by マルモコハウス

Transformasi Rumah Tua Menjadi Rumah Tradisional Nan Modern

Mamora Basaria Mamora Basaria
Loading admin actions …

Arsitektur tradisional Jepang memiliki kesan tersendiri. Entah itu pola arsitektural atau desain bangunannya. Material yang banyak memakai kayu memang memberikan kesan natural dan kehangatan yang kental. Namun seperti apa ya renovasi rumah tua yang kemudian bertransformasi menjadi hunian modern tanpa menghilangkan ciri khas tradisionalnya? Penasaran?

1. Asri Sekali Penampilan Depan Rumahnya

Bentuk asli rumah yaitu pondok bergaya Jepang tetap dipertahankan. Pintu masuk yang cantik perpaduan antara desain modern dan tradisional berada disamping bangunan. Dengan taman hijau yang luas, pemilik rumah dapat menikmati pemandangan dari jendela besar, dimana jendela ini juga berfungsi untuk meningkatkan pencahayaan dalam ruangan. Kental dengan suasana rumah khas Jepang bisa dilihat dengan dibuatnya dek kayu di depan pintu geser, untuk bersantai minum teh sambil memandangi taman.

2. Ruang Tamu Lesehan

Desain ruang tamu lesehan ini minimalis dan cantik. Keseluruhan aspek ruang terdiri dari material kayu, dengan pencahayaan yang temaram. Untuk lesehan memang paling tepat jika memakai meja berukuran rendah, untuk tempat meletakkan minuman dan makanan ringan. Memang bisa dikatakan jika kesederhanaan dan kekeluargaan menjadi ciri khas ruang tamu lesehan di Jepang.

3. Tatami

Dengan tema klasik dan tradisional, konsep Tatami ini membuat atmosfir menjadi hangat dan elegan. Rumah ini dilengkapi dengan pintu geser kertas dan kayu yang disebut Fusuma dan Shoji. Tatami sendiri adalah alas lantai tradisional Jepang berupa tikar empuk. Rasanya begitu nyaman dan sederhana, dan hebatnya lagi desain rumah ini memaksimalkan area yang terbatas, namun tetap terasa luas.

4. Ruang Membaca dan Ruang Belajar

Buku yang tersimpan rapi di dalam lemari malah menjadi ornamen yang unik pada ruangan membaca dan belajar ini. Penerangannya dibuat maksimal karena fungsi tempat memang untuk membaca. Nuansa tempo dulu memang kental sekali diruangan ini, dengan hadirnya rak lemari tua dan pintu geser.

6. Dapur Bergaya Retro

Ternyata ruang keluarga ini menyatu dengan ruang makan dan dapur. Seru ya anggota keluarga semuanya bisa berkumpul disini sambil masak, makan dan menonton televisi. Perpaduan modern dan tradisional menyatu dengan harmonis. Yang tidak terbayang sebelumnya, sang desainer menempatkan kitchen set bergaya retro pada ruang multifungsi ini. Begitu nyaman dan sangat unik!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!