Koridor dan lorong by MOB ARCHITECTS

14 Ide untuk Renovasi Kering Bagi Rumah

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Pernah mendengar istilah renovasi kering? Renovasi kering dan penggantian furnitur di dalam rumah menggunakan bahan yang sudah dibuat menyatu dengan rumah sehingga tidak lagi diperlukan pekerjaan semacam melepas lantai atau menggunakan semen yang perlu waktu untuk kering. Material prefabrikasi menggunakan bahan-bahan yang merekat dan mengering, dipakukan atau ditempelkan menggunakan struktur yang sudah terbentuk dan dapat dipindahkan untuk digunakan kembali sesuai kebutuhan. 

Renovasi yang demikian pun menjadi renovasi rumah yang cepat berlangsung serta lebih ekonomis karena tidak mengeluarkan banyak biaya dan bahkan penghuni masih bisa tetap tinggal di dalam rumah selama renovasi berlangsung. Bahan yang paling sering digunakan untuk renovasi demikian adalah papan plaster yang sangat banyak kegunaannya dan tahan lama serta memungkinkan dibuatnya tembok, langit-langit, rak dan rak yang menyatu dengan dinding, begitu juga dengan panel dekoratif. Dengan memperbaikinya tanpa menggunakan bahan basah, sangat mungkin juga untuk menciptakan ruangan pada dinding, langit-langit dan lantai untuk menjadi tempat penyimpanan kabel elektrik, pipa maupun sistem ventilasi. Material lainnya seringkali digunakan untuk dinding dan pelapis lantai antara lain adalah kayu, metal, kaca dan material lain yang memungkinkan adanya simulasi efek alamiah macam kayu dan batu.

1. Tempat santai yang terang dan bercahaya

Di area rumah berikut yang merupakan karya EF_ARCHIDESIGN, dapat dilihat penggunaan papan plaster yang memungkinkan adanya sistem pencahayaan yang menonjolkan cerahnya ruangan serta indahnya furnitur yang didominasi warna-warna muda. Integrasi pada bingkai dinding menciptakan pergerakan dan harmonisasi dengan layar televisi yang tersedia. Lantai dengan efek warna mudah juga konsisten dengan seluruh areanya.

2. Lebih muda dan bercahaya bagi lapisan kayunya

modern Living room by Eleni Lighting
Eleni Lighting

Soggiorno con veletta per led EL701

Eleni Lighting

Bahkan di ruang tamu yang satu ini, ELENI LIGHTING memungkinkan adanya sistem pencahayaan pada langit-langit yang tidak menonjolkan atmosfer hangat karena penggunaan kayu berkat digunakannya plasterboard.

3. Membagi ruangan

Di dalam dapur terbuka di area sudut ruang tamu ini, penurunan langit-langit dengan pencahayaan membatasi subdivisi pada ruangan, menciptakan pembagian yang ideal antara dapur dan ruang tamu berikut dengan lantai. Proyek ini direalisasikan oleh ROBERTA DANISI.

4. Selera dan desain yang rasional

Di dalam ruangan tamu yang didesain oleh FABIOLA FERRARELLO ini, dapat diperhatikan adanya ruangan yang cerah berkat kontrasnya warna putih dengan warna cokelat yang hangat. Yang perlu diperhatikan adalah pelapis resin pada cerobong, dinding semi terbuka dengan rak plasterboard, langit-langit dengan pencahayaa yang dibangun permanen dan memiliki saluran udara serta perpustakaan, yang juga terbuat dari pelapis berbahan plasterboard dan mengikuti volume dari kamar mandi tamu.

5. Dengan gaya yang elegan

Pada area terbuka ini, dapat dilihat adanya warna abu-abu sederhana yang melembutkan cerahnya furnitur. Dengan lantai batu berwarna putih porselen, tercipta kesan hangat pada warna abu-abu yang dingin. Pada dinding yang dilapisi dengan kertas dinding bunga-bunga namun bergaya modern, terlihat adanya komposisi rak yang fungsional sekaligus dekoratif dengan bagian bawah yang menggantung. Ide brilian lainnya juga hadir dalam bentuk langit-langit plasterboard yang menggantung dengan pencahayaan LED yang membingkai dan menonjolkan langit-langit yang terbuat dari bahan yang reflektif.

6. Kelembutan garis lengkung

Keserbabisaan material yang digunakan memberikan ruang kreativitas bagi para desainer dan dekorator. Dalam lingkungan yang didesain oleh MOB ARCHTECTS, dapat dilihat adanya dinding melengkung, rak dan permukaan atas yang sejajar memberikan pergerakan dan kelembutan pada keseluruhan ruangan.

7. Sentuhan rustic pada penataan modern

Pada ruang tamu modern yang dibuat oleh FRANCESCO ANTONIAZZA ini, dapat dilihat bagaimana dinding batu memberikan kesan mengundang secara menyeluruh. Bahkan dalam kasus berikut ini, pencahayaan yang dipasang di langit-langit buatannya membuat cahaya ruangan menjadi jelas dan seragam.

8. Dapur bergaya industrial

 Dapur by B&B Rivestimenti Naturali
B&B Rivestimenti Naturali

Una cucina in stili industriale con i mattoni faccia a vista Genesis

B&B Rivestimenti Naturali

Tidak hanya ruang tamu yang dapat direnovasi kering, dapur oleh B & B NATURAL COATINGS ini juga menunjukkan kemungkinannya. Dapur menjadi secara efektif memiliki pencahayaan maksimal yang dibangun pada langit-langit buatan dan lapisan dinding batanya memiliki karakteristik dan persona dekorasi modern. Efek kayu pada lantai menambah kesan alami pada seluruh pengaturan.

9. Modern dan terang

 Dapur by Modularis Progettazione e Arredo
Modularis Progettazione e Arredo

Cucina bianca con isola centrale e cappa in acciaio

Modularis Progettazione e Arredo

Berikut ini contoh lainnya oleh MODULARIS, mengenai bagaimana dapur modern dapat membantu terciptanya ruangan yang cerah dan fungsional karena adanya langit-langit buatan. Dekorasinya yang serba putih menciptakan kehangatan dari warna alami pada lantai kayu.

10. Koridor yang modern dan terang

Pada koridor berikut hasil desain ELENI LIGHTING, dapat dilihat profil desain yang menyebar ke seluruh dinding dan sistem pencahayaannya yang membuat lorong menjadi cerah dan orisinil.

11. Desain secara khusus di kamar mandi

Dalam proposal desain oleh CLAUDIO CRISCIONE DESIGN DESIGN LABORATORY, dapat dilihat bagaimana dinding yang menggantung dan lengkap membuat kamar mandi menjadi lebih nyaman dan fungsional, memungkinkan desain khususnya yang elegan dan orisinil.

12. Kamar tidur yang sederhana dan kreatif

Di dalam kamar tidur buatan SPAGHETTICREATIVE berikut, dapat dilihat bagaimana sederhananya furnitur sangat serasi dengan dekorasi modern orisinil. Perhatikan bagaimana dinding di belakang tempat tidur terbuka mengarah ke ruangan dan menciptakan pembagian serta pada saat yang bersamaan menjadi kepala tempat tidur yang orisinil untuk tempat tidur.

13. Nyaman dan fungsional

Pada gambar yang satu ini dan berikutnya, dapat dilihat dua proposal desain oleh BENIAMINO FALITI untuk kamar tidur. Pada gambar ini, terlihat adanya dinding kayu dan lantai yang tidak membuat rumah terkesan panas dan malah membuat atmosfer lebih nyaman. Pelapis dindingnya mengakomodasi pencahayaan dan menyediakan rak dengan panjang yang cukup.

14. Dinding dekortif

Dapat dilihat dalam contoh berikut bagaimana dekorasi yang sederhana dan modern diciptakan oleh kombinasi panel kayu yang melapisi dinding dan dekorasi yang terbuat dari banyak gambar-gambar kecil yang dibingkai dengan bingkai besar bernuansa metal. Profil bercahaya ini melalui hingga bagian atas dinding dan menambahi kesan modern.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!