Ruang Makan by lluiscorbellajordi

10 Ide Rangka Atap Besi dan Baja Untuk Hunian Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rangka atap adalah struktur yang menyangga bangunan atau hunian, bingkai yang membuatnya stabil, dan juga menghubungkan dan menstabilkan bagian bawah bangunan (pondasi). Rumah-rumah lama biasanya kurang memiliki rangka atap proporsional. Dinding rumah tradisional yang biasanya terbuat tanah liat, batu bata, atau batu juga berfungsi sebagai penyangga atap, selain sebagai penutup dan pembatas ruangan. Sedangkan bangunan tua bersejarah di kota kita yang bertingkat dan berlangit-langit tinggi biasanya dilengkapi dengan struktur bingkai kayu. Setelah revolusi industri dan baja menjadi populer, rangka atap kayu digantikan rangka atap besi. Pertimbangannya, rangka atap besi lebih tahan lama dan lebih tahan api. 

Saat ini, baik material kayu maupun besi telah mengalami kemajuan dalam hal kualitas. Tahan lama bukan lagi menjadi alasan untuk memilih rangka dari material tertentu. Tren desain interior dan efek yang dihasilkan menjadi nilai lebih bagi rangka atap besi, baik dari segi teknis maupun estetis. 

1. Kembalinya metal (besi)

 Dapur by miba architects
miba architects

LARA RIOS HOUSE: Cocina

miba architects

Baik material kayu maupun baja memiliki kekurangan karena diperlukan struktur beton untuk memasang rangka atap dari dua bahan ini. Rangka atap besi lebih menghemat tempat daripada struktur beton, dan ini dapat mengatasi masalah keterbatasan ruang pada rumah masa kini. 

2. Kombinasi dengan material lain

Rangka atap besi terbentuk dari penyangga vertikal atau pilar. Sedangkan bagian horizontal rangka besi dan elemen lainnya dapat menjadi penyangga struktural plafon maupun lantai. Struktur campuran seperti pada gambar juga bisa diterapkan, di mana rangka besi dipadukan dengan balok kayu dan lempeng beton. 

3. Rangka atap baja dan atap besi

Rangka baja biasanya diasosiasikan dengan gudang, konstruksi pertanian atau industri. Meski demikian, rangka atap baja semakin populer digunakan pada hunian daripada rangka atap tradisional. Pada contoh ini, lembaran besi ringan dipasang di atas balok-balok baja untuk membentuk atap rumah

4. Rehabilitasi

Rangka atap besi seperti pada gambar lebih ringan daripada struktur sejenis yang terbuat dari beton. Selain itu, proses pemasangannya juga lebih cepat. Kelebihan ini membuat rangka atap besi menjadi pilihan ideal untuk proyek renovasi atau rehabilitasi bangunan. Pada proyek seperti ini, lazim ditemui dinding dan dinding partisi menjadi penyangga beban atap sehingga dinding tak bisa diruntuhkan saat rumah akan direnovasi. Dalam hal ini rangka baja digunakan untuk menggantikan rangka kayu lama yang telah keropos. 

5. Penyangga beban

Pada pekerjaan rehabilitasi dan renovasi, penambahan atau pengubahan perlu dilakukan sesuai dengan fungsi baru atau kebutuhan hidup baru. Oleh karena itu, beban berlebihan pada struktur bangunan sebaiknya dihindari dan struktur rangka atap perlu dibuat seringan mungkin. Solusinya adalah dengan menggunakan rangka dan pilar besi ringan serta lempeng besi yang sangat direkomendasikan untuk keperluan seperti di atas. Sementara pemilihan material lain seperti kayu dan partisi bisa disesuaikan dengan berat masing-masing. 

6. Dirakit dalam waktu singkat

Penggunaan struktur besi juga dianjurkan pada proses pembangunan rumah prefab, di mana waktu pendirian bangunan sangat terbatas. Harga struktur besi memang lebih mahal daripada struktur beton. Namun keunggulannya dalam menghemat waktu dan tempat juga perlu diperhitungkan. Membangun rumah kecil menggunakan struktur baja akan lebih mudah dan bersih daripada menggunakan beton. Bentuk struktur baja yang modular mudah dipindahkan dan dirakit seperti mainan Lego. Itulah mengapa rumah prefab kecil dan pavilyun seperti gambar ini menggunakan struktur besi pada konstruksi bangunannya. 

7. Untuk menempatkan penerangan

Sebuah sistem struktural dihasilkan dengan menyatukan potongan-potongan industrial, dan masing-masing memiliki bentuk dan ukuran standar tertentu agar dapat dipadukan menjadi sebuah struktur yang lebih kompleks. Dengan cara ini Anda dapat membuat gulungan untuk lampu berukuran besar, seperti yang kita lihat pada gambar. Baik gulungan dua arah atau datar, sambungan tiap bagian dapat ditempatkan di dalamnya. Berbagai jenis gulungan atau balok penyangga segitiga dapat dirancang untuk tiap situasi. 

8. Struktur mungil

Beragam jenis dan ukuran profil serta perakitan yang bisa diaplikasikan pada struktur besi menawarkan beragamnya kemungkinan penggunaan struktur ini pada desain interior rumah, selain penerapan struktur besi untuk fungsi dan dalam bentuk yang telah lazim digunakan. Pada contoh rangka besi digunakan untuk membuat tempat tidur kustom yang terintegrasi dengan rak buku. Uniknya, rangka besi ini dipasang di langit-langit sehingga terbentuklah semacam tempat tidur gantung. Struktur ini dibuat dengan memanfaatkan langit-langit dan menjadi salah satu obyek hasil renovasi rumah. 

9. Inovasi baru

Kita telah meninjau karakteristik struktur besi dan baja serta kelebihan dan kekurangannya jika digunakan pada hunian kontemporer. Namun kita tak dapat mengabaikan kehadiran aspek estetika dan bagaimana sebuah struktur baja dapat memperindah penampilan sebuah ruangan. Saat ini, estetika industrial telah menjadi tren kekinian desain interior. Kita dapat memilih model perakitan yang bisa diterapkan pada struktur besi. Misalnya dengan membiarkannya 'telanjang' tanpa dipoles untuk membentuk atmosfer gaya industrial dan dekorasi avant-garde, seperti tampak pada gambar ruang kerja ini. 

10. Fleksibilitas baja

Baja adalah material yang sangat kuat dan membutuhkan sedikit pemeliharaan. Kemajuan teknologi telah menciptakan suatu teknik penanganan untuk melindungi besi dari oksidasi dan lebih tahan terhadap api. Sebagai material yang sangat industrial, besi dan baja memungkinkan kita menciptakan struktur sederhana dan sangat sederhana. Inilah material yang fleksibel dan dapat dikombinasikan dengan material lainnya, dan memungkinkan kita menciptakan struktur paling imajinatif dan dekoratif untuk interior ruangan. 

Jangan lupa bahwa material ini adalah material yang dapat digunakan kembali (reusable), sehingga dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan jika dibandingkan dengan material lainnya. 

Apakah bahan rangka atap rumah Anda saat ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!