Ruang Keluarga by ZR-architects

Apa itu Corian? Ini Keuntungannya Untuk Rumah Anda!

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Material baru memenuhi pasar dan kita sebaiknya mengetahui mereka untuk mengejar ketinggalan serta memanfaatkan  semua keuntungan yang ada. Kali ini kami berbicara tentang Corian. Apakah itu Corian? Corian merupakan bahan sintetis untuk permukaan padat yang dikembangkan oleh Dupont. Ini terdiri dari 1/3 resin akrilik (PMMA) dan 2/3 aluminium hidroksida (aluminium trihidrat). Selain terkait hal teknis, kami tertarik untuk mengetahui apa kontribusinya bagi desain interior. Ketahui lebih banyak tentang karakteristik, kelebihan, kekurangan dan biayanya yang akan berguna jika Anda menggunakannya. Mari cari tahu lebih banyak dalam buku ide ini!

1. Apa itu Corian?

Jika kita menengok sedikit sejarahnya, kita dapat menemukan produk pertama tersebut ada sejak 1963 dan dibuat oleh ilmuwan Dupont Don Slocum dan George Mann. Materinya dipasarkan sebagai Corian pada 1967, lalu 2 tahun kemudian produksi serial pelat Corian dimulai di pabrik Yerke DuPont, Buffalo. Pada 1970 formulasi produk berubah sehingga bahannya lebih tahan terhadap asam. Formula baru ini juga meningkatkan kemungkinan untuk dekorasi. Pada 1974, benda cetakan pertama dibuat dan pada 1981 perekatnya tak terlihat. Pada  2004 materi diwujudkan dan sejak  2007 Corian berkembang pesat seperti sekarang ini. Material dengan kualitas paling menonjol mudah dicetak, kemungkinan menghilangkan jejak terlihat dan kapasitas tembus pandangnya, tidak melupakan kekerasan dan ketahanannya terhadap abrasi.

2. Fitur dan manfaatnya

1. Ini adalah bahan yang sesuai untuk eksterior, yang tidak terpengaruh oleh radiasi ultraviolet.

2. Potongan Corian digabungkan dengan perekat khusus yang menghilangkan sendi, memungkinkan untuk mendapatkan benda dengan dimensi besar dan penampilan sepanjang masa.

3. Tidak berpori. Kerusakan ringan dapat dieliminasi dengan menggosok menggunakan pembersih non-abrasif atau dengan pengamplasan; dan bass bisa diperbaiki secara lokal. Sebagai bahan homogen, permukaan Corian dapat dipulihkan dengan pengamplasan umum, mirip dengan cara pembuatan kayu.

4. Ini adalah bahan inert dan, jika terjadi kebakaran, gasnya tidak beracun.

5. Bisa dikerjakan dengan alat pertukangan dan relief dasar.

6. Tembus pandang. Hal ini memungkinkan penggunaan lampu dan desain baru pada furnitur dan elemen dekoratif yang retro berpancarkan cahaya, seperti yang akan kita lihat di bawah ini.

7.  Sangat tahan air dan antibakteri, yang menjadikannya pilihan baik untuk digunakan di rumah sakit, laboratorium, toilet atau area operasi, di antara material lain yang harus bersih 100%.

3. Kekurangan

Seperti produk apapun, Corian juga memiliki kekurangan. Yang pertama harganya, tapi kita juga harus menyebutkan yang lain:

1. Penggunaannya sebagai meja juga memiliki kelemahan: deformasi terhadap unsur-unsur yang sangat panas (walaupun dapat bertahan hingga 205ºC)

2. Relatif mudah terlihat goresannya meski kerasnya setara dengan kayu, lebih rendah dari bahan batu seperti granit atau senyawa sintetis dasar mineral lainnya.

3. Sensitif terhadap beberapa bahan kimia seperti aseton dan pelarut tertentu.

4. Perawatan

Perawatan furnitur yang dibuat dengan bahan ini sangat minim karena bukan material berpori, tahan terhadap noda yang tidak tembus, dan mudah dibersihkan. Karena keuntungan ini, material Corian mudah untuk dibersihkan dan menghambat pertumbuhan kuman. Karakteristik ini membuat material ini juga digunakan di lingkungan asepsis ketat, seperti ruang operasi. Karena itu, Anda bisa menggunakannya di kamar mandi atau dapur dengan pikiran tenang, serta dapat mengambil tindakan pencegahan yang disebutkan di atas dalam hal suhu yang dapat bertahan tanpa alami kerusakan.

5. Harga materialnya

modern Bathroom by Baños de Autor
Baños de Autor

Lavabo de Corian® SQUARE con Encimera a medida.

Baños de Autor

Bahan baru ini bisa dibeli dengan berbagai warna dan model. Saat merancang furnitur dengan Corian, biayanya bervariasi tergantung pada apakah furnitur datar, seperti yang ditunjukkan oleh ahli kami dalam foto ini, atau memiliki lekukan atau desain khusus. Meski begitu, harga bahan sesuai dengan kisaran rata-rata per tinggi, namun disesuaikan saat kita mendekati ukuran standar, misalnya dengan memilih lebar area 60 cm. Biaya menjadi hambatan utama dari bahan ini tetapi garansinya adalah 10 tahun dan ada banyak keuntungan.

6. Corian di dapur

Di dapur modern, permukaan dan bagian atas meja yang berbeda bisa spektakuler jika dilapisi Corian. Warna dan model yang dapat dipilih banyak dan beragam, sehingga Anda dapat menggabungkan Corian dengan desain ubin atau lapisan yang telah dipilih untuk dinding dan lantai.

Anda harus berhati-hati, seperti pada tumpukan bahan tak berbatu lainnya, jangan sampai keluar api, karena panas yang berlebihan dapat menyebabkan noda atau deformasi pada permukaan. Untuk alasan ini, disarankan selalu siapkan pelindung dapur untuk menempatkan kontainernya yang sangat panas agar tak terjadi kerusakan pada permukaan dan perabotannya. 

7. Corian untuk kamar mandi

Corian diproduksi dalam bentuk piringan dan potongan. Dalam piringan, campuran aluminium dan resin dituang pada pita penggerak baja yang melintasi terowongan dingin. Setelah campuran didinginkan, ujung-ujung lembaran dipangkas dengan pengukuran standar, yang paling umum digunakan untuk dipasang di kamar mandi. Ketebalan material yang umum adalah 6 dan 12 mm.

Toilet kamar mandi dapat dibuat dengan bahan ini, seperti bak cuci atau bak mandi. Toilet ini gunakan potongan cetakan Corian dan diintegrasikan dengan meja dalam satu elemen. Selain persegi panjang, ada bulat atau oval dan didesain dalam berbagai ukuran. Pemasangannya seperti wastafel keramik atau kaca. Penggunaan di kamar mandi merupakan keuntungan bahwa potongan Corian tidak berpori, membuat mereka benar-benar kedap air danidak akan menyimpan kuman apapun.

8. Corian di ruang tamu

Jika Anda ingin memodernisasi ruang tamu rumah Anda dengan menggunakan bahan ini, seperti pada foto di atas, Anda bisa fokus pada sofa yang didesain dengan dasar Corian untuk meletakkan bantal nyaman sehingga membuat nuansa ruangan lebih menyenangkan. Jenis desain ini pas dengan gaya dan ukuran ruangan. Basis yang digunakan tahan lama, mudah dibersihkan dan dirawat; jika dikombinasikan dengan tekstil yang dipilih, Anda dapat memiliki dekorasi yang sangat modern, asli, dan inovatif.

Temukan buku ide menarik lainnya:

8 Ide Taman Praktis, Modern dan Mudah Perawatannya

10 Kesalahan Desain Interior yang Takkan Ingin Anda Ulangi Lagi

Terinspirasi oleh buku ide ini? Berikan komentar Anda di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!