Ruang Keluarga by Design for Love

8 Hal Yang Dapat Membuat Kualitas Udara Dalam Rumah Buruk

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Negara kita yang beriklim tropis kerap kali membuat keadaan rumah menjadi panas. Tidak mengherankan jika setiap rumah sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan untuk membuat udara di dalamnya sejuk dan nyaman. Namun ada beberapa hal yang tidak kita sadari dan kerap kita lakukan justru membuat udara di dalam rumah kita tidak baik bagi kesehatan. Ingin tahu apa sajakah itu?

1. Filter AC Jarang Dibersihkan

  by homify

AC yang sudah lama tidak diservis menjadi salah satu penyebab AC tidak menjadi dingin. Tapi jangan lupakan saringan filter udara yang jarang dibersihkan akan dipenuhi debu yang semakin menumpuk dan juga berjamur. Selain mengakibatkan debit volume udara jadi lebih kecil pada proses pendinginan, udara dalam ruangan Anda pun juga tidak baik bagi kesehatan, ikut tercemar mengingat debu yang menumpuk di dalam AC. Jadi baiknya bersihkan filter udara pada AC setidaknya 1-3 bulan sekali.

2. Suhu Ruangan Yang Ideal

Suhu paling ideal untuk tubuh kita yaitu jangan terlalu dingin ataupun terlalu panas. Apalagi jika Anda memiliki bayi, ada baiknya gunakan pendingin ruangan dengan suhu yang tidak jauh berbeda dengan suhu di luar rumah. Contohnya Anda dapat mengatur suhu AC menjadi suhu ruangan yang ideal, yaitu 24-26 derajat celcius.

3. Tidak Memanggil Teknisi Untuk Merawat dan Menservis AC

Tidak dipungkiri jika panas terik di Indonesia membuat kehadiran AC sangat didambakan. Namun jika dipakai terus-terusan tanpa dirawat dengan benar, pendingin ruangan Anda pasti akan cepat rusak. Oh ya, jika memasang pendingin ruangan pastikan pintu selalu ditutup kembali. Jika terbuka AC akan menurunkan suhu di dalam ruangan, yang akan berimbas pada kerja kompresor yang terus bekerja menjaga suhu ruangan agar sama dengan suhu remote. Nah, untuk itu Anda perlu bantuan teknisi yang akan membantu merawat dan memeriksa kondisi freon AC Anda. Panggilah teknisi minimal setiap tiga bulan sekali.

4. Membuka Jendela Sepanjang Hari dan Malam.

Membuka jendela memang sangat penting, apalagi ketika pagi hari untuk penggantian udara di dalam ruangan. Namun masih banyak orang yang kerap membuka jendela sambil memasang AC. Jadi ada baiknya jika sudah memasang pendingin ruangan, tutuplah jendela dan pintu agar rumah menjadi sejuk, dan mesin AC pun tidak bekerja keras untuk menyesuaikan dengan suhu diluar ruangan.

5. Tidak Memasang Kipas Angin Pada Langit-Langit

Tidak, justru sebaliknya jika kamar Anda sangat luas sebaiknya pasanglah kipas angin pada langit-langit kamar (ceiling fan). Ini sangat berguna untuk membantu peningkatan sirkulasi udara pada ruangan, yaitu dengan mengganti udara yang kotor dengan udara yang lebih bersih dan lebih segar dari luar ruangan. Dibandingkan dengan penggunaan AC, penggunaan kipas angin dirasa lebih menyehatkan dan juga memberikan kenyamanan pada ruangan Anda.

6. Selalu Menutup Rapat Jendela dan Pintu Kamar

Agar udara dapat masuk kedalam ruang setiap hari, bukalah pintu dan jendela kamar Anda. Tentu hal ini dilakukan jika Anda sedang berada di rumah ya, hehe.. Tidak disarankan jika sedang bepergian. Dengan membuka pintu kamar dan jendela, manfaatnya banyak sekali loh diantaranya ruangan tidak menjadi sumpek, udara dapat mengalir bebas, udara akan berganti dengan udara baru yang menyegarkan, dan rumah Anda pun menjadi lebih sehat.

7. Tidak Mengatur Suhu Pendingin Ruangan Dengan Benar Pada Malam Hari

Pada malam hari suhu tubuh kita akan berubah, karena itu suhu udara harus disesuaikan. Terlalu dingin juga tidak baik bagi kesehatan dan pastinya tagihan listrik turut membengkak. Nah, Anda bisa mengatur suhu AC sesuai kenyamanan anda. Jika suhu malam hari turun menjadi 22 derajat Celsius atau lebih rendah, anda dapat mengatur suhu AC menjadi 25 derajat Celsius. Jadi suhu kamar anda akan selalu nyaman.

8. Tidak Menempatkan Tanaman Dalam Ruangan

Tanaman tidak hanya memberikan efek suasana yang mengademkan dan menyejukkan mata, namun tanaman juga dapat menghasilkan lebih banyak udara segar. Saran kami tempatkan beberapa tanaman mini dalam ruangan Anda, bisa di ruang tamu, ruang makan, kamar atau bahkan kamar mandi. Tidak hanya menghasilkan oksigen yang baik bagi kesehatan, ruangan Anda pun akan terlihat lebih manis dan asri

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!