Rumah by A4estudio

8 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Rumah Modular

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Meski sekarang makin menjamur, nyatanya, masih banyak orang yang belum memahami rumah modular. 

Rumah modular, adalah rumah prefabrikasi yang terdiri dari beberapa bagian yang disebut modul. Modular adalah metode konstruksi yang melibatkan pembuatan komponen struktur, pengantaran komponen tersebut ke tempat di mana kita ingin membangun hunian, lalu penempatan dan penggabungan akhir modul untuk membuat sebuah rumah. Dan seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa rumah modular kini menjadi pilihan yang semakin populer untuk konstruksi rumah, disebabkan oleh sejumlah faktor yang menguntungkan, seperti proses pembuatan, tenaga kerja, biaya, dan juga pengonsumsian energinya. Ini adalah sebuah tren baru yang serbaguna dan menarik, di mana juga menuntut kita untuk memperhatikan banyak hal atau detil, jika menginginkan proyek rumah modular kita berhasil.

Dan jika Anda pernah bertanya-tanya mengenai rumah modular – seperti apa kelebihan dan kekurangannya – maka artikel ini akan memandu Anda menemukan jawabannya.

1. Menyiapkan Rumah Modular

Modul-modul rumah prefabrikasi, dapat ditempatkan dalam berbagai cara: dari sisi ke sisi, ujung ke ujung, atau hanya ditumpuk. Hal ini memungkinkan terjadinya penyesuaian yang baik dalam konfigurasi maupun gayanya, seperti pada desain rumah modular di atas. 

Banyak yang menganggap bahwa rumah modular adalah rumah yang one-size-fits-all. Namun kenyataannya, rumah model ini tidak memiliki keterbatasan desain – segala macam bentuk rumah impian Anda, dapat diwujudkan dengan cara ini. Dan dengan perencanaan yang pintar, Anda bisa tinggal di rumah modular dalam hitungan minggu saja. Tapi meski rumah ini dapat dibangun dengan cepat, penting untuk memperhatikan pemilihan dan penggunaan bahan-bahan yang berkualitas, karena ketelitian terhadap detil yang kecil, akan membuat perbedaan yang signifikan.

2. Keuntungan Rumah Modular

Rumah modular memiliki pengontrolan kualitas yang lebih baik daripada rumah konvensional. Rumah prefabrikasi, dirancang dan dibangun di lingkungan yang terjaga kondisi iklimnya, yang berarti melindungi keseluruhan strukturnya selama proses pengerjaan. Bisa dikatakan, cuaca buruk tidak pernah menyentuh bagian dalam rumah model ini. 

Mereka juga melewati lebih banyak proses inspeksi atau pengecekan saat dibangun dibandingkan rumah konvensional, untuk memastikan hasil yang terbaik. Selain itu tenaga kerja dan energi juga dapat dihemat, tersedia dalam banyak desain, dan harganya terjangkau.

3. Kekurangan Rumah Modular

Meski memiliki tingkat fleksibilitas yang luar biasa dengan pilihan desain dan konstruksinya, rumah modular dibayangi oleh masalah keterbatasan pengirimannya. Meski ada banyak solusi untuk setiap permasalahan, tapi sebuah desain yang menggabungkan modul-modul yang sangat besar, seringkali masih menjadi masalah.  

Selain itu, terkadang rumah modular membawa stigma ’tidak kekal’, yang berarti bahwa terlepas dari kualitas konstruksinya, nilai rumah modular dianggap lebih rendah daripada jenis properti lainnya. Saran kami, lakukan riset dan pilih pabrikan rumah modular kelas atas, untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas yang lebih baik.

4. Durasi dan Masa Tahan

Untuk rumah prefabrikasi yang dibangun dan dirawat dengan baik, rata-rata bisa digunakan hingga 60 tahun. Sebagai catatan, bahan-bahan yang digunakan rumah prefabrikasi harus memenuhi atau melampaui aturan yang telah ditetapkan oleh masing-masing badan administratif yang berkepentingan dan kompeten dalam hal ini. Dan variabel-variabel seperti klimatologi daerah atau kualitas bahan yang digunakan, adalah kendala lebih lanjut pada daya tahan setiap konstruksi modular.

5. Desain yang Bervariasi

Kita tidak dapat membuat kategori untuk desain rumah prefabrikasi, karena semua tergantung pada faktor-faktor yang beragam, seperti bahan yang digunakan – baja, beton, batu, kayu, kontainer dan lainnya -, karakteristik energi  – rumah mandiri, sistem daur ulang air dan sebagainya -, medan atau lahan, dan juga gaya desain arsitektur dari para perancangnya. Itu sebabnya kita dapat menemukan rumah ini dalam berbagai gaya; minimalis, modern, pedesaan atau klasik. Katalognya tebal dan bervariasi, jadi Anda punya banyak pilihan.

6. Biaya

 Rumah prefabrikasi by Casas Cube
Casas Cube

Cube Basic de 50 m2

Casas Cube

Apakah rumah yang dibuat dengan struktur modular lebih murah daripada yang dibangun dengan sistem tradisional? 

Pertanyaan ini begitu sering diangkat, dan tidak begitu mudah dijawab. Sebuah rumah modular bisa lebih murah antara 15 sampai 40% daripada konstruksi rumah tradisional lainnya yang memiliki tingkat isolasi yang sama. Tapi yang paling penting adalah, bahwa dalam waktu yang sangat singkat kita sudah bisa memiliki rumah yang kokoh, terisolasi dengan sempurna, dan mendapatkan permukaan yang lebih bagus dan unggul dari konstruksi rumah tradisional.

7. Ventilasi dan Isolasi

 Rumah by Casas Cube
Casas Cube

Casa piloto Cube. Salón Comedor.

Casas Cube

Isolasi dan ventilasi, adalah dua aspek mendasar yang harus diperhatikan saat memilih sistem atau perumahan modular lainnya. Dalam pengertian ini, metode passive-house menawarkan kemungkinan konstruksi bangunan yang memiliki insulasi termal yang hebat, kontrol infiltrasi atau perembesan yang ketat, serta kualitas udara interior yang maksimal, selain juga dapat memanfaatkan energi matahari untuk pengkondisian udara yang lebih baik – yang dengan hal ini, berarti mengurangi konsumsi pada konstruksi konvensional sekitar 70%.

8. Pengiriman dan Lokasi

Salah satu layanan khusus dari rumah modular, adalah pengantaran rumah dengan jaminan kesuksesan yang total, tanpa mengalami kerusakan selama pendistribusian. Hal ini dimungkinkan berkat sistem konstruksi modular yang dapat dibongkar dan diantar setiap modulnya ke tempat tujuan dalam waktu singkat dan dengan keamanan yang terjaga. 

Tergantung pada jarak dari titik pembuatan ke lokasi akhir, pengiriman dapat dilakukan melalui jalan darat atau laut dengan menggunakan kontainer kargo. Begitu berada di lokasi pemasangan – tergantung pada struktur modular yang dipilih – rumah dapat disemen atau tidak pada basis beton, dan menggunakan crane untuk penempatan akhirnya.

Rumah mana yang paling Anda sukai?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!