Rumah by homify

7 Bahan Bangunan Hemat Biaya Untuk Rumah Impian Anda

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Bila mengacu pada konstruksi perumahan, orang sering memikirkan beton, lantai semen, atap genteng,rangka besi dan mungkin batu bata. Tapi saat mencari bahan dengan harga terjangkau, mungkin material di atas bukan menjadi prioritas.

Rumah yang sempurna memiliki desain berkelanjutan yang terbuat dari bahan yang tidak terlalu mahal sekaligus mempunyai tujuan menghemat energi dan air dalam kehidupan sehari-hari sambil tetap menciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan aman.

Buku ide kali ini homify akan memberikan bahan bangunan yang cukup murah sebagai alternatif dalam pembangunan rumah impian Anda. Apa saja itu?

1. Batu bata

Bata adalah salah satu bahan yang paling populer untuk membangun rumah dengan biaya sangat rendah dengan tetap menjaga kesenian dan kesederhanaan setiap rumah. Bata juga merupakan pilihan utama karena dapat mengatasi segala macam cuaca ekstrem. Menggunakan bahan ini akan membantu Anda memastikan rumah Anda terlindungi. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahan bangunan, Anda dapat segera menghubungi spesialis konstruksi homify untuk mendapatkan saran yang antusias.

Bata juga merupakan bahan yang sangat serbaguna dalam ukuran dan bervariasi dalam warna serta bentuknya. Apakah Anda mencari gaya modern atau tradisional, penggunaan batu bata bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Kayu

Kayu adalah bahan serbaguna dan beragam dalam ukuran, warna, pola, tekstur. Bahan isolasi ini membantu menciptakan udara sejuk di dalam rumah. Anda bisa menggunakan kayu untuk banyak area dalam ruangan. 

Selain itu, jenisnya yang beragam memberikan penawaran harga yang beragam pula. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah menemukan yang paling sesuai dengan anggaran Anda.

3. Plat baja

 Ruang Makan by Boué Arquitectos
Boué Arquitectos

Departamento 15

Boué Arquitectos

Meski kerugian dari bahan ini adalah kedap suara, namun material ini tetap disukai dalam membangun rumah model kontainer dengan cara yang lebih atraktif. Rumah kotak ini cocok untuk rumah-rumah di dekat laut atau bahkan di dataran. 

Baja adalah bahan bangunan yang relatif murah dengan ketahanan panas dan sulit untuk menjadi usang. Anda juga bisa memadukan bahan ini dengan plester, kayu, batu atau batu bata.

 Rumah by homify

Plat baja dalam bentuk kontainer fleksibel ini bisa di aplikasikan di berbagai area rumah. Sangatlah mudah merancang rumah kotak dengan jendela dan pintu penuh. Biaya rendah, mudah digunakan, fleksibel dalam konstruksi dan perawatan yang mudah adalah fitur unggulan yang menjadikan bahan ini menjadi pilihan terbaik.

4. Campuran tanah liat

Salah satu aspek khusus rumah Spanyol kuno adalah kemampuan beradaptasi dengan iklim untuk menciptakan ruang hidup yang nyaman dan sehat. Salah satu bahan paling populer yang digunakan untuk mencapai karya seni adalah gerabah.  Ini adalah produk jadi yang menggabungkan tanah liat, lumpur,  dan pasir  yang dikeringkan di bawah sinar matahari untuk dicetak menjadi batu bata.

Dengan keunggulan ketebalannya, bahan ini membantu menjaga iklim di rumah stabil di setiap musim seperti hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas. Dengan bahan serbaguna dan mudah digunakan ini, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa berkonsultasi dengan spesialis. Selain itu, Anda juga bisa berkoordinasi dengan bahan kayu untuk menciptakan langit-langit yang mengesankan.

5. Masonry (susunan batu)

Susunan batu adalah sebuah metode yang dipakai pada bangunan kuno, penggunaan bahan ini terutama berkisar ikatan dan ikatan komponen bersama-sama.

6. Kombinasi

Desain selanjutnya adalah kombinasi dari berbagai bahan. Seperti yang terlihat di atas, struktur internal terdiri dari kolom baja dan aluminium serta kayu dan plester. Semua bahan dilapisi dan dicat serta tata letak fiberglass kedap suara.

Manfaat dari bahan ini adalah kecepatan penyelesaian proyek dengan sangat cepat, hanya beberapa minggu Anda memiliki rumah baru untuk Anda. Selain itu, penggunaan bahan ini mudah dipelihara dan diperbaiki. Desainnya juga fleksibel dalam penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan pemilik rumah yang berbeda.

7. Tanah liat

 Rumah by Juan Carlos Loyo Arquitectura
Juan Carlos Loyo Arquitectura

Amatenango del Valle – Programa VACA / Juan Carlos Loyo Arquitectura

Juan Carlos Loyo Arquitectura

Sebagai bagian raksasa, kita bisa membangun dinding tanah liat dengan fondasi batuan untuk menciptakan kepastian dan keberlanjutan.

 Rumah by Juan Carlos Loyo Arquitectura
Juan Carlos Loyo Arquitectura

Amatenango del Valle – Programa VACA / Juan Carlos Loyo Arquitectura

Juan Carlos Loyo Arquitectura

Keuntungan dari bahan ini adalah kesegaran, kebersihan, dan kehangatan alami menciptakan suasana bersahabat bagi semua orang yang tinggal di sekitar daerah tersebut. Tanah liat, jerami, lumpur, batu dan kayu adalah bahan tidak hanya untuk perumahan tetapi juga bagi kita untuk lebih dekat dengan alam.

Setelah memilih bahan jangan lewatkan desain rumah yang sesuai dengan karakter Anda dalam buku ide berikut.

Tips Membangun RUmah Dengan Sentuhan Kepribadian Anda

9 Rumah Dalam Berbagai Gaya Dan Ukuran Yang Cocok Untuk Semua Keluarga

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!