by SET Arquitetura e Construções

Rumah Loft Dengan Interior Open Plan Tanpa Cela

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Perpaduan dua gaya interior atau lebih biasa ditemukan di rumah berdimensi besar dengan ruang yang lapang dan memudahkan penataan. Ruang lapang juga memungkinkan pememilihan material dan furnitur yang diinginkan. 

Jangan tertipu penampilan luar, itulah ungkapan yang paling tepat untuk rumah gaya loft ini. Dari luar rumah ini tampak tidak terlalu luas, seperti rumah perkotaan pada umumnya. Setelah masuk ke dalamnya, pasti Anda akan berubah pikiran. Penasaran? Mari kita segera bertamu ke rumah ini. 

1. Fasad kayu dan semen

Fasad depan rumah sesungguhnya terbuat dari semen seluruhnya. Dinding samping kanan dan pintu gerbang dilapisi dengan kayu sebagai pemanis yang praktis dan berkesan alami. Elemen menonjol di sini apalagi kalau bukan pintu garasi buka atas yang bercat putih. Sebuah solusi cerdas menghemat ruang di halaman depan yang sempit. 

2. Teras merangkap garasi

Teras dengan atap pergola dan lantai semen berfungsi sebagai area parkir atau garasi. Di siang hari, bayangan atap pergola menghiasi lantai dan dinding rumah. 

3. Ruang tamu serba coklat

Nuansa warna coklat membuat suasana di ruang tamu ini tampak bersahabat. Ada sofa dan tirai dengan warna senada, dua meja pendek digabungkan menjadi meja kopi di ruangan ini. Di sofa ini penghuni rumah dapat bersantai menonton televisi. 

4. Dinding atau lemari kaca?

Benar, dinding atau lemari kacakah furnitur berlapis kaca hitam ini? Jawabnya, dua-duanya! Desainer kami telah memilih furnitur fungsional sesuai kondisi ruang yang tidak luas, namun juga menarik secara visual. Di balik pintu kaca tersedia tempat penyimpanan untuk benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari. 

5. Ruang tamu terhubung dengan ruang makan

Di sini kita bisa melihat kepiawaian desainer dalam menata interior open plan. Dinding berwarna putih menandakan fungsi area yang berbeda dan ditempatkan di sudut yang tepat. Sebuah cara halus untuk membentuk keterkaitan dan pemisahan antara ruang tamu dan ruang makan. 

6. Ruang makan yang elegan

Atmosfer elegan di ruang makan ini dibentuk oleh pemilihan furnitur kaca seperti meja makan dan lampu gantung kristal. Dinding di sebelah kanan dilapisi cermin agar memberi kesan luas secara visual. 

7. Lemari dinding

Dinding pembatas ruang makan membentuk sebuah ceruk yang dimanfaatkan sebagai lemari dinding dan rak dinding. Lemari dan laci menjadi tempat penyimpanan ideal untuk sebuah rumah mungil. Sedangkan rak bisa menjadi tempat untuk meletakkan hiasan. 

8. Tangga kayu

Tangga kayu didesain dengan bentuk spiral untuk menghemat pemakaian ruang. Aksen dinding abu-abu menambah nilai visual area ini. 

9. Dapur mungil

Dapur berada tepat di sebelah ruang makan, menempati area sudut dengan manisnya. Mengingat lokasi dapur yang tak jauh dari area sosial, penyedot asap mutlak dibutuhkan. Di sini penyedot asap berlapis krom tampak serasi dengan kulkas dan kursi bar dengan bantalan abu-abu. 

10. Meja bentuk L

Dinding rendah berlapis keramik dan kayu menyembunyikan meja dapur dan kekacauan yang mungkin terjadi di sana dari pandangan. Dengan cara ini, kerapian dan kebersihan ruang tetap terjaga.

11. Berbagai kedalaman warna

Warna dan tekstur juga bisa menjadi elemen dekorasi yang mempercantik ruang. Contohnya adalah penggunaan beberapa balok kayu dengan beberapa kedalaman warna seperti pada gambar. 

12. Ruang makan outdoor

Pemilik rumah ini tampaknya menyukai kebersamaan. Keluarga dan teman-teman dekat mereka pasti senang berkunjung kemari. Selain ruang makan elegan dan dapur mungil di dalam rumah, tersedia juga ruang makan outdoor dengan atap pergola khusus  untuk memanggang makanan dan bersantap bersama. 

13. Dapur terbuka

Ruang makan outdoor dengan lantai dek kayu dilengkapi dengan dapur terbuka yang terdiri dari bak cuci piring dan pemanggang gaya rustic. 

14. Sudut baca

Inilah ruang yang nyaman untuk membaca buku sambil menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi. Kursi gaya rustic tampak serasi dengan meja semen di sampingnya. 

15. Teras dan taman dalam ruangan

Dari sudut ini kita bisa mengamati seluruh bagian teras belakang. Fitur menarik ada pada dapur built-in yang bisa disembunyikan oleh pintu geser kayu. Tanaman-tanaman hias di atasnya menciptakan kesan ruang bersantai di tengah taman dalam ruangan

16. Kamar tidur

Seperti ruangan lain di rumah ini, kamar tidur juga tidak luas. Oleh karena itu, penggunaan warna putih dominan di sini karena dapat mengundang kesan luas. Aksen dinding warna ungu dan kepala tempat tidur warna putih menjadi dekorasi kamar tidur yang simpel namun memikat. 

17. Lebih luas berkat jendela dan cermin

Ukuran jendela juga dapat menciptakan kesan luas di kamar tidur kecil. Cahaya yang masuk dari jendela akan terpantul di cermin dan menerangi ruangan. Cermin merefleksikan bayangan ruangan, sehingga terciptalah kesan luas. 

18. Kamar mandi

Kamar mandi ini unik berkat sentuhan warna lavender. Paduan warna putih dan pink di bilik shower menjadi penanda area basah yang artistik. Sementara cermin besar dan nuansa putih di area kering membantu menciptakan ilusi keluasan ruang. 

19. Kamar bayi

Kamar bayi didekorasi dengan furnitur vintage, wallpaper berornamen dan aksen dinding warna hijau. Paduan warna putih dan hijau yang ceria mencerminkan jiwa si kecil yang tanpa dosa. 

20. Lemari bayi

Lemari berlaci gaya klasik ini digunakan untuk menyimpan pakaian, popok, kaus kaki dan perlengkapan bayi lainnya. Sementara bayi belum bisa duduk, ia akan dimandikan di atas meja ini. Ibu juga bisa meletakkan bayi di meja ini untuk mengganti popok atau baju. 

21. Aman dan nyaman

Sofa di dekat boks bayi akan menjadi tempat duduk Ibu saat menyusui bayi. Membiasakan bayi tidur sendiri baik untuk perkembangan psikisnya di masa mendatang. Pastikan agar jendela terkunci dan jangan tutup pintu kamar bayi terlalu rapat agar orang tua bisa mendengar saat bayi terbangun di tengah malam. 

Manakah ruangan di rumah ini yang paling mempesona Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!