Rumah tinggal  by ช่างณมิตร

Rumah Satu Lantai Berdinding Semen Indah dan Hemat Biaya

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah satu lantai adalah jenis hunian yang populer, khususnya di kalangan keluarga kecil atau pecinta hidup sederhana. Ada juga keluarga yang memilih desain rumah satu lantai dengan tujuan menghemat biaya pembangunan rumah. Meski demikian, rumah satu lantai harus tetap memiliki ruangan-ruangan yang dibutuhkan untuk hidup sehari-hari, seperti kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan garasi. 

Arsitek asal Propinsi Lamphun, Thailand, Friendly Staff, telah merancang sebuah rumah satu lantai yang bukan hanya cantik, namun juga memenuhi persyaratan itu. Rumah ini memiliki ukuran panjang dan lebar 7 x 13 meter, terdiri atas 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 dapur dan 1 area parkir. Pasti menginspirasi Anda yang sedang mencari desain rumah sederhana untuk keluarga. Mari kita buktikan segera. 

1. Fasad depan

 Rumah tinggal  by ช่างณมิตร
ช่างณมิตร

บ้านโมเดิร์นลอฟท์

ช่างณมิตร

Inilah rumah satu lantai yang kami maksud. Cantik bukan? Asal tahu saja, rumah ini dibangun menggunakan material batu bata, sama seperti kebanyakan rumah di Indonesia. Namun furnishing-nya lah yang telah mencuri perhatian kami. Jelas terlihat bahwa dinding rumah hanya dipoles dengan semen, tanpa plamir atau cat. Sementara dinding di sekitar pintu depan didekorasi dengan blok kaca (glass block) warna biru dan transparan. Atap kanopi berangka baja menaungi teras dengan motif pisang yang menjadi area ideal untuk bersantai. Semuanya tampil dalam nuansa warna abu-abu yang serasi dengan dinding semen. 

2. Ruang tamu

 Rumah tinggal  by ช่างณมิตร
ช่างณมิตร

บ้านโมเดิร์นลอฟท์

ช่างณมิตร

Setelah melangkah melewati pintu depan, kita akan sampai di sebuah area lapang yang nantinya akan berfungsi sebagai ruang tamu. Dinding semen yang telah dihaluskan tampak serasi dengan lantai keramik bermotif mirip kayu. Jendela kaca berwarna dan blok kaca membiaskan cahaya berwarna biru yang menenangkan. Sebuah ide dekorasi cemerlang yang menambah nilai visual rumah dengan cara sederhana. 

3. Koridor

 Rumah tinggal  by ช่างณมิตร
ช่างณมิตร

บ้านโมเดิร์นลอฟท์

ช่างณมิตร

Dua kamar tidur di rumah ini dibangun secara proporsional dan sejajar. Pada gambar ini kita lihat dua kamar tidur itu ada di sebelah kiri, sedangkan kamar mandi ada di sebelah kanan. Kedua kamar tidur menghadap ke area yang masih menjadi bagian dari ruang tamu pada gambar sebelumnya. Area ini juga berfungsi sebagai koridor yang menghubungkan ruang tamu dan dapur, nantinya bisa dijadikan ruang untuk menonton televisi atau ruang baca. 

Coba perhatikan penggunaan kayu untuk pintu dan kusen atau bingkai jendela dari bahan aluminium. Material-material ini cukup terjangkau dan tahan lama, mengingat kayu hanya digunakan sebagai pintu dan aluminium termasuk material yang ringan dan tahan terhadap cuaca. Belum lagi tampilannya yang terlihat serasi dengan lantai keramik bermotif kayu. 

4. Kamar mandi

 Kamar Mandi by ช่างณมิตร
ช่างณมิตร

บ้านโมเดิร์นลอฟท์

ช่างณมิตร

Ubin keramik bermotif kayu digunakan untuk melapisi dinding dan lantai kamar mandi ini. Pemilihan material ini mengandung manfaat karena dinding kamar mandi akan lebih mudah dibersihkan. Bentuk jendela-jendela di kamar mandi merupakan fitur menarik, karena didesain dalam bentuk melebar dan memanjang yang seimbang dalam hal komposisi. Kaca jendela yang digunakan adalah kaca berwarna (tinted glass), sama seperti kaca jendela di ruang tamu. Selain dapat melindungi privasi penghuni saat berada di kamar mandi, kaca jendela merupakan elemen dekorasi sederhana yang cukup memikat mata. Kamar mandi ini cukup praktis, karena menempatkan bath tub dan shower di satu area yang sama. 

5. Suasana di malam hari

 Dinding by ช่างณมิตร
ช่างณมิตร

บ้านโมเดิร์นลอฟท์

ช่างณมิตร

Meski rumah ini belum selesai sepenuhnya, keindahannya sudah terlihat saat malam tiba dan lampu-lampu dinyalakan. Dari sudut ini kita bisa melihat atap miring (shed roof) menjadi pelindung rumah yang sekaligus memberikan tampilan modern pada rumah. Warna hijau menjadi kontras yang mencerahkan tampilan rumah bernuansa abu-abu. Sementara lampu spot pada beberapa titik membuat rumah ini tampak bercahaya meski didekorasi dengan warna gelap yang dominan.

Simak juga buku ide inspiratif lainnya:

3 Gaya Rumah Idaman Masa Kini, Silahkan Pilih Sesuai Selera Anda

13 Ide Kreatif Agar Halaman Depan Rumah Terlihat Fantastik

Tertarikkah Anda menerapkan ide dinding semen tanpa dempul (plamir) dan cat seperti yang diterapkan rumah ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!