Kamar Tidur by Студия дизайна Марии Губиной

10 Cara untuk Memaksimalkan Kamar Tidur yang Kecil

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Semakin ke sini, luas lantai menjadi lebih sedikit, lebih kecil, lebih sempit. Itu sebabnya kita seringkali tidak bisa mendapatkan ruang atau area seperti yang kita mau pada kamar tidur kita. Tapi jangan khawatir, kami punya solusinya. 

Seperti biasa, kami ingin menginspirasi Anda melalui 10 ide yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan, mengoptimalkan area kamar tidur Anda yang kecil, agar menjadi lebih nyaman dan terasa lapang. Selamat membaca!

1. Gunakan Cermin

Cermin, bukan hanya elemen dekoratif yang berfungsi untuk melihat betapa (ehem!) ganteng atau cantiknya kita. Ini juga adalah elemen yang dapat berbuat banyak bagi keindahan kamar tidur kita. Dan memasang cermin pada lemari seperti pada gambar di atas, akan membuat kamar tidur kita mendapatkan kedalaman visual yang lebih banyak.

… and They're Beautiful!

Dan selain kedalaman visual, dengan cermin, kita juga akan mendapatkan tambahan keanggunan, fungsionalitas dan juga keindahan. Jadi jika Anda memiliki area kamar tidur yang kecil, maka menambahkan cermin, sudah menjadi kewajiban bagi Anda.

2. Furnitur untuk Semuanya

Jelas bahwa kamar tidur adalah salah satu ruangan di rumah yang membutuhkan lebih banyak elemen. Kita membutuhkan lemari, tempat tidur, mungkin beberapa meja samping tempat tidur, dan jika kita bicara mengenai kamar remaja, maka kebutuhan akan ruang, akan berlipat ganda.

Ingatlah bahwa mereka membutuhkan ruang untuk meja, buku, dan juga game console yang mereka sukai. Maka pikirkanlah furnitur yang dapat menyatukan semua yang Anda butuhkan, di tempat yang sama. Dengan ini maka segalanya akan lebih terkonsentrasi, lebih rapi, dan membuat kamar tidur menjadi tempat yang lebih nyaman dan fungsional.

Sesuai

Dan cara yang baik untuk membuat kamar tidur Anda menjadi bagus, adalah dengan memilih bahan yang sama, seperti misalnya bahan untuk lemari, base tempat tidur, atau meja kerja atau belajar. Keseragaman akan selalu diterima dengan baik.

3. Pencahayaan yang Baik dan Bagus

Pencahayaan buatan yang baik pada kamar tidur Anda, juga sangat penting untuk membuatnya terlihat lebih besar. Distribusikan beberapa titik cahaya atau lampu latar seperti pada headboard tempat tidur.

… Kekuatan Alam

Kenyataannya, tidak semua orang cukup beruntung bisa tinggal di hunian di mana cahaya alami dapat masuk dengan baik dan cukup. Tapi jika kamar tidur Anda memiliki jendela yang menghadap ke jalan, maka biarkan cahaya alami masuk, yang selain akan membuat kamar tidur Anda menjadi jauh lebih ceria, juga terlihat lebih besar dan lebih indah. Ingat satu hal ini: cahaya alami, menciptakan keajaiban!

4. Furnitur Multifungsi

Sebelumnya kita bicara mengenai furnitur yang memiliki banyak tempat penyimpanan. Tapi, ada juga furnitur yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, seperti menggabungkan tempat tidur dengan meja, atau furnitur yang memiliki dua tempat tidur dan beberapa laci seperti pada gambar di atas. Cara ini akan sangat mengoptimalkan ruang yang tersedia pada kamar tidur Anda.

… di Samping itu, Juga Menarik

Dan lihatlah kamar tidur yang satu ini. Hanya dalam ukuran beberapa meter persegi dan berkat penggunaan furnitur multifungsi, telah tercipta sebuah ruang yang menarik, efisien, dan efektif. Dan ya, sekali lagi, kita melihat kehadiran cermin.

5. Manfaatkan Setiap Celah

Setiap ruang kosong pada kamar tidur Anda, sangatlah penting. Dan perlu diingat bahwa ketika kita tinggal di hunian yang kecil, maka kita tidak boleh melewatkan satu milimeter sekali pun. Itu sebabnya jika Anda memiliki ruang di bawah tempat tidur, Anda bisa menjadikannya sebagai tempat untuk menaruh koper berisikan sepatu-sepatu yang akan Anda gunakan keesokan hari, atau hal-hal yang Anda pikir dapat membantu Anda menciptakan sebuah ruangan yang rapi dan terorganisir.

6. Furnitur yang Lebih Kecil

Tidak perlu tempat tidur double bed jika kita tinggal sendirian. 

Ya. Jika Anda memiliki kamar tidur yang kecil, maka Anda bisa menggunakan tempat tidur single bed yang cantik seperti ini. Perhatikan juga furnitur di sebelah kanan gambar di mana terdapat meja dengan lubang di bawahnya, dan dua bangku kain yang dapat dimasukkan ke dalamnya. Ini adalah contoh-contoh furnitur yang simple dan praktis untuk menghemat ruangan.

7. Warna Putih

 Kamar Tidur by MINBAI
MINBAI

Cama rebatible + biblioteca + escritorio

MINBAI

Warna putih akan selalu menjadi sekutu terbaik bagi ruangan kecil. Warna gelap akan mengurangi potensi kamar tidur Anda, dan warna putih dapat memantulkan cahaya, dan membuat kamar tidur Anda terlihat jauh lebih luas daripada ukuran sebenarnya.

8. Tempat Tidur Lipat

Jika kamar tidur juga digunakan untuk rangkaian aktivitas lain di sepanjang hari, maka salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan tempat tidur lipat. Dengan cara ini Anda hanya akan memiliki tempat tidur saat Anda membutuhkannya, dan dapat menggunakan kamar tidur untuk hal-hal yang lain. Ini juga merupakan alternatif yang baik untuk rancangan kamar tidur anak-anak.

9. Wajar dan Seperlunya

Kita tidak perlu repot-repot mengisi kamar tidur dengan furnitur jika kita memang tidak memiliki banyak ruang. Anda bisa memilih hal-hal yang mendasar saja seperti tempat tidur dan mungkin sepasang meja samping tempat tidur. Dengan tiga elemen ini saja dan beberapa elemen dekoratif, kita sudah bisa memiliki kamar tidur yang menggoda seperti ini.

10. Kamar Tidur yang Terlihat seperti Ruang Tamu

 Bedroom by MINBAI
MINBAI

Cama rebatible + biblioteca

MINBAI

Furnitur putih yang kita lihat pada gambar di atas, adalah tempat tidur lipat. Dan untuk memanfaatkan ruangan bagi keperluan lain, telah diletakkan sofa dengan roda-roda yang mudah dipasang dan dilepas. Ini cara yang baik untuk menjadikan kamar tidur juga sebagai ruang tamu.

Ceritakan kamar tidur impianmu di kolom komentar sekarang!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!