by Massiv aus Holz

7 Tips untuk Mencerahkan Kamar Gelap

Rachel Audrey Rachel Audrey

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ruang gelap sering terlihat mengintimidasi dan suram. Dengan penggunaan pencahayaan langsung dan tidak langsung serta beberapa penyempurnaan tambahan, maka bisa tampil lebih ramah karena dibanjiri cahaya. Warna kuning cerah di dinding dan perabotnya bisa menciptakan suasana pantai meski di kamar gelap. Warna putih yang tidak mengkilap dikombinasikan dengan bentuk melengkung dan garis serta kain halus untuk menciptakan suasana romantis. Permukaan halus dan glossy, warna cerah, bentuk dan pola grafis yang jelas mencerminkan modernitas sambil membawa kecerahan ke kamar gelap. Ruangan yang terang dapat diatur dengan berbagai gaya, hanya tergantung pada pilihan warna dan bahan yang tepat yang akan menjadikannya terang. Cermin, kaca dan kristal juga cocok untuk dekorasi saat membuat ruangan redup lebih cerah.

1. Terang di semua sudut

Kamar yang gelap bisa dinyalakan dengan lembut untuk suasana romantis. Dengan penggunaan lampu kuning yang diletakkan di sepanjang sudut redup ruangan, anda bisa menciptakan ruang yang hangat dan ramah. Jika ruangan tidak hanya gelap, tapi juga cukup kecil, maka anda mungkin tidak memiliki ruang untuk lampu. Inilah sebabnya mengapa sebaiknya membuat desain yang terencana dengan baik yang akan memungkinkan untuk dimanfaatkan sepenuhnya. Untuk pencahayaan yang harmonis, anda bisa memilih lampu langit-langit atau pendulum yang indah sebagai sumber cahaya utama. Jika anda ingin menggunakannya secara efektif untuk banyak cahaya, bisa juga mencari beberapa lampu pendulum atau lampu gantung dengan kristal. Jika plafonnya rendah, ruangan bisa diregangkan secara visual dengan bantuan lampu pendulum yang panjang. Untuk memastikan pencahayaan umum sesuai untuk siang hari dan juga untuk jam malam yang nyaman, ini akan menjadi solusi praktis untuk memiliki saklar.

Lampu sorot sebagai sumber cahaya tambahan di sebelah langit-langit atau lampu pendulum diperlukan di manapun cahaya langsung dibutuhkan. Ini bisa berupa sudut baca, ruang makan, meja, tempat favorit untuk nonton TV atau pojok main. Lampu berdiri yang fleksibel atau panel sangat serbaguna. Misalnya, lampu sorot langit-langit dengan lampu layar terintegrasi memenuhi dua tugas: memancarkan cahaya tidak langsung dan terang   ke atas. Dengan demikian mencerahkan ruangan gelap dengan cara yang nyaman, pada saat yang sama lampu memberikan cahaya langsung di tempat yang dibutuhkan. Dengan ruangan yang gelap itu berubah menjadi suasana yang moody. Pencahayaan di display atau rak yang sesuai di ruang tamu, gambar favorit di dinding atau hiasan khusus dapat dipentaskan di seluruh rumah dan menjadikannya lebih cerah.

2. Furnitur yang cerah untuk setiap selera

 Bedroom by Massiv aus Holz
Massiv aus Holz

Massivholz Bett in Weiss

Massiv aus Holz

Perabotan cerah memantulkan cahaya dan membuat ruangan gelap terlihat ceria. Dengan perabotan putih di depan dinding kuning cerah, ruangan paling gelap tiba-tiba tampak ramah. Mebel putih romantisnya terbuat dari kayu dengan garis lengkung dan ornamen. Jika suka, anda bisa kembali ke perabotan putih yang dipernis dengan garis lurus dan permukaan glossy. Warna pastel cerah juga luar biasa. Sebuah biru lembut membawa angin laut segar ke dalam ruangan, sementara pink cerah menyebar kesegaran musim panas. Untuk mematahkan warna putih monoton, maka anda bisa memanfaatkan berbagai warna shade. Warna gading yang lembut bisa melengkapi, misalnya furnitur yang  putih atau kursi biru muda di depan meja berwarna krem. Sepotong furnitur memiliki kemampuan untuk menciptakan kontras yang menarik antara elemen terang. Efek yang sama bisa dicapai, misalnya dengan kayu gelap di depan dinding yang terang.

3. Buat kontras di dinding

Agar furnitur dalam nuansa bercahaya tidak hilang di depan dinding  dan untuk menghindari monoton dalam desain warna, diperlukan kontras. Misalnya, warna pastel yang lembut bisa dikontraskan dengan bentuk dan corak bening seperti cermin bulat atau persegi dengan rangka yang halus. Dinding putih dipecah oleh gambar dalam foto merah terang atau hitam-putih dengan bingkai gelap. Juga dinding berwarna tunggal menawarkan kontras yang eye-catching dengan furnitur ringan, membuat ruangan tampak lebih semarak. Dua cat dinding berbeda memiliki efek yang sama. Juga pola grafis menawarkan kemungkinan menarik untuk menyulap kontras di dinding. Mereka sangat cocok untuk bolak-balik cahaya dan nuansa gelap. Ini secara kreatif menyela skema warna yang tidak hambar tanpa takut membuat setting gelap.

4. Langit-langit terang

Sebuah ruangan dengan langit-langit gelap tampak mencekik dan cenderung suram. Langit-langit terang, di sisi lain, membuat ruangan tidak hanya lebih bersahabat, tapi juga lebih besar secara optik. Inilah yang terjadi dengan dinding dengan nada ceria. Bintik halogen memberikan kecerahan ekstra. Dengan abu-abu halus atau krem juga sangat baik. Di kamar anak-anak, menciptakan langit berbintang yang indah di atas langit-langit abu-abu biru muda yang lembut. Solusi lain ditawarkan oleh plafon gantung. Dengan papan plester, solusi individual dapat dibuat dan bahkan penerangan tambahan dapat dipasang, menciptakan suasana yang mengundang.

5. Jendela dalam ruangan untuk lebih terang

 Ruang Keluarga by rundzwei Architekten
rundzwei Architekten

Blick Richtung Galerie

rundzwei Architekten

Jendela sangat bermanfaat untuk ruangan gelap, di mana beberapa sumber cahaya alami tersedia. Mereka membantu membuka ruangan dan juga bertindak sebagai sumber cahaya tambahan. Juga enawarkan kemungkinan untuk menghubungkan dua ruangan, sehingga memberikan konsep hidup yang lebih terbuka. Jendela internal direkomendasikan di manapun mereka tidak mengganggu. Misalnya, anda bisa menghubungkan dapur kecil yang gelap ke ruang makan atau ruang tamu. Tidak ada cara untuk memasang jendela interior, pintu kaca atau jendela kaca bisa digunakan untuk keperluan yang sama.

6. Tirai yang tepat

  by homify

Gorden tidak hanya melindungi anda dari pengintai mata, mereka menghiasi ruangan dan membuatnya merasa nyaman dan aman. Agar ruangan redup lebih terang, gunakan tirai ringan dan bukan nuansa yang lebih gelap. Tirai tembus memungkinkan anda untuk memiliki sedikit cahaya sementara masih memiliki beberapa warna dan privasi. Gorden putih menerangi ruangan, Mereka juga cocok dengan dinding berwarna pastel, menambah kontras terang ke ruangan. Alih-alih gorden tebal, yang berat dan suram, kain halus itu lebih ringan. Alih-alih tirai, tirai juga cocok, yang bisa ditarik ke bawah untuk naungan kapan saja.

7. Permukaan mengkilap

Cermin dan permukaan glossy memantulkan cahaya. Yang terpenting, mereka sangat cocok untuk membuat ruangan lebih terang dari pada jendela atau sumber cahaya lainnya. Karena permukaan glossy tidak hanya mencerminkan warna terang tapi juga gelap, mereka harus berada di depan dinding berwarna cerah dan dihiasi dengan benda dekoratif yang terang. Efek yang sangat indah terjadi saat permukaan glossy dikombinasikan dengan pencahayaan aksen. Ini bisa menjadi lampu lava pada bufet mengkilap atau lampu di rak, yang mencerminkan cahaya dengan indah sebagai efek yang diinginkan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!