Dapur by RH-Design

9 Desain Dapur dan Ruang Makan Untuk Berkumpul Bersama Keluarga

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah untuk menyenangkan diri sendiri dan keluarga. Salah satunya adalah mengundang para kerabat dan teman-teman makan bersama. Lebih asyik lagi kalau acara kumpul-kumpul itu diadakan setelah didahului acara masak bersama, lebih tepatnya membakar makanan bersama. 

Di beberapa negara, kebiasaan ini sudah umum dilakukan. Kita orang Indonesia juga suka berkumpul bersama keluarga, teman-teman, atau tetangga bukan? Membangun dapur yang terintegrasi dengan ruang makan dan panggangan akan membuat acara kumpul-kumpul semakin menyenangkan! Mari lihat beberapa contoh desain dapur di bawah ini yang bervariasi dari gaya rustic sampai modern. Pasti salah satunya akan menginspirasi Anda. 

1. Pesta barbekyu di bawah matahari

Jika ada ruang tak terpakai di halaman belakang, mengapa tidak mengubahnya menjadi ruang untuk mengumpulkan semua orang-orang tersayang? Sebuah dapur modern dengan pemanggang pasti membuat suasana berkumpul semakin seru. Jangan lupa lengkapi pemanggang dengan semacam baki agar lebih mudah memindahkan makanan dari pemanggang. Bisa dipadukan dengan meja gaya rustic. seperti dapur terbuka karya desainer FAARQ berikut ini. Atap pergola dan dek kayu sama-sama terbuat dari kayu berfurnish hitam untuk menekankan gaya kuno di dapur modern. 

2. Terang dan sejuk

Dapur dan ruang makan karya desainer Arquitectos Alvarenga + Llacay ini mengutamakan akses tak terhingga untuk cahaya dan jalan terbuka untuk masuknya udara. Anda bisa melihat detil cantik taman vertikal di sebelah pemanggang. Di Argentina, area semacam ini disebut quincho, dan biasanya tampil dalam gaya rustic berlantai kayu atau batu. Desainer yang juga berasal dari Argentina membuat terobosan dengan memilih lantai keramik. Lantai keramik bukan hanya tampak serasi dengan furnitur dapur yang berwarna gelap, namun juga lebih mudah dibersihkan.  

3. Rustic yang harmonis

Mungkin Anda sedang memikirkan, material apakah yang sebaiknya dipilih untuk membuat dapur dan ruang makan sempurna? Bagaimana kalau memadukan material kayu dengan ubin bernuansa beige dan pemanggang aluminium, seperti pada dapur dan ruang makan karya Parrado Arquitectura ini? Lihat betapa halusnya furnishing meja dan kursi kayu gaya rustic yang bisa digunakan beberapa orang sekaligus. Namun dapur ini tak akan sempurna tanpa sistem pintu pemanggang mutakhir yang dalam bahasa Spanyol disebut pinturita. 

4. Meja makan rustic mengilap

Dapur dan ruang makan untuk berkumpul bersama keluarga bisa  dilengkapi dengan pemanggang, atau tidak. Area dapur dan ruang makan karya Maria Florencia Funes merupakan ruang tertutup dengan pintu kaca. Ruangan dilengkapi meja makan gaya rustic dari kayu guayubira yang permukaannya tampak halus dan mengilap, apalagi jika diterangi lampu pendulum di atasnya. 

5. Berpanorama taman belakang

Dapur dan ruang makan dilengkapi pemanggang merupakan area sosial yang multifungsi. Area ini bisa dibuat dengan jendela-jendela besar, bisa juga tidak. Desain dapur dan ruang makan pada contoh ini menggunakan konsep semi terbuka dengan memanfaatkan area halaman belakang yang cukup luas. 

Anda lihat, ada banyak gaya desain dapur dan ruang makan yang bisa diterapkan. Bisa gaya rustic, gaya tradisional, gaya modern, bahkan paduan antara gaya-gaya itu. Hal yang wajib ada di ruang ini adalah tempat duduk yang nyaman dan rekan yang baik.

6. Di teras atap

Halaman Anda tidak luas, atau tidak ada halaman sama sekali? Jangan khawatir, dapur dan ruang makan untuk barbekyu bisa dibuat di teras kecil, bahkan di atap rumah! Gambar ini merupakan sebuah area dapur dan ruang berkumpul di atap rumah, lengkap dengan lantai dek kayu dan perlengkapan barbekyu dari bahan aluminium. Bangku kayu panjang telah tersedia, cukup ditambahkan sebuah meja panjang. Furnishing dinding dan atap serba putih membuat area ini tampak cantik di segala cuaca. 

7. Fasilitas lengkap

Dapur memang sebaiknya dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang luas dan tersebar di beberapa titik. Dapur ini menggunakan rak kayu yang tampak kokoh dan tinggi menyentuh langit-langit. Meja makan plus kursi makan bisa ditata di depan televisi, sehingga para hadirin bisa makan bersama sambil menonton tim sepak bola kesayangan berlaga. 

8. Modern rustic

Seperti desain dapur modern yang banyak kita lihat di homify, meja tengah dapur juga berfungsi sebagai meja makan. Namun di saat-saat tertentu, kerabat dan teman-teman akan datang untuk makan bersama, sehingga meja dan kursi makan akan ditata di teras dapur. Pintu geser kaca besar adalah solusi cerdas untuk mengintegrasikan eksterior dan interior dapur saat dibutuhkan. Dinding batu bata di amping dapur adalah sentuhan rustic yang minimalis di area ini.  

9. Dapur kayu

 Dapur by RH-Design
RH-Design

Küche in Altholz

RH-Design

Ketika berkumpul bersama keluarga, menceritakan kisah-kisah lucu dari masa lalu adalah momen yang paling ditunggu. Bukan berarti kita ingin kembali seperti masa lalu. Memetik pelajaran berharga dari pahit manisnya jaman dahulu itu lebih penting bukan? Dapur dan ruang makan serba kayu dari langit-langit, perabotan sampai lantainya akan membangkitkan semua nostalgia agar dapat diambil hikmahnya. 

Apakah dapur terbuka atau semi terbuka sesuai dengan kebutuhan berkumpul Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!