Ruang Keluarga by INTERAZULEJO

10 Desain Lantai Mirip Kayu Untuk Ditiru

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Kayu adalah material menakjubkan yang memikat kita dengan keindahan dan kealamiannya, material yang tahan lama dan kuat. Rumah mana pun dengan lantai kayu alami akan menjadi menyenangkan dan mengundang berkat kehangatan kayu. Selain itu, material kayu juga mahal dan membutuhkan pemeliharaan yang menyeluruh dan hati-hati. Sedangkan kita kadang tidak melakukannya karena tidak ada waktu, atau karena sedang tidak mood saja. Bila ini adalah masalah Anda, bagaimana jika menggunakan bahan yang mirip kayu sebagai lantai rumah? Ada lantai keramik, lantai laminasi, atau lantai vinyl. Lantai-lantai ini memang tidak memiliki sifat seperti lantai kayu. Namun ada kesamaan dalam hal aspek visual dan berbagai pilihan nuansa warna dan corak. Selain itu, pemeliharaan lantai-lantai ini juga lebih mudah. Setelah terpasang, Anda mungkin tak bisa membedakannya dengan lantai kayu. Pada artikel ini kami mengulas tentang 10 ide agar lantai rumah Anda mirip seperti lantai kayu.   

1. Lantai vinyl di dapur

Menimbang lantai vinyl sebagai pengganti lantai kayu alami, di sini kami perlihatkan pada Anda sebuah dapur dengan bahan lantai yang sangat mirip dengan kayu. Nuansa rustic pun tercipta berkat fleksibilitas material yang mudah disesuaikan dengan berbagai suasana dan dekorasi. 

Lihat juga berbagai variasi lantai untuk dapur di sini

2. Ubin

 Walls & flooring by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

Hexawood Chevron Natural, Tan & Old Left 9x20,5

Equipe Ceramicas

Cara lain untuk mendapatkan tampilan mirip lantai kayu adalah dengan menggunakan ubin. Sebuah material dengan manfaat tak terhingga ditambah penampilannya yang cantik menyerupai kayu. Ubin tahan lama dan mudah dibersihkan. Dengan sedikit sentuhan retro, ubin pada gambar ini membentuk figur kubus dalam perspektif multi dimensional yang menambah kedalaman pada lantai datar. 

Ubin juga bisa mempercantik fasad rumah Anda. Lihat selengkapnya di sini

3. Tanah liat

 Ruang Keluarga by INTERAZULEJO
INTERAZULEJO

Timber Gres imitación a madera

INTERAZULEJO

Material lain yang telah beradaptasi secara sempurna dengan aspek kayu dan bahkan memperkayanya, adalah material tanah liat. Ahli kami Interazulejo merancang desain pada gambar. Saat pertama kali melihat gambar ini, kita pasti akan mengatakan betapa cantiknya lantai kayu di ruangan ini. Siapa yang menyangka bahwa lantai ini bukanlah lantai kayu, melainkan lantai tanah liat? Efek tak beraturan adalah bagian dari permainan dengan cara meniru warna dan urat-urat kayu alami. Selain itu, penataan meruncing menghasilkan efek kayu yang meyakinkan.  

4. Vinyl

Elelem baru yang menyerupai lantai kayu alami secara sempurna adalah lantai vinyl. Pembuatan lantai jenis ini adalah dengan mencetak atau mengukir permukaan luar adonan plastik dengan karakter kayu spesifik. Sebuah alternatif yang menawarkan kondisi yang lebih baik dalam hal penerapan dan ketahanan, mudah dipelihara dan tahan terhadap abrasi maupun air. Lantai vinyl mencegah terbentuknya listrik statis (anti statis) dan steril, sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. 

5. Mirip kayu bernuansa abu-abu

 Walls & flooring by PAVIMENTOS GERFLOR
PAVIMENTOS GERFLOR

PAVIMENTOS RESIDENCIALES GERFLOR

PAVIMENTOS GERFLOR

Lantai dengan nuansa abu-abu pada gambar ini menghasilkan efek rustic berkat keluwesan desainnya. Lantai ini dibuat dengan cara menyusun beberapa potong lantai dengan pola berbeda pada permukaan halus yang telah dilapisi semen dan dibagi menjadi beberapa bagian, sehingga terhubung satu sama lain dengan sambungan jenis clic atau lock.  

6. Lantai laminasi

Lantai laminasi adalah jenis lantai yang tengah hits di beberapa negara. Lantai ini pertama kali diciptakan di Swewdia pada 1970-an. Sampai saat ini lantai laminasi terus dikembangkan sebagai opsi paling nyaman dan sederhana yang mirip dengan lantai kayu alami. Lantai ini hampir sama dengan lantai parket dan terbuat dari sekumpulan kayu dengan permukaan yang dilaminasi. Harga lantai laminasi lebih rendah daripada lantai parket, demikian juga daya tahannya. Namun dengan pemeliharaan yang tepat kita bisa memperpanjang usianya.   

7. Variasi lantai laminasi

 Dapur by Enblanc

Lantai pada gambar adalah variasi lain lantai laminasi. Material lantai ini terbuat dari serat kayu yang dilekatkan dan dipres. Lantai bagian teratas adalah bagian yang telah dicetak sehingga tampak seperti kayu ek. Contoh ini merupakan bukti bahwa lantai laminasi tersedia dalam berbagai pilihan nuansa warna dan nada. 

8. Lantai porselen di lantai

 Ruang Kerja by INTERAZULEJO
INTERAZULEJO

Bocote Gres imitación a madera

INTERAZULEJO

Berkat teknologi baru di dunia digital printing, efek tak beraturan menyerupai permukaan kayu bisa dicetak pada lantai bahan tanah liat dan porselen. Serat-serat dan simpul yang merupakan karakteristik kayu dapat direproduksi dengan mudah pada ubin, sehingga menimbulkan sensasi seolah sedang melangkah di atas lantai kayu. Lantai jenis ini juga cocok untuk ruangan kantor. 

9. Lantai keramik dengan detil kayu

 Dinding by INTERAZULEJO
INTERAZULEJO

Saigón Gres imitación a madera

INTERAZULEJO

Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, detil kayu paling kecil pun bisa direproduksi pada lantai keramik berkat teknologi baru digital printing. Lantai pada gambar adalah lantai keramik yang dibuat mirip dengan lantai kayu ek, bahkan detil ruas-ruasnya menampilkan sentuhan alami kayu. 

10. Lantai tanah liat di ruang tamu

 Ruang Keluarga by INTERAZULEJO
INTERAZULEJO

Barnwood Porcelánico imitación a madera

INTERAZULEJO

Akhirnya, kami mengakhiri perjalanan di atas lantai mirip kayu dengan lantai tanah liat pada gambar. Lantai ini tampak memukau dengan paduan berbagai nuansa yang menegaskan aspek kayu dan menyembunyikan identitas sejatinya. Sebuah contoh tentang berbagai kemungkinan yang bisa direalisasikan menggunakan material yang tahan lama dan mudah dipelihara. 

Manakah material lantai yang akan Anda pilih: lantai kayu, lantai laminasi, atau lantai vinyl? Mengapa? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!