Ruang Makan by Arquitecta MORIELLO

Proyek Ekstensi Rumah yang Fantastis!

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Hari ini homify mengajak Anda jalan-jalan ke Argentina untuk meninjau sebuah proyek renovasi rumah di sana. Proyek yang dirancang oleh arsitek Moriello termasuk memperluas area rumah dengan membangun ruang tambahan terbuat dari bingkai aluminium dan kaca, serta sebuah teras baru di belakang rumah. 

Proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan taman yang luas dan penampilannya yang menghijau. Demikian juga integrasi ruang baru dengan luar ruangan, memanfaatkan area yang tidak terpakai, dan menambah ruangan sehingga rumah terasa lebih luas dan nyaman. 

Mari ikuti bersama langkah demi langkah yang mengubah rumah ini menjadi tempat ideal untuk keluarga dan menyambut teman-teman. 

1. Sebelum: proses pemasangan pintu dan atap kaca

Para profesional yang terlibat dalam proyek ini telah mengidentifikasi potensi lahan kosong di belakang yang terhubung dengan taman, di mana ruangan baru didirikan. Mereka bertujuan untuk membentuk integrasi yang lebih kuat antara eksterior dan interior, serta memanfaatkan cahaya alami. Solusinya adalah dengan membangun ruangan tambahan yang terbentuk dari bingkai/ kusen aluminium dan panel kaca besar untuk melindungi ruangan tanpa menghalangi pandangan ke arah taman. 

2. Menambah luas bangunan

Pengerjaan dalam waktu singkat sama artinya dengan menghemat biaya dan mengurangi ketidaknyamanan. Pemilihan bingkai aluminium dan panel kaca akan memperpendek lamanya proses pembangunan. Ini karena keduanya adalah material prefabrikasi dan cukup dirakit di lokasi pembangunan.  

3. Menyiapkan lantai

Penataan ulang juga termasuk pemasangan lantai baru di ruang tambahan. Untuk itu lantai lama dipindahkan agar lantai baru bisa dipasang. 

4. Dua ruang baru

Seperti telah kami ungkapkan sebelumnya, penataan ulang dan renovasi rumah meliputi pembangunan dua ruang baru, yaitu ruangan berdinding kaca yang akan menjadi ruang makan indoor. Sedangkan ruang kedua adalah sebuah teras, yang akan berfungsi sebagai ruang makan outdoor atau area bersantai bersama keluarga dan teman-teman. 

5. Barbekyu prefabrikasi sedang dipasang

Perhatian pada efektifitas waktu pembangunan dan fungsionalitas tercermin pada ruang makan outdoor yang telah dilengkapi dengan oven prefabrikasi dari baja, dan telah terpasang pada sebuah area berstruktur beton yang telah dibuat sebelumnya. 

6. Atap pergola kayu untuk teras

Teras baru yang berfungsi sebagai ruang makan di luar ruangan adalah salah satu daya tarik utama proyek penataan ulang dan renovasi ini. Dengan mengutamakan material ringan dan ekseskusi cepat, proyek ini memanfaatkan sebuah pergola kayu yang akan melindungi sekelilingnya dari teriknya sinar matahari dan memberikan kenyamanan pada penghuninya. Pergola membuat ruangan tetap terbuka, terhubung dengan taman, lebih sejuk dan terang, serta menghalangi paparan sinar matahari. 

7. Memasang lempengan batu alam

Pada dinding ruang makan baru dipasanglah lempengan batu alam yang akan tampak membingkai pandangan ke taman,  searah dengan panel kaca serta bingkai aluminium bila dilihat dari ruang tamu. 

Mengingat tujuan proyek ini adalah mengintegrasikan ruang sosial dengan luar ruangan, maka pintu-pintu lama dipindahkan dan rentang pandangan pun menjadi terbuka untuk terintegrasi dengan ruang. 

8. Pandangan terbuka

Dengan pandangan yang lebih luas dan terbuka, para penghuni dapat memandangi taman dari berbagai sudut berbeda di dalam rumah. Selain itu, kombinasi ruangan luas dan dinding kaca membuat cahaya alami dapat menjangkau seluruh ruangan yang berada jauh di dalam rumah. 

9. Tahap akhir

Ruangan baru memukau karena tampil transparan dan pemanfaatan kaca yang intens. Khususnya atap kaca yang membuka pandangan ke luar ruangan dan memungkinkan masuknya cahaya alami tanpa halangan. Pintu geser mengintegrasikan ruangan dan taman, serta melancarkan sirkulasi udara. Saat pintu geser dibuka, suasana dalam ruangan tidak akan menjadi panas akibat sinar matahari yang masuk melalui panel kaca. 

10. Ruang tamu dan taman kini terintegrasi

Ruang tamu juga terintegrasi dengan taman dan memungkinkan pemilik rumah menikmati suasana taman dari dalam rumah. Dengan menghubungkan ruang tamu dan ruang makan, proyek renovasi ini berhasil memperluas ruangan di dalam rumah yang tampak seakan-akan melebar sampai ke taman. 

11. Sesudah: ruang makan indoor

Agar tampak kontras dengan kaca yang transparan, ruang makan dihias dengan warna berani yang mencerminkan karakter ruangan dan membuatnya tampak bersahabat. 

Untuk menangkal teriknya sinar matahari, proyek ini telah menambahkan awning gulung yang memberikan fungsionalitas dan kehangatan pada lingkungan di sekelilingnya. 

12. Sesudah: ruang makan outdoor

Hasil akhir proyek renovasi ini tampak memukau. Ruang makan outdoor mendapat sentuhan akhir yang sempurna, yaitu atap kaca dan kursi-kursi makan yang didesain dengan gaya kontemporer. Ruangan tampak asri berkat penempatan beberapa tanaman hias yang menajamkan sensasi integrasi antara dalam ruangan dan taman. 

Lihat juga interior sebuah rumah modern dengan area terbuka di sini

Apakah yang akan Anda lakukan agar interior rumah terintegrasi dengan eksterior rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!