Taman by Landscape Paisagismo

9 Inspirasi Rumah Panggung dengan Gaya Modern

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Saat berbicara tentang rumah panggung, banyak orang mungkin berpikir tentang orang Kalimantan atau Sumatra. Sebuah rumah kayu di pedesaan yang lantai utamanya terangkat sangat tinggi, menggunakan struktur kayu sebenarnya bukan hanya rumah khas di Indonesia yang hanya populer di pedesaan. Buku ide kali ini akan memperlebar wawasan Anda akan ragam rumah Panggung dari mancanegara yang terdiri dari banyak gaya yang berbeda. Gaya yang berbeda juga disertai dengan penggunaan ruang bawah lantai yang berbeda. Ada yang menggunakannya sebagai ruang sosialisasi, yang mungkin bersebelahan dengan sungai. Ada juga yang memang berada di atas air. Desain rumah menjadi perlu dianggkat agar air tidak merusak atau membanjiri rumah. Di sisi lain ada juga yang menggunakannya sebagai area untuk penyimpanan. Dilihat dari sisi keramahan lingkungan dan kenyamanan temperatur, ruang ini juga dapat membantu ventilasi rumah.

Tanpa menunda lebih jauh lagi, mari kita langsung inspirasi rumah panggung yang didesain dengan berbagai tujuan serta kegiatan.

1. Rumah Bergaya Jepang dengan Teras Tinggi

Rumah bergaya Jepang ini memiliki ruang bawah yang tercipta dari adanya balkon di atas lantai. Oleh karena itu, untuk menerapkan ide ini kita hanya memerlukan struktur yang sederhana. Cukup membuat struktur balkon dengan pilar yang tinggi dari tanah.

2. Rumah Panggung Kayu

Model rumah panggung ini diangkat dari lantai dengan cukup tinggi. Ruang bawah yang tercipta dapat digunakan untuk banyak aktivitas. Gambar diatas adalah salah sudut pandang yang menunjukkan bahwa ruang sisa yang tercipta tidak terasa tidak nyaman sama sekali.

3. Kotak Rumah yang Terangkat dari Lantai Dasar

 Rumah by A+ arquitectura
A+ arquitectura

acesso à garagem sob a casa

A+ arquitectura

Kotak bangunan pada desain ini terletak pada tingkat yang berbeda. Perbedaan ketinggian satu lantai membuat desain ini tergolong sebagai rumah panggung. Ruang bawah pada desain ini bisa dijadikan tempat parkir.

4. Rumah di Bawah Lantai Kosong

Bahkan pada desain rumah modern seperti rumah dengan atap genteng yang miring, prinsip rumah panggung dapat diterapkan. Tapi desain ini memerlukan atap yang terbujur lebih panjang dari biasanya. Memungkinkan penghuni untuk berjemur di teras depan. Elevasi teras depan dari lantai dasar memberikan privasi. Sedangkan ruang bawah dapat digunakan sebagai ruang terbuka yang lebar.

5. Rumah Kayu yang Nyaman dengan Basement

Selain menggunakan bahan alami sebagai struktur utama, desain ini terletak di tengah alam dan rumput hijau. Uniknya desain juga memiliki ruang fungsional yang terangkat. Ruang bawah lantai seperti ini sanga membantu sirkulasi udara karena membantu pergerakan udara dari satu sisi ke sisi yang lain.

6. Perpanjangan Rumah Kayu dengan Lantai Tinggi

Area panggung pada desain ini merupakan sebuah tambahan dalam proyek renovasi yang bahkan menempel langsung dengan rumah awal. Desain yang indah dan unik Ini adalah perpanjangan yang sangat luar biasa. Dengan massa yang terangkat dari tanah, desain yang ada meninggalkan ruang kosong di bawahnya. Integrasi rumah kayu kuno yang sangat populer di masa lalu menambah keseluruhan nilai estetis pada desain.

7. Rumah Panggung Kayu di Tengah Air

Adanya air pada bagian tengah tapak, membuat desainer sengaja mengangkat lantai rumah lebih tinggi, menjadi sebuah rumah panggung. Hal ini kemudian menciptakan ruang antara lantai rumah dan air. Hal ini terlihat bagus, indah, dan tentunya hangat di mata.

Untuk area rentan banjir, tentunya strategi panggung ini juga bermanfaat untuk mengurangi kerugian material jika terjadi bencana banjir.

8. Teras Atas dengan Basement Bawah

Rumah ini memiliki balkon yang terangkat pada lantai dua rumah. Area di bawah balkon terhubungkan langsung ke teras atas dengan tangga. Tampak sangat chic dan modern.

9. Rumah Panggung Batu

Desain rumah ini terbuat dari batu yang kuat, diangkat dari tanah untuk memungkinkan ruang antara tanah asli dan lantai rumah. Hal ini membantu sistem ventilasi dalam rumah, yang bisa dimasuki dari lantai dasar.

Rumah mana yang kamu suka? Bagikan pendapat Anda kepada Homify.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!