Koridor dan lorong by Schiller Architektur BDA

15 Inspirasi Tangga Untuk Rumah Kecil

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada beberapa hal yang tak bisa diabaikan saat kita berbicara tentang rumah kecil, khususnya rumah kecil dua lantai. Tentu saja tangga adalah elemen vital yang harus kita perhitungkan. Pada kesempatan ini kami menawarkan 15 variasi tangga dari beragam material yang sempurna untuk rumah kecil. Ke-15 tangga ini bukan hanya fungsional, namun juga menyenangkan untuk dipandang. Mari kita langkahkan kaki menuju tangga itu bersama. 

1. Three in one

Pada contoh ini kita bisa melihat bagaimana tangga didesain agar tersedia ruang untuk fungsi lainnya. Ada rak buku dan taman vertikal di dinding yang berdekatan dengan tangga. Tangga didesain sederhana namun kekinian, terbuat dari material logam yang tahan lama. Warna putihnya tampak kontras dengan hijaunya taman vertikal. 

2. Tangga spiral

Tangga spiral adalah alternatif sempurna untuk rumah dengan ruang terbatas seperti contoh. Tangga spiral memberikan kesan dinamis pada ruang dan tidak mengenal tren. Tangga spiral bisa ditampilkan dalam beragam sentuhan akhir dan material sesuai gaya rumah kita. 

3. Tangga berlevel

Desain tangga ini bertujuan memberikan kelegaan pada level pertama yang tanpa susuran tangga. Susuran tangga terdapat di level dua dan terbuat dari bahan logam bercat hitam untuk menjaga keselamatan penggunanya. Tentu saja tangga model ini tidak disarankan jika Anda tinggal bersama anak-anak. 

4. Tangga futuristik

Desain tangga ini pasti membuat Anda ternganga, karena sekilas tampak melayang di udara. Sentuhan gaya industrial yang sangat menakjubkan! 

5. Tangga kayu yang beradaptasi dengan ruang

Tangga kayu ini telah disesuaikan secara sempurna dengan tiap sudut rumah. Agar tak mengganggu pandangan, susuran tangga dipasang di dinding. 

6. Tangga lipat

Mengapa tidak memasang tangga lipat bila kita mempunyai ruangan tersembunyi di atap rumah (misalnya loteng atau gudang)? Cara ini akan membantu kita menghemat pemakaian ruang, karena tangga lipat tidak kita gunakan setiap saat. 

7. Selebar setengah meter

 Koridor dan lorong by raumatmosphäre pantanella
raumatmosphäre pantanella

Flur mit Einbauschränken und freigelegter Treppe

raumatmosphäre pantanella

Jika kondisi ruang tidak memungkinkan, tangga tidak perlu dibuat terlalu lebar. Tangga pada gambar ini lebarnya hanya sekitar 50 cm atau setengah meter, sangat membantu menghemat pemanfaatan ruang. Namun tangga ini tidak disarankan untuk Anda yang memiliki fobia ketinggian. 

8. Modern dan minimalis

Tangga ini bukan hanya menghemat ruang, namun juga memiliki desain industrial yang sangat modern. Alternatif sempurna untuk rumah dengan mezzanine (loteng tengah). 

9. Tangga kayu tradisional

Desain tangga ini adalah yang paling sederhana dalam ulasan ini. Bila Anda membutuhkan sarana penghubung lantai satu dan loteng tengah atau lantai dua, dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda, tangga model tradisional dan bergaris sederhana ini mungkin untuk Anda. 

10. Bagian dari koridor

Anda juga dapat mengintegrasikan tangga sebagai bagian dari koridor, seperti contoh ini. Lantai, tangga, dan dekorasi pintu terbuat dari kayu dengan furnishing serupa. Ide meletakkan lampu di sejumlah titik adalah sebuah solusi cerdas.  

11. Tangga multifungsi

Bagaimana dengan desain tangga ini? Tangga dari bahan kayu dan logam warna hitam ini memiliki beragam fungsi, antara lain sebagai rak buku, meja kerja, dan tempat penyimpanan. Siapa bilang fungsi tangga sebatas sarana naik turun saja? 

12. Tangga dua level bersudut

 Tangga by Conely
Conely

Escaleras de madera

Conely

Tangga ini tampak melekat pada dinding, mengikuti konturnya menuju kesempurnaan dan dirancang dengan penuh perhitungan. Lampu yang menempel pada dinding akan menambah pencahayaan tepat pada anak tangga di mana kita akan melangkah. 

13. Ruang bermain

 Corridor, hallway & stairs by uniQ

Ruang bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai ruang bermain untuk anak, seperti contoh ini. Pasti si kecil akan menyukainya! 

14. Memanfaatkan ruang

 Koridor dan lorong by Estudi Agustí Costa
Estudi Agustí Costa

Vivienda TERCERTERCERA

Estudi Agustí Costa

Ruang di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Pada contoh ini sebuah lemari dari bahan kayu yang sama dengan tangga ditempatkan di bawah tangga. Sedangkan rongga yang tersisa bisa digunakan sebagai rak dekoratif. 

15. Tersembunyi dan menarik

 Koridor dan lorong by munarq

Tangga ini tampak tersembunyi di balik dinding partisi. Sebuah gagasan segar dan menyenangkan untuk menyamarkan tangga dari pandangan. Opsi sempurna untuk ruangan berdimensi besar dan berlangit-langit tinggi. 

Apakah tangga kayu atau tangga beton yang sesuai untuk rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!