by Studio Ferriani

10 Ide Perpaduan Gaya Rustic dan Modern Untuk Dapur Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada yang menganggap membandingkan satu hal dengan hal lainnya akibatnya kurang menyenangkan. Itulah mengapa kami tidak bermaksud memulai debat sengit antara masa depan dan masa lalu dengan membandingkan antara dapur gaya modern dan dapur gaya kuno (gaya rustic). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, keduanya juga memiliki lover (pecinta) dan hater (pembenci). Tanpa memancing kontroversi dan tanpa mengarahkan untuk memilih salah satu di antara keduanya, hari ini kita akan mengesampingkan tren sesaat untuk memusatkan perhatian pada nilai sepanjang hayat. Di sini kami menampilkan 10 dapur rustic dan memodernisasinya, sehingga menjadi perpaduan dengan keindahan yang tak dapat dipungkiri siapa pun.    

1. Gaya vintage

Kayu oak adalah jenis kayu yang populer dalam hal menciptakan dapur gaya rustic. Namun ada kalanya digunakan juga kayu kenari, mahoni, dan beech. Bagi Anda yang menginginkan alternatif selain kayu, laminasi bisa menjadi pilihan. Cara ini akan memberikan tekstur dan nada warna berbeda, serta dapat memberikan sentuhan orisinil pada ruang tanpa menghilangkan keanggunan dan kehangatan kayu. Pada gambar adalah dapur dengan balok penyangga atap kayu yang kontras dengan furnishing furnitur, khususnya meja tengah dapur. Warna abu-abu mutiara tampak harmonis dengan ubin warna abu-abu dan merah tua pada lantai dan dinding. Selain itu, kita juga bisa melihat elemen industrial yang diwakili oleh kap lampu logam. 

2. Gaya tradisional

Bila kita tidak bosan dengan dapur gaya klasik, maka desain dapur kita cenderung tradisional dan sederhana. Warna coklat kayu menghasilkan suasana rumah dan kehangatan yang mengundang Anda untuk berada di dekat kompor sepanjang sore. Sebagai penyeimbang visual unsur kayu, yang juga digunakan untuk melapisi sebagian dinding dapur, digunakanlah ubin berwarna netral. Ini membuat suasana dapur tidak membosankan, namun elemen kayu tetap dominan. Detil menarik pada foto ini tentu saja penyedot asap berbentuk lonceng lengkap dengan lis kayu berukir. 

Bagian menonjol lainnya adalah pintu oven berwarna abu-abu. Paduan warna solid dan coklat gelap menghasilkan keseimbangan sempurna yang diciptakan oleh detil warna. Demikian juga sentuhan akhir pelapis meja dapur dan backsplash berwarna putih.   

3. Dapur ala Provence

Kita saat ini sedang melihat gambar sebuah dapur gaya pedesaan Eropa. Di satu sisi, ruangan ini memperlihatkan balok kayu dan lantai batu yang spektakuler. Furnitur dapur telah didesain secara halus dan seksama, terbentuk dari paduan material batu bata dan kayu bercat hijau zaitun (olive green). Inilah warna hijau yang menjadi secercah sentuhan Provence (nama sebuah area wisata sejarah terkenal di Prancis) di sebuah ruangan yang didominasi warna beige, di mana sebuah meja berlaci klasik difurnish ulang dengan warna krem. Sementara dinding dekat jendela menghembuskan atmosfer rustic bersama lukisan dan pernak-pernik di bawahnya. 

4. Memodernisasi gaya klasik

rustic Kitchen by LIGNUM Möbelmanufaktur
LIGNUM Möbelmanufaktur

Natürliche Küche aus Altholz-Eiche

LIGNUM Möbelmanufaktur

Awalnya, dapur modern tapi rustic ini adalah sebuah gudang gandum yang hampir ambruk. Furnitur dapur yang kokoh terbuat dari bahan kayu, telah disesuaikan dengan furnitur bawaan gudang yang terselamatkan. Sebuah contoh desain berkelanjutan dan ekologis yang diciptakan dari sisa-sisa bangunan tua menjadi dapur fungsional, praktis, dan modern. Sebuah upaya membangun kembali dapur kuno dengan gaya desain yang meninggalkan masa lalu dan menatap masa depan tanpa ragu. 

5. Berlangit-langit tinggi

Kadang kala gaya interior dapur bisa menjadi pernyataan estetika sebuah rumah secara keseluruhan. Balok-balok kayu tua tampak sangat menonjol dalam gambar ini. Langit-langit dan dinding plaster yang tinggi mencerminkan karakter dapur rustic. Meski demikian, masih terbuka peluang untuk menyamarkan gaya pedesaan kuno ini dan membuat perubahan. Meja dapur dengan nada warna beige tampak modern berkat disematkannya perangkat dapur modern di dalamnya. Aksen klasik pada furnitur dapur adalah sebuah cerminan bagaimana meninggalkan masa lalu tanpa melupakannya sama sekali. 

6. Detil rustic

Gaya rustic membuat kita teringat pada hal-hal di masa lampau yang menyenangkan dan segarnya udara pedesaan. Meski kita memilih desain gaya modern untuk dapur, sentuhan pedesaan bisa dihadirkan melalui elemen-elemen sederhana. Dapur di bawah tangga dan balok kayu melintang pada contoh dihiasi dengan rangkaian tanaman hias menjalar, bunga segar, meja dan kursi makan yang membuat kita teringat saat berlibur ke rumah nenek. 

7. Rustic dan industrial

  by werkhaus
werkhaus

Baumstammküche

werkhaus

Dapatkah sebuah dapur menjadi rustic dan industrial? Jawabannya adalah gambar ini. Dapur yang sedang kita lihat ini telah mengaplikasikan gaya industrial terbaik dan memadukannya dengan gaya pedesaan paling mengagumkan. Meja masak, kompor bak cuci piring bersatu di sebuah meja dapur beton dengan batang kayu gelondongan di ujungnya. Sebuah perpaduan yang akan membuat semua mata terbelalak. 

8. Cat plastik

Biasanya kita melapisi dinding dapur atau backsplash dengan ubin agar dinding lebih mudah dibersihkan. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mengecat ulang dinding dapur dengan cat plastik. Beberapa merek cat plastik keluaran terbaru mengandung zat-zat yang memudahkan pemeliharaan. Selain itu, cat plastik dapat menjadi sentuhan kasual pada berbagai gaya interior, termasuk dapur gaya rustic. Inilah sebuah contoh yang menunjukkan bagaimana warna kuning berpadu sempurna dengan pernak-pernik asli dan furnitur dapur rustic. 

9. Ubin berwarna

Di sini kita masih membicarakan tentang dekorasi dinding dapur. Di dapur ini, furnitur kayu furnish cerah telah dikombinasikan dengan perangkat dapur berwarna hijau agar serasi dengan backsplash hijau yang menghasilkan atmosfer sangat spesial. 

Jika Anda ingin memiliki dapur gaya rustic yang tidak kelihatan ketinggalan jaman, inilah kombinasi warna yang kami sarankan. Untuk memberikan sentuhan modern, pilihlah ubin berbentuk persegi panjang dan tandailah celah-celah di antara ubin. Bila Anda memilih outline berwarna putih, ini akan menambah suasana cerah dan kemilau pada dinding dapur Anda. 

10. Dapur rustik yang otentik

Kami akhiri buku ide ini dengan sebuah dapur yang berdimensi lebih kecil daripada dapur-dapur sebelumnya. Di dapur ini, selembar kain berwarna putih menyembunyikan benda-benda yang tersimpan di dalamnya. Dua dinding dapur yang terlihat pada gambar adalah dinding batu bata dan dinding bercat hijau. Jika Anda adalah pengikut setia dapur gaya kuno dan tidak terlalu menyukai tren namun bisa mengadaptasinya, inilah desain dapur yang cocok untuk Anda. 

Furnitur dapur ini juga sederhana, terlihat dari bak cuci dan area memasak di bawah jendela. Sebuah desain tanpa cacat untuk menginspirasi mereka yang ingin mendesain ulang dapur tanpa banyak biaya. 

Selain dapur, manakah ruangan yang ingin Anda dekorasi dengan paduan gaya lampau dan gaya modern? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!