Koridor dan lorong by Michał Młynarczyk Fotograf Wnętrz

16 Ide Mendekorasi Rumah Dengan Ceruk Dinding

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Pada bangunan dengan arsitektur klasik ada sebuah elemen dekoratif berupa semacam lubang atau ceruk di dinding dengan langit-langit setengah melengkung. Di ruang ini biasanya dihiasi dengan patung atau figur religius. Para ahli kami mencoba menerapkan konsep ceruk di dinding ini pada arsitektur modern dan menyesuaikan bentuknya dengan desain rumah. Ceruk dinding di rumah modern berfungsi sebagai ruang untuk meletakkan hiasan, pernak-pernik, karya seni, atau benda berharga lainnya. Kadang-kadang struktur ceruk dirancang sehingga berbentuk rak, sehingga ada lebih banyak ruang untuk meletakkan benda-benda. Sebuah gambar bisa bermakna ribuan kata. Inspirasi ceruk dinding berikut ini mungkin akan membuat Anda tak bisa berkata-kata! 

1. Membagi dinding dengan gaya

Sejak awal, sangat penting untuk membedakan antara struktur dinding, yaitu dinding yang membatasi pemisahan dengan eksterior dan dinding yang membentuk ruang-ruang di dinding. Dengan demikian kita akan terhindar dari risiko merusak dinding utama, dan dapat membentuk elemen dekoratif seperti lubang-lubang kecil dan bukaan berbentuk lengkung seperti contoh. 

2. Sama rata

Salah satu kelebihan ceruk dinding adalah, kita dapat menghindari penggunaan rak yang dapat menyita ketersediaan ruang. Ceruk dinding bisa membantu Anda menghemat tempat. 

3. Lebih dari sekedar rak

Ceruk dinding bukan hanya digunakan untuk meletakkan hiasan. Pada beberapa rumah, ceruk dinding memiliki peran spesial berkat penampilannya yang anggun dan berkelas yang menjadikannya sebagai elemen dekoratif tanpa hiasan dekoratif. 

4. Terang dan bercahaya

Bentuk ceruk yang masuk ke dalam dinding menciptakan bayangan dan membuat suasana di dalamnya terasa gelap. Memasang lampu spot di dalam ceruk akan membuat penampilannya lebih menarik perhatian dan benda yng diletakkan di dalamnya bisa terlihat jelas.  

5. Relung di bawah jendela

Bentuk ceruk dinding sangat tergantung pada selera dan ruang yang ada. Pada gambar di bawah ini dinding di bawah jendela disulap menjadi rak dengan dekorasi alami dengan gaya Zen yang kental.  

6. Memecah monotonitas koridor

Dinding panjang dan ruang sempit pada lorong bisa menimbulkan kesan dingin, kaku, dan kurang menarik. Dengan membuat relung memanjang berlapis kayu dan dihias beberapa elemen lainnya kita berhasil memecah suasana dan meningkatkan nilai visual area ini. 

7. Jalan bagi cahaya

Fungsi lain dari ceruk adalah sebagai jalan masuk untuk cahaya. Dinding eksterior yang bukan merupakan struktur utama rumah dapat kita manfaatkan untuk membuat ceruk-ceruk kecil sebagai sumber cahaya. Kita juga bisa menghiasnya dengan taman kecil dalam ruangan seperti contoh. 

8. Lubang api

Di negara empat musim perapian berfungsi sebagai pengusir hawa dingin dalam ruangan. Saat ini perapian telah ditampilkan dalam bentuk modern seperti contoh, yaitu berupa ceruk di dinding. Kayu tak lagi digunakan untuk menyalakan api, melainkan etanol. Bahan ini pun sama terang dan hangatnya dengan api yang menyala dari tumpukan kayu.  

9. Pembatas atau pemisah?

Kadang keduanya tidak sama artinya. Rak dinding di dekat jendela adalah pembatas antara area masuk rumah dengan dapur. Sedangkan ruangan terbuka tampak terpisah dengan dinding dan membentuk ruang baru sebagai akses dari satu ruangan menuju ruangan lainnya. 

10. Furnitur dalam ceruk

Ada kalanya relung terbentuk secara tidak sengaja, yaitu terbentuk karena struktur dinding dan pilar dalam interior rumah. Bila relung yang terbentuk cukup lebar, kita bisa memanfaatkannya untuk 'menyimpan' furnitur di dalamnya seperti pada contoh. 

11. Sentuhan seni

Gambar ini adalah contoh bagaimana fungsi ceruk dinding di masa lalu. Selain patung, Anda bisa menggunakannya untuk memajang karya seni instalasi atau lukisan. 

12. Ruang di bawah lemari

Salah satu keuntungan memiliki ceruk dinding adalah Anda tidak perlu memindahkan apapun. Adalah ceruk dinding yang memfasilitasi berbagai kenampakan ruang itu sendiri dan kita cukup mengisinya dengan apa yang kita suka. Misalnya, rak kayu untuk meletakkan bingkai foto dan hiasan lainnya. 

13. Relung sekat dinding

Jika Anda membuat sekat dinding untuk menyembunyikan area tangga, sebuah ceruk bisa dibuat untuk mendisplay benda hiasan berharga atau bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan. 

14. Ruang bawah tangga

Seperti yang telah kami ungkap sebelumnya, beberapa ceruk terbentuk akibat struktur dasar rumah. Ruang bawah tangga pada dasarnya juga sebuah ceruk atau relung yang dibentuk oleh tangga dan elemen lain di sekitarnya. Dengan sebuah sofa di dekatnya, terciptalah sebuah ruang baca. 

15. Relung di sebelah lemari

Ketika lemari dinding menguasai salah satu bagian dinding, Anda bisa membongkar struktur datar di sebelahnya dan membuat sebuah ceruk dengan rak-rak untuk keperluan dekoratif. 

16. Sumber inspirasi

Bila ide-ide atas tentang cara mendekorasi dinding telah berhasil menggoda Anda, sekarang Andalah yang memutuskan di mana dan apa yang ingin Anda letakkan di dalam ceruk dinding. Sesuatu yang cantik pasti hasilnya tidak mengecewakan.  

Manakah ide ceruk dinding yang paling Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!