by MIKILI – Bicycle Furniture

18 Ide Cemerlang untuk Siasati Rumah Berukuran Mungil

Nita Sejatining Tyas – Homify Nita Sejatining Tyas – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Hampir tiap keluarga pernah mengalami problem berupa rumah yang terasa sempit. Ya, apartemen maupun rumah impian yang dulunya terasa cukup untuk mengakomodir kebutuhan ruang, tiba-tiba terasa sempit, seiring dengan bertumbuhnya tiap anggota keluarga serta meningkatnya status sosial. Meski begitu, bukan berarti Anda dan keluarga perlu pindah rumah, lho. Terlebih bila hunian yang dimiliki saat ini sudah telanjur mampu memberikan kenyamanan tersendiri.

Lantas, apa solusinya? Metamorfosis interior bisa jadi jawaban yang tepat! Metamorfosis interior akan mengubah cara Anda dan keluarga dalam menyimpan perkakas rumah menjadi lebih praktis dan efisien. Dengan begini, rumah pun jauh dari kesan sempit dan terlihat lebih rapi.

Nah, berikut 18 ide metamorfosis interior dari desainer kami untuk menyiasati rumah berukuran kecil. Simak, yuk!

1. Buat Furnitur di Rumah Jadi Lebih Multifungsi

 Living room by Segusino Muebles Condesa
Segusino Muebles Condesa

Mesa de Centro con dos cajones

Segusino Muebles Condesa

Selama ini, bagaimana meja di rumah Anda? Apakah yang dimanfaatkan hanya sisi atasnya saja? Bila iya, meja berikut bisa jadi inspirasi. Dengan desain seperti ini, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan sisi atas meja. Lorong di dalamnya pun bisa menjadi tempat penyimpanan yang luas dan multifungsi.

2. Manfaatkan Lorong di Bawah Bangku untuk Menyimpan Sepatu

Lelah melihat rumah yang terkesan berantakan karena sepatu-sepatu berjejer di lantai? Bangku ini bisa menjadi solusi. Simpan sepatu yang tidak digunakan di lorong bawah bangku. Voila! Rumah pun langsung tampak lebih rapi, luas, dan nyaman, karena tak ada lagi sepatu berserakan, bukan?

3. Eliminasi Ruang Kerja dan Ganti dengan Meja Lipat yang Menempel ke Dinding

Untuk melakukan beberapa tugas di depan komputer seperti mengisi SPT Pajak secara online maupun belanja online, sebenarnya Anda dan keluarga tidak membutuhkan ruang kerja khusus, lho. Manfaatkan saja meja lipat yang menempel ke dinding.

Saat Ayah, Ibu, maupun penghuni rumah lainnya tidak bekerja di depan komputer, meja lipat ini bisa ditekuk ke atas, sehingga ruangan terasa lebih luas.

4. Gunakan Furniture Sebagai Pembatas Antar Ruang

 Study/office by studio michael hilgers
studio michael hilgers

setup: Der Wohnbaukasten als beidseitig nutzbarer Pärchen-Sekretär

studio michael hilgers

Masih menggunakan dinding sebagai pembatas antar ruang di rumah? Desainer interior kami merekomendasikan ide lain yang lebih fresh! Ide ini juga memungkinkan ruang penyimpanan perkakas dan peralatan rumah tangga di rumah Anda menjadi lebih banyak. Idenya adalah, gunakan furniture sebagai pembatas antar ruang di rumah. Misalnya lemari atau buffet.

Tempatkan buffet di antara dua ruang berbeda dalam rumah (misalnya, di antara ruang TV dan ruang dapur). Cara ini secara otomatis akan membuat ruangan terbagi. Meski terbagi, ruangan akan tetap terkesan lega. Sebab, membatasi ruangan dengan menggunakan furniture memberi kesan keterbukaan pada tiap ruang.

5. Manfaatkan Sisi Lain dari Meja sebagai Laci Penyimpanan

Sayang rasanya bila meja hanya dimanfaatkan di sisi atasnya saja. Oleh sebab itu, coba manfaatkan sisi lain meja sebagai laci penyimpanan. Contohnya, bisa dilihat pada gambar di atas. Dengan ide ini, kini, meja kerja Anda tak hanya berfungsi untuk menopang laptop, namun juga sekaligus sebagai laci simpan bermuatan banyak, ya?

6. Pilih Meja dengan Desain yang Multifungsi

 Living room by Weld

Lagi-lagi, desainer interior kami mengajak Anda mengoptimalkan fungsi meja demi membuat rumah terasa lebih lega. Kali ini, triknya adalah gunakan meja yang sisinya bisa di-extend.

Nantinya, sisi yang di-extend bisa dimanfaatkan sebagai meja kerja, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Sementara, sisi bawah meja dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan aneka majalah dan buku favorit. Ide yang brilliant, bukan?

7. Ruang Keluarga dan Ruang Tidur Menjadi Satu, Kenapa Tidak?

 Study/office by MINBAI
MINBAI

Departamento 18 M2.

MINBAI

Apa keterbatasan ruang di rumah membuat Anda harus menyatukan ruang keluarga dan ruang tidur sekaligus? Bila iya, tips dari MINBAI berikut bisa menjadi solusi.

Pilihlah kasur lipat dan tempatkan di ruang keluarga Anda. Di siang hari, lipat kasur ke atas dan sulap ruang tidur Anda menyerupai ruang keluarga pada umumnya. Di malam hari, saat waktu istirahat tiba, Anda hanya perlu membentangkan kembali ranjang Anda, sehingga Anda pun bisa tidur dengan nyaman.

8. Susun Secara Vertikal!

Sulit dipungkiri, ada beragam peralatan rumah tangga yang perlu ada di rumah untuk mempermudah hidup. Akan tetapi, semakin banyak peralatan, tentu makin banyak space yang diperlukan.

Tenang, Anda bisa menyiasati hal ini dengan menyusun peralatan rumah secara vertikal. Misalnya, mesin cuci baju dengan mesin pengering. Dengan bantuan para profesional kami, hal ini mungkin untuk dilakukan, kok.

9. Optimalkan Pemanfaatan Ruang Di Langit-langit Rumah

Selain ruang yang terdapat di bawah, ruang di atas juga perlu dioptimalkan. Salah satunya, ruangan di bawah langit-langit rumah. Ketimbang dibiarkan kosong begitu saja, ruang di bawah langit-langit rumah bisa dioptimalkan fungsinya sebagai tempat penyimpanan. Jadi, yuk, pertimbangkan untuk membuat rak kecil di langit-langit rumah.

10. Letakkan Cermin Gantung di Ruang Keluarga

Sejak lama, peletakkan cermin gantung di dinding ruangan dianggap efektif untuk memberikan kesan lega pada ruangan. Alasannya, cermin menghadirkan ilusi optik tertentu yang membuat ruangan terkesan lebih luas. Jadi, yuk, gantung cermin di dinding rumah Anda!

Di samping bisa menciptakan kesan lega, cermin gantung juga bisa mempercantik ruang Anda sekaligus, lho. Kuncinya, pilihlah cermin dengan bingkai yang indah, ya.

11. Manfaatkan Lemari Tanam di Dinding Ruangan

Berikutnya, Anda juga bisa memanfaatkan lemari tanam di dinding ruang kamar Anda. Ketimbang lemari konvensional, lemari tanam bisa menghemat tempat, sehingga ruangan kamar terasa lebih lega.

12. Triknya: Gantung, Gantung, dan Gantung!

Katakan selamat tinggal pada lorong yang selalu terlihat sempit karena barang-barang berantakan. Dengan trik menggantung, ada banyak space yang bisa Anda hemat, sehingga ruangan terasa lebih luas.

Gambar di atas adalah contohnya. Lihat, kan? Bahkan, sepeda pun bisa digantung di sela rak seperti itu. Ide yang cemerlang!

13. Manfaatkan Sliding Door sebagai Pembatas Ruangan

 Kamar Tidur by ZappeArchitekten
ZappeArchitekten

Sommerraum am Wasser

ZappeArchitekten

Selama ini, mungkin Anda membagi ruangan menggunakan dinding pembatas, ya? Nah, agar rumah terasa lebih lega, mulai sekarang, Anda bisa mempraktikkan ide berikut: Manfaatkan sliding door sebagai pembatas antar ruangan. Misalnya ruang keluarga dan kamar.

Di siang hari, biarkan pintu terbuka agar ruangan terkesan lebih luas. Sementara, di malam hari, pintu bisa ditutup agar penghuni kamar bisa mendapatkan privasi yang dibutuhkan.

14. Pilih Warna Putih sebagai Warna Dominan pada Tiap Ruang

Tahukah Anda? Penggunaan warna putih secara dominan dapat membantu menciptakan kesan lega pada ruangan, lho. Jangan ragu untuk memilih warna ini sebagai warna dominan di tiap ruang dalam rumah mungil Anda, ya!

15. Meja Makan Lipat? Ide yang Bagus!

 Kitchen by Atim Spa

Seperti yang Anda tahu, meja makan di rumah tak akan terpakai sepanjang hari. Oleh karenanya, memilih meja makan lipat adalah ide yang bagus. Inspirasinya bisa Anda dapatkan pada gambar di atas.

Saat tak ada yang makan, meja makan ini bisa dilipat ke dalam sehingga menghemat penggunaan ruang. Dapur pun lebih luas, sehingga Anda bisa lebih puas saat berkreasi membuat makanan di dapur.

16. Maksimalkan Fungsi Furniture Dapur

 Dapur by Tim Jasper
Tim Jasper

Harbourside kitchen

Tim Jasper

Furniture dapur dengan desain kontemporer biasanya masih menyisakan ruang yang tidak terpakai, terutama di bagian sudutnya. Rancang furniture dapur Anda dengan design berbeda, yang bisa membuat tiap jengkal ruang pada furniture itu lebih maksimal. Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas.

17. Jadikan Dinding Sebagai Ruang Penyimpanan, Tanpa Mengabaikan Unsur Estetika

Sadarkah Anda? Dinding juga berpotensi jadi ruang penyimpanan, lho. Lebihnya lagi, bila barang-barang yang digantung di dinding ditata dengan apik, hal ini justru bisa menambah nilai estetika pada dinding. Contohnya, bisa dilihat pada gambar di atas.

18. Pssst.. Solusi Ini Agak Ekstrim: Dapur di Balik Pintu yang Harmonis!

 Dapur kecil  by MILL-HOUSE

Untuk Anda yang menyukai kejutan, solusi ekstrim berikut bisa diaplikasikan untuk menyiasati keterbatasan ruang di rumah. Yap, dapur di balik pintu yang ditata rapi dan cantik. Solusi yang outstanding, kan?

Nah, dari kedelapan belas trik tadi, mana yang akan Anda terapkan untuk rumah mungil Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!