Dapur by Cendrine Deville Jacquot, Architecte DPLG, A²B2D

Rumah Kubus Minimalis Dengan Interior Open Plan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kendala semakin sempitnya lahan dipecahkan oleh beberapa arsitek dengan menawarkan desain rumah kubus sebagai solusinya. Selain itu, desain rumah ini juga bernilai lebih karena bisa disesuaikan dengan segala topografi permukaan lahan. Paduan antara gaya dan fungsionalitas pun terefleksi dengan sempurna pada desain rumah kubus. Demikian juga pada rumah kubus L33 karya arsitek Cendrine Deville Jacquot dari Prancis, yang akan kita kunjungi segera. 

1. Fasad berlapis kayu

Desain minimalis identik dengan bentuk tegas dan sederhana seperti kubus atau persegi, meski tidak semua rumah gaya minimalis adalah rumah kubus. Gaya desain ini menghindari penggunaan ornamen rumit sebagai dekorasi, dan sebagai gantinya adalah memadukan dua elemen dengan warna dan tekstur berbeda agar berkesan saat dilihat. Pada fasad depan rumah ini, material yang dimaksud adalah dinding berlapis kayu dan aksen logam di beberapa titik penting, seperti jendela, pagar, lis garasi dan ruangan kecil di lantai dua. Paduan kayu dan logam bukan hal baru, demikian juga warna abu-abu tua dan coklat alami. Sentuhan furnishing yang menyamarkan sifat mengkilap logam, itulah ide sederhana namun fantastis dalam desain ini. 

2. Dinding berlapis logam

Dari sudut ini Anda bisa memahami bukan, mengapa saya katakan desain rumah kubus ini sensasional? Ide melapisi dinding rumah dengan logam termasuk jarang. Di negara empat musim beberapa alternatif diterapkan untuk menyerap sinar matahari agar suhu di dalam rumah tetap hangat, sehingga penggunaan pemanas ruangan bisa dikurangi. Semua material logam pada fasad rumah difurnish dengan warna gelap sehingga tak menyilaukan mata di siang hari. Sebuah ide yang tidak hanya ramah lingkungan tapi juga ramah bagi tetangga. 

3. Fasad belakang

Sebagaimana rumah keluarga lainnya, halaman belakang rumah kubus ini dimaksimalkan fungsinya sebagai area bersantai untuk seluruh keluarga. Sebagian besar lahan ditutup dengan dek kayu untuk memudahkan mobilitas keluar masuk rumah-halaman belakang. Lantai teras kayu juga lebih aman karena tidak akan licin jika kena percikan air dari kolam renang. Fungsi halaman belakang sebagai area sosial semakin maksimal dengan disediakannya area duduk di beberapa titik. Furnitur kayu dengan furnish coklat dan hitam dipilih sesuai furnishing fasad belakang. 

4. Komposisi seimbang

Keindahan bisa terpancar dari keseimbangan. Inilah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana rumah kubus ini bisa tampil memikat. Keseimbangan komposisi elemen di kanan dan kiri seperti pada gambar adalah contoh bagaimana sesuatu yang sederhana bisa menambah nilai visual rumah. Ngomong-ngomong, teralis jendela di lantai dua bisa dinaikturunkan sesuai kebutuhan. Teralis ini berfungsi sebagai pengaman, mengingat ada anak-anak yang tinggal di rumah ini. 

Area eksterior halaman belakang rumah ini memang sedikit lebih luas daripada area sosial dalam ruangan di lantai satu, yang mana membuat rumah kubus ini spesial. Keberadaan pintu geser adalah penghubung antara dalam dan luar ruangan yang praktis dan tidak makan banyak tempat.   

5. Kolam renang

Berada di dekat air bisa menghadirkan kesegaran, apalagi di tengah hari yang terik. Itulah mengapa beberapa keluarga membuat kolam renang di rumah mereka. Menariknya, ukuran kolam renang tidak perlu besar seperti di tempat wisata. Arsitek kami menempatkan kolam renang prefabrikasi dengan tepi kolam yang dibuat lebih tinggi dari lantai dek kayu. Sesuai nuansa warna fasad belakang, kolam renang prefabrikasi warna abu-abu dihias dengan lis logam stainless steel sehingga tahan karat meski sering terpapar air. 

6. Furnitur rotan sintetis

Area duduk di samping rumah dilengkapi seperangkat furnitur rotan sintetis yang telah populer sebagai jenis furnitur outdoor dengan berbagai kelebihan. Furnitur ini ringan, mudah dibersihkan, tahan lama, dan tahan rayap. Tersedia dalam berbagai desain menarik dan warna yang bisa disesuaikan dengan eksterior/ interior rumah. Misalnya furnitur rotan sintetis warna hitam dan putih pada gambar yang tampak serasi dengan dinding berlapis logam di sampingnya. Kabar baiknya, furnitur rotan sintetis bisa Anda dapatkan dengan mudah dan terjangkau karena produsen furnitur ini tersebar di beberapa kota di Indonesia. 

7. Pintu samping

Untuk mengakses area duduk di atas, tersedia pintu samping yang juga terbuat dari kaca dan merupakan pintu geser. Dari sini kita bisa melihat adanya lis logam berwarna hitam keabu-abuan di tepi dinding berlapis kayu. Sebuah elemen sederhana yang memperindah penampilan rumah secara minimalis. 

8. Interior open plan

Seperti lazimnya rumah minimalis, interior open plan diterapkan di area yang digunakan semua penghuni rumah bersama-sama. Area yang mengintegrasikan ruang tamu, dapur dan ruang makan terdapat di lantai satu dengan dominasi warna putih pada lantai, plafon, dan furnitur. Pemilihan marmer sebagai material lantai adalah bijaksana, karena material ini terasa dingin dan bersahabat bagi penghuni setelah puas berjemur di halaman belakang.

Warna abu-abu kembali kita lihat sebagai aksen dinding di dapur, yang dilengkapi beberapa tempat penyimpanan dengan desain tidak biasa. Yang pertama adalah pemanfaatan dinding sempit antara dapur dan ruang tamu sebagai rak dan tempat untuk 'menyimpan' kulkas. Sedangkan yang kedua bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.   

9. Dapur dan ruang makan

Coba perhatikan lemari di atas meja dapur maka Anda akan memahami apa yang kami maksud. Lemari dengan furnish putih dibuat berlubang di bagian tengah, di mana penghuni rumah bisa meletakkan peralatan makan cantik sebagai hiasan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Sedangkan kompor diletakkan di meja tengah dapur yang juga berfungsi sebagai meja makan, dikelilingi kursi-kursi bar ala 50-an dan kursi-kursi minimalis yang semuanya berwarna putih. Marmer warna hitam pelapis meja makan adalah material tahan panas yang kontras dan artistik. 

10. Tiga gaya interior di ruang tamu

Ruang tamu ini bukan hanya nyaman, tapi menjadi ruangan di mana beberapa gaya interior bertemu. Sofa putih bersih dan karpet empuk di bawahnya mencerminkan gaya modern. Meja antik di dekat dinding mewakili gaya rustic yang memikat karena bersanding dengan lukisan ekspresif bernuansa coklat. Sedangkan gaya industrial terlihat jelas pada desain tangga yang terbuat dari logam dengan furnish hitam. 

11. Pemanfaatan ruang yang efektif

Berdiri di sudut ini kita bisa melihat bagaimana ahli kami membagi ruang secara cerdas untuk kebutuhan semua penghuni rumah. Selain ruang tamu, dapur, dan ruang makan, ada area khusus anak di ruang kosong antara dapur dan ruang tamu. Sudut di depan tangga menjadi area baca mini, lengkap dengan sofa bulat yang nyaman. Sebuah sofa diletakkan di ruang di bawah tangga sebagai tempat duduk ketika penghuni rumah sedang memakai sepatu. 

12. Berbagai jenis wastafel

Hal impresif di rumah minimalis ini adalah, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, penggunaan elemen-elemen sederhana yang memperindah setiap ruang secara minimalis. Ahli kami mengaplikasikannya dalam bentuk wastafel dengan kran air otomatis (automatic water tap), sehingga elemen sederhana dan biasanya terabaikan di rumah menjadi sentuhan artistik yang hemat air. Wastafel pada gambar menggunakan material ubin berwarna hitam, membentuk keterkaitan dengan elemen rumah lain yang telah kita bahas di atas. 

Wastafel ini menggunakan material keramik putih yang lazim digunakan sebagai furnitur kamar mandi. 

Inilah kejutan di rumah minimalis ini, wastafel kecil berbentuk bulat seperti mangkuk yang terintegrasi dengan kloset. Sudah hemat air, hemat ruang pula. Apalagi yang kurang? 

Manakah bagian rumah kubus ini yang paling Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!