Melihat ke dalam, tergambar jelas bahwa penempatan dan cara penyimpanan pakaian, benar-benar sudah dipikirkan. Sekali lagi, sangat penting untuk menjadi lebih detil terhadap hal-hal apa saja yang kita butuhkan dan juga gunakan saat merancang dan membuat sebuah rumah kecil, dan membuat desainnya dengan tepat.

5. Komposisi Interior: Ruang Keluarga Monotone

Sekarang mari keluar dari kamar tidur, dan melihat ruang keluarga rumah ini. 

Seperti kamar tidur, dindingnya melengkung, dan langit-langitnya berwarna putih. Di tengah ruang ada sofa hitam dengan bantal berlapis penutup berwarna putih dan abu-abu. Dinding tempat sofa bersandar juga diberikan warna abu-abu yang memberikan nuansa yang nyaman. Dan terakhir dipasang sebuah jendela di sisi kanan, yang membuat rumah memiliki perputaran udara yang baik.

6. Kamar Mandi: Pemanfaatan Ruang dengan Cara Dipadatkan

Dari perlengkapan mandi yang umum sampai bilik shower – kamar mandi rumah ini terbilang lengkap. Ya. Meski ukurannya kecil, tapi kamar mandi dirancang sedemikian rupa, agar tidak ada perangkat kebersihan tubuh yang tertinggal, dengan cara memadatkan ruangan. 

Di sini kita memang tidak melihat sebuah ruang dengan desain atau gaya yang penuh warna. Karena tujuan utamanya adalah membuatnya benar-benar berfungsi dengan efisien terkait area yang kecil, dan selanjutnya, membangun citra ruang yang bersih dan higienis. Di sini pemilik rumah juga menggunakan warna abu-abu dan putih secara bergantian, untuk melengkapi kamar mandi yang modern.

Tulis pendapat Anda di kolom komentar, ya!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!