by PHU Bortnowski

Renovasi Teras 30 Meter Persegi dengan Gaya Vintage

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Terkadang, perubahan kecil di area pintu masuk utama atau teras, sudah bisa memberikan efek yang sangat mengejutkan. Karena itu, sebaiknya kita tidak membiarkan kebun depan atau teras kita terbengkalai. 

Ya. Lantai teras yang retak atau pecah, apalagi tergenang air, tidak hanya tidak indah, tapi juga berbahaya – Anda bisa tergelincir, dan melukai diri sendiri. Dan selain itu, area pintu masuk yang terabaikan, selain dapat menghalangi Anda dan anggota keluarga yang lain, juga akan mengganggu kenyamanan tamu-tamu Anda. 

Itu sebabnya pada Buku Ide kali ini, kami menampilkan sebuah proyek renovasi teras, yang dapat menginspirasi Anda untuk membuat rumah Anda menjadi semakin menyenangkan, dan juga cantik. 

Enjoy! 

Teras Sebelum Renovasi: Area yang Tidak Rata

Sebelum arsitek profesional memecahkan masalah pada hunian ini, kita dapat melihat permukaan tanah hunian yang benar-benar tidak rata. Dengan area yang relatif kecil, sekitar 30 meter persegi, pemilik rumah benar-benar telah mengabaikan perawatan halamannya sendiri. Jelas terlihat bahwa daerah ini tidak hanya sangat bergelombang, namun juga tercemar. Karena substrat yang lembut dan drainase yang buruk, tanah ini berlumpur, yang mana menjadi ancaman bahaya yang serius. Satu langkah yang salah, Anda bisa mendarat di genangan yang tidak menyenangkan. Dan kami tidak perlu menambahkan betapa berbahayanya area ini bagi orang tua jika mereka terjatuh, bukan? Anda pasti tahu itu.

Pintu Menuju Ruang Keluarga

Di sisi yang sama dari fasad, terdapat pintu masuk utama yang langsung menuju ruang keluarga, yang dituntun oleh tangga-tangga kecil. 

Jendela dan pintu kaca rumah membuat ruang keluarga di dalam rumah menjadi sangat cerah dan penuh cahaya matahari. Pemilik rumah juga dapat menikmati kombinasi teras dengan taman di depannya. Namun dengan halaman yang terbengkalai, dijamin tidak akan ada orang yang merasa bersemangat untuk meluangkan waktu di area ini.

Proses Menutup

Saat rencana proyek telah disepakati, maka hal pertama yang harus dilakukan pada teras kecil ini, adalah membangun sistem drainase yang ideal. Ini akan meminimalkan waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan lantai kayu yang akan dibuat dari guyuran hujan, juga merupakan dasar yang kuat untuk melangkah ke tahap kerja selanjutnya.

Batu

Arsitektur teras ini memang layak untuk dilihat. Kini fondasinya telah berubah secara signifikan dibandingkan sebelumnya. Dan sebagai tambahan alas untuk papan lantai yang terbuat dari kayu dan logam, kita juga memiliki batu halus yang tersebar merata di atas pasir yang lembab, untuk memberikan isolasi yang baik. Solusi ini tidak hanya ampuh untuk menghindari air, tapi juga debu.

Di Bawah Pintu Samping

Lantai beton yang lama, cembung dan juga hancur, kini telah digantikan dengan permukaan yang elegan dan dilaminasi, sehingga memberikan kesan hangat dan cerah. Ya. Renovasi ini tidak hanya dilakukan untuk area pintu masuk utama saja, tapi juga sisinya.

Peningkatan Derajat

Foto ini menunjukkan detil tangga yang sedang direnovasi. Cara memasangnya membutuhkan keahlian yang baik, namun hasilnya dapat memastikan ketahanan dan umur teras yang panjang. Dan warna kayu serta cara papan dipasang, membuat tampilannya terlihat sedikit old-fashioned.

Memasang Pagar

Berkat tanggul kecil, maka kini teras menjadi cukup tinggi, sehingga penting untuk memasang pegangan atau pagarnya. Balok kayu pun dipasang untuk memberikan keamanan maksimal bagi anak-anak dan orang tua. Dan bagusnya, faktor keamanan itu tidak bertentangan dengan estetika - pagar, terlihat sangat sesuai dengan tampilan baru teras.

Layout Asli dan Utuh Teras

Secara umum, tidak ada yang berubah dari sisi tata letak teras. Di balkon kayu kita masih melihat tangga kecil dan area pintu masuk utama yang berlanjut lurus ke ruang keluarga, sementara di depannya ada area yang luas, yang masih bisa dikelola untuk menjadi taman depan yang menawan.

Hasil Akhir

Foto ini memungkinkan kita melihat dengan jelas hasil akhir yang benar-benar mengesankan. Tangga, lantai dan kebun baru telah membuat keseluruhan rumah benar-benar berubah – membawa dinamika dan keanggunan. Kini pekerjaan yang tersisa hanyalah menambahkan beberapa perabot di beranda, sehingga penghuni rumah bisa menikmati taman barunya bersama keluarga dan teman-temannya.

Bagaimana pendapat Anda tentang proyek ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!