Dapur by Santiago | Interior Design Studio

Apartemen Open Space Terbaik Karya Desainer Portugal

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Open Space adalah istilah untuk sebuah ruangan lebar tanpa dinding atau pintu yang menutup ruang-ruang yang ada di dalamnya. Ruangan ini awalnya digunakan pada beberapa lingkungan kerja dan saat ini diaplikasikan dalam skala besar pada lingkungan hunian. Konsep ini bertujuan untuk mempererat jalinan antar individu, membuka komunikasi dan membebaskan ekspresi tanpa satu pihak mendominasi lainnya. Sebuah konsep sederhana untuk mengubah dunia. 

Untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep open space yang ideal, tata ruang apartemen gaya industrial karya desainer interior Santiago | Interior Design Studio adalah contoh ideal. Ahli kami asal Portugal telah merancang sebuah hunian open space yang berkarakter. Mari simak mengapa apartemen ini begitu spesial! 

1. Open space (ruangan terbuka)

Santiago | Interior Design Studio adalah sebuah perusahaan yang beroperasi dengan level multidisipliner internal. Perusahaan ini terdiri dari para arsitek, para desainer interior, para desainer furnitur dan tekstil. Mereka mampu mendesain ruang dalam berbagai skala, dari ruang interior kecil sampai ruang publik yang luas, atau pekerjaan remodeling untuk keperluan pribadi. Mereka sangat memperhatikan tren dan rancangan ini adalah buktinya. Dari pemilihan material, finishing sampai pencahayaan, tak ada satu pun yang terlewatkan. 

Gambar ini dapat membantu kita mengetahui kondisi ruang sepenuhnya. Dalam gambar ini ada sebuah pintu berwarna putih, satu-satunya di ruangan ini. Ini adalah pintu yang menghubungkan interior dan eksterior apartemen. Di sebelah kanan pintu ada sebuah sepeda tergantung di dinding, benda fungsional yang juga berfungsi sebagai hiasan di koridor kecil ini. Koridor dan ruang tamu dipisahkan oleh sekat dari balok kayu yang disusun vertikal. Sekat ini juga memisahkan ruang tamu dan kamar tidur. Sedangkan material untuk dinding, langit-langit, dan lantai adalah semen polos khas gaya industrial. Inilah material super trendi untuk eksterior maupun interior tanpa perlu mengaplikasikan sentuhan akhir. 

2. Kamar tidur

Di kamar tidur penggunaan material sedikit bervariasi. Dinding dekat kepala tempat tidur terbuat dari plaster berwarna putih yang secara kreatif dipadukan dengan dinding semen. Jendela yang memenuhi seluruh sisi panjang ruangan menghantarkan cahaya alami, sedangkan tirai dari bahan transparan memberikan kenyamanan dan privasi. Di ujung tempat tidur diletakkan sofa berlapis kulit gaya Chesterfield (Inggris). Ada juga rak berlaci warna putih sebagai tempat penyimpanan dan meletakkan hiasan. Di dinding terpasang patung kayu berbentuk kepala rusa yang menghadirkan sedikit suasana alami. 

3. Dapur

Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, rancangan ini menonjol berkat pemilihan material dan cara mendesain ruangannya. Apartemen dengan ruang-ruang memikat dalam format open space tampak memanfaatkan volume beton yang berlimpah dan memainkan beragam nada warna dan kecerahan. 

Dapur adalah ruangan terbuka (seperti apartemen ini) dan menjadi penghubung langsung antara ruang tamu dan ruang makan. Pemilihan furnitur di sini adalah juaranya, di mana semua elemen berwarna putih tampak kontras dengan dinding, langit-langit, dan lantai abu-abu. Dua lampu di atas meja makan bukan hanya menjadi sumber cahaya, namun juga menonjolkan area ini. 

4. Meja tengah dapur sebagai fokus utama

Dari meja tengah dapur, seseorang bisa melihat ke arah meja makan, ruang tamu, pintu masuk, dan kamar tidur di balik sekat. Seperangkat furnitur sederhana ternyata mampu membagi dan membatasi berbagai area berbeda di satu ruangan yang sama, tanpa dinding maupun pintu. Ini adalah contoh sempurna bagaimana open space bisa memadukan antara satu elemen dengan elemen lainnya. 

5. Ruang ganti

Inilah gambar yang merupakan pernyataan kemewahan dan modernitas di apartemen ini. Dinding yang berhimpitan dengan kepala tempat tidur adalah partisi untuk sebuah dunia baru, yaitu kamar/ ruang ganti. Sebuah ruangan yang tampak seperti toko karena semua pakaian ditata rapi sesuai warnanya. Rak dan lemari gantung yang tampak pada gambar adalah upaya desainer untuk memanfaatkan tinggi ruangan. Sebuah area yang sempurna dengan kerapian dan kesederhanaannya. 

6. Tertutup tapi terbuka

Melalui sela-sela sekat balok kayu kita bisa melihat ke arah ruang makan. Sekat ini adalah semacam pembatas ruangan tanpa benar-benar membatasinya, karena kita masih bisa melihat apa yang ada di seberang meskipun ada penghalang. 

Tertarikkah Anda menerapkan konsep open space untuk hunian Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!