by homify

7 Tips Membersihkan Rumah Dengan Cepat dan Efektif

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Memiliki rumah yang bersih dan sehat adalah impian semua orang. Tapi jika kita terus-terusan suka malas membersihkan, debu dan bakteri yang menempel tentu jadi sarang penyakit. Tidak mau kan orang-orang yang kita sayang menjadi sakit dan merasa tidak nyaman berada di rumah yang kotor. Nah, dari sekarang mulai rajin yuk untuk bersih-bersih, dan Anda bisa mengintip beberapa tips untuk membersihkan rumah dengan cepat dan efektif.

1. Ganti Sprei dan Vakum Tempat Tidur Anda

  by homify

Kasur yang kita tempati setiap hari akan dipenuhi dengan sel-sel kulit mati dan keringat kita, area ini jadi tempat favorit kuman, kutu dan bakteri berkumpul. Seorang ahli mikrobiologi dari University of East Anglia merekomendasikan untuk mencuci sprei minimal seminggu sekali, menggunakan air panas dengan suhu 60 derajat Celcius. Nah, air panas berfungsi untuk membunuh bakteri.

Memvakum tempat tidur juga menjadi agenda wajib. Lakukan setidaknya dua minggu sekali, yang berguna untuk mengangkat debu dan menghilangkan jamur. Kebayang kan kenapa suka gatel-gatel dan bersin? Nah, sudah saatnya Anda rutin dan rajin membersihkan area tempat kita beristirahat.

2. Bersihkan Lantai Kayu Dengan Air Hangat

  by homify

Lantai kayu memang memberikan kesan hangat dan alami pada hunian kita. Tapi tahukah Anda, lantai kayu rentan rusak jika tidak dirawat dan memiliki sifat mudah lembab, sehingga debu dan kotoran lebih susah dibersihkan.

Untuk membersihkannya Anda harus rajin menyapu lantai setiap hari dengan sapu berbulu lembut. Bisa juga menyedot debu menggunakan vacum. Untuk menghilangkan kotoran yang menempel, gunakan lap pel kering. Dan yang tidak kalah penting agar lantai kayu awet, sebaiknya mengepel dengan mencampurkan pembersih lantai kayu dengan air hangat.

3. Cara Membersihkan Spons dan Kain Lap

  by homify

Tidak ada gunanya membersihkan rumah dengan lap dan spons tua yang penuh bakteri! Cara yang benar untuk mencegah hal ini adalah rendam kain lap dalam larutan deterjen dan jemur. Setiap kali selesai dipakai selalu bentangkan di jemuran atau ditempat biasa menggantungnya. Ini berguna untuk mencegah lembap yang jadi sarang perkembangbiakan bakteri.

Untuk spons, rendam di dalam air panas bercampur detergen, diamkan beberapa saat dan remas-remas ketika membilasnya dengan air. Bingo! Kain lap dan spons Anda sekarang menjadi bersih dan higienis!

4. Bersihkan Dinding Kamar Mandi Dengan Cuka dan Lemon

  by homify

Selain dapur, kamar mandi menjadi tempat paling kotor, yang mengandung bakteri dan kuman jika jarang dibersihkan. Bagian dinding lumayan sulit dibersihkan apalagi jika ada kerak atau noda yang menempel. Bagaimana cara membersihkannya?

Menggunakan cuka putih: Semprotkan cuka pada dinding kamar mandi, diamkan sesaat lalu siram dengan air panas sembari digosok menggunakan sikat. Diamkan kembali baru bilas hingga bersih.

Menggunakan Lemon dan Air Panas: Gosokkan lemon pada dinding yang berkerak dan bernoda. Lalu siram dengan air panas secara hati-hati, kemudian gosok memakai kawat aluminium dan bilaslah hingga bersih.

5. Jangan Menunda Mencuci Piring

  by homify

Ya, kita tahu betapa sulitnya membersihkan piring kotor setelah digunakan, terutama saat kita lelah atau terburu-buru. But did you know? Tempat cuci piring itu mengandung bakteri 100.000 kali lebih banyak daripada bakteri di kamar mandi. Hiii serem banget kan? Itulah sebabnya lebih baik segera mencuci piring ketika selesai dipakai, untuk menghindari bakteri dan virus, dan juga agar dapur tetap bersih dan sehat.

6. Jangan Lupakan Membersihkan Stir Mobil

  by homify

Sekalipun mobil sering dibersihkan, tapi jangan dipikir kuman tidak akan terus bersarang di dalamnya, terutama pada bagian stir. Dikarenakan kebiasaan menyetir sambil makan atau kondisi tangan yang kotor, penelitian menunjukkan bahwa rata-rata stir ternyata tujuh kali lebih kotor dibandingkan dudukan di toilet umum. Wah, serem banget! Jadi jangan malas membersihkannya dengan cara menyemprotkan cairan pembersih pada setir. Diamkan beberapa menit lalu lap menggunakan kain bersih. Gosok dengan lembut hingga kotoran menghilang.

7. Membersihkan Filter AC

  by homify

AC yang belum diservis bisa membuat udara yang tidak baik di dalam rumah kita. Nah, beberapa AC sekarang memudahkan kita untuk membuka filternya dengan tangan, tanpa butuh peralatan. Untuk membersihkan filter, gunakan lap yang sudah dibasahi sedikit air atau menghisap debu dan kotorannya dengan menggunakan vacuum cleaner. Ini sangat sederhana dan Anda dapat menghemat biaya perawatan.

Jadi sudahkah Anda membersihkan rumah dan kamar Anda hari ini?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!