Rumah by Barra&Barra Srl

Rumah Prefabrikasi: Nyaman dan Siap Huni Dalam 5 Bulan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kebiasaan membuat kita dapat mengenali dengan cepat material sebuah rumah, apakah kayu, prefabrikasi, batu atau konstruksi tradisional. Namun sudahkah Anda mengetahui tentang apa itu plaster fiber? Ini adalah material yang bisa dibilang baru, dan material ini digunakan pada rumah yang akan kita kunjungi sebentar lagi. 

Gypsum fiber (serat fiber) digunakan untuk melapisi tiang-tiang kayu dan membuat dinding-dinding di bagian tengah rumah. Penggunaan gypsum fiber berperan dalam pembentukan elastisitas bangunan saat gempa bumi, sehingga bangunan tahan terhadap pergerakan tanah (anti seismik). Material ini hampir mirip dengan drywall (dinding kering). Namun drywall hanya dapat menyangga beban seberat 10 pon (sekitar 4,5 kg), sedangkan gypsum fiber dapat menyangga beban sampai dengan 60 pon (sekitar 27 kg). 

Rumah berikut ini dibuat oleh Barra & Barra SRL, sebuah perusahaan dengan spesialisasi pada pembangunan rumah ramah ekologis dan efisien dalam pemanfaatan energi yang sesuai dengan arsitektur modern. 

1. Fasad

Saat ini kita berada di Centallo, Piedmont, sebuah desa kecil yang berjarak 10 menit dari Cueno, Italia Utara. Di sini kita berada di sebuah area dengan arsitektur tradisional yang berakar kuat dan berkelanjutan. Rumah ini disesuaikan dengan karakteristik ruang sehingga dapat terintegrasi dengan lanskap di sekelilingnya. 

Meski sekilas tampak seperti rumah pada umumnya, ini adalah rumah dengan konsumsi energi rendah dan insulasi panas serta akustik sangat layak. Rumah ini hanya mengkonsumsi energi listrik sebesar 16 KWh/ m2 per tahun, sehingga layak mendapat predikat A+ dalam hal efisiensi energi. 

2. Dalam ruangan

Rumah dengan total luas 240 m² terdiri atas tiga lantai. Salah satunya adalah basemen, atau ruang bawah tanah, yang berlandaskan beton. Ruangan ini digunakan sebagai ruangan penyimpanan anggur, garasi dan gudang.  

Lantai dasar menjadi area sosial di rumah seluas 180 m², terdiri atas ruang tamu, dapur, ruang makan, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan sebuah ruang cuci. Area sosial dilengkapi dengan plafon ganda yang menghemat penggunaan energi. Untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat, lantai merupakan jenis heated floor dengan instrumen penghangat di bawahnya. Dari sudut pandang elektrikal, rumah telah menggunakan sistem otomasi residensial dengan bantuan HDSL simetrikal yang memungkinkan pengoperasian perangkat melalui tablet atau smartphone. Kualitas udara dalam ruangan terpelihara dengan baik berkat ventilasi mekanis dan pendingin udara sentral. 

3. Kecintaan pada detil

Rumah ini juga dilengkapi jendela dan pintu PVC dengan efek kayu yang menggunakan kaca beremisi rendah dan mengandung gas argon rendah di dalamnya. Seluruh bagian rumah telah didesain agar dinding luar dan atap rumah menjadi tutup insulasi yang mencegah segala bentuk kebocoran thermal. Di negara empat musim, insulasi panas merupakan topik serius, karena dibutuhkan untuk menjaga suhu di dalam rumah tetap hangat. Inilah mengapa rumah ini adalah hasil gemilang dalam hal konstruksi ekologis. 

4. Suasana di lantai atas

Kita sekarang berada di lantai atas, di struktur yang juga disebut dengan mezzanine (ruang yang berada di antara lantai satu dan plafon). Di ruangan seluas 60 m² ini terdapat area istirahat yang terdiri dari sebuah kamar tidur, satu kamar mandi, dan sebuah ruang kerja. Di sini bentuk langit-langit terlihat lebih jelas daripada gambar sebelumnya. Balok-balok kayu setebal 22 cm menyangga atap yang berbentuk miring. Lantai di area ini merupakan lantai kayu ek yang tampak mengilap.  

5. Dapur

Secara keseluruhan, gaya interior rumah adalah gaya modern yang memadukan elemen kekinian dengan sentuhan tradisional. Sebuah paduan sempurna dengan hasil luar biasa yang dibangun dalam waktu 5 bulan saja. 

Apakah cara yang Anda terapkan untuk menggunakan energi secara efisien di rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!