by Studio di Progettazione Arch. Tiziana Franchina

6 Langkah Membuat Dapur Bergaya Pedesaan dengan Pemanggang

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Membuat dan memiliki pemanggang atau barbekyu di halaman memang bukan kebiasaan yang umum dalam masyarakat kita. Di sisi lain, acara bakar-bakaran seperti bakar jagung dan bakar ikan atau ayam sangat lazim dilakukan berbagai kalangan di Indonesia, terutama di kalangan remaja, pemuda atau keluarga muda. Biasanya acara ini digelar di malam Tahun Baru, hari raya keagamaan, atau pesta ulang tahun. Caranya, kayu atau arang disusun dan dinyalakan, lalu makanan yang akan dibakar diletakkan di atasnya. Memang menyenangkan, namun pemilik rumah jadi punya pekerjaan ekstra setelah pesta usai, yaitu membersihkan sisa-sisa arang dan makanan yang dibakar. Cukup melelahkan. Bagaimana kalau kita coba cara lain? Bila Anda termasuk penggemar acara bakar-bakaran bersama keluarga dan teman-teman, mengapa tidak mencoba membuat sendiri pemanggang dari bahan batu bata atau pemanggang gaya rustic? Acara bakar-bakaran akan lebih praktis dan rapi, karena Anda tidak perlu sibuk menyiapkan api unggun sebelum membakar makanan. Selain itu, pemanggang dengan desain unik akan mempercantik halaman Anda. Sangat multifungsi bukan? 

Inilah beberapa langkah membuat pemanggang dari material batu bata yang bisa Anda coba di rumah.  

1. Pembangunan dimulai

Kami telah menganjurkan Anda untuk menggunakan material dengan harga terjangkau dan mudah ditangani. Meskipun murah harganya, tidak berarti kualitasnya semurah harganya. Keahlian dalam hal membangun rumah sangat diperlukan di sini agar tercipta pondasi pemangggang yang kokoh. 
Saat Anda telah memutuskan di mana pemanggang akan dibuat, bersihkan area itu, lalu gali sampai kedalaman beberapa sentimeter. Di sinilah Anda akan membuat pondasi kokoh untuk pemanggang, yang terdiri dari campuran antara semen, beberapa bongkah batu, dan air. Anda bisa mengeraskan bagian ini dengan beton, melapisinya dengan ubin atau batu-batu kecil.

2. Merancang pemanggang

 Garden  by Barbecue
Barbecue

Барбекю Элит

Barbecue

Setelah satu atau dua hari, pondasi pemanggang akan mengering, Pemanggang sudah bisa dibangun di atasnya. Sebelum memulai apapun, Anda harus membuat sketsa pemanggang yang diinginkan. Tujuannya adalah agar Anda mengetahui berapa banyak material yang dibutuhkan dan melaksanakan proyek pembuatan pemanggang tanpa harus berimprovisasi. Inilah mengapa sketsa adalah bagian penting dari proyek pembangunan. Sketsa akan memandu Anda sejak tahap awal sampai akhirnya pemanggang hasil karya Anda tegak berdiri. 

Di sini kita membahas tentang mewujudkan sketsa menjadi bentuk tiga dimensi. Untuk itu kita harus mulai menggambar  bagian dasar, yaitu batu bata yang nantinya akan menjadi bagian terbawah pemanggang. Batu bata pada sketsa Anda sebaiknya dibuat terpisah satu sama lain dengan jarak sekitar 2 sentimeter. Perhatikan juga sudut pandang (perspektif) sketsa Anda. Artinya, bentuk pemanggang dalam sketsa harus benar-benar lurus, atau bulat, atau sesuai keinginan Anda. Beberapa ide desain pemanggang di sini mungkin bisa menjadi panduan Anda. 

3. Menyiapkan adukan beton

 Garden  by Barbecue
Barbecue

Барбекю Добрая

Barbecue

Anda telah mempunyai semua yang dibutuhkan: rencana, bahan-bahan, dan peralatan, yang dalam hal ini setara dengan sebuah palet, ember untuk mencampur semen, dan waterpas untuk mengetahui rata dan tidaknya suatu permukaan horizontal. Belum pernah membuat campuran semen mortar? Caranya sangat mudah. Campur semen bersama pasir dan air dengan perbandingan sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) sebagai berikut: 1 semen: 3 pasir, 1 semen: 4 pasir, atau 1 semen: 5 pasir. Perbandingan yang paling baik adalah perbandingan dengan pasir yang lebih sedikit. Jangan galau karena merasa tidak mampu mencampur semen. Ingat, tanpa semen pemanggang idaman Anda tak akan bisa terwujud. 
Cara merekatkan batu bata dengan semen yang kami rekomendasikan sedikit berbeda. Semen dioleskan pada batu bata, lalu rekatkan masing-masing batu bata secara hati-hati. Gunakan waterpas untuk mengukur apakah batu bata yang telah tersusun sudah rata atau belum. Jika belum, segera pindahkan dan luruskan sesuai struktur di kanan kirinya. Gunakan palet untuk meratakan semen pada batu bata, dan mulailah dengan sedikit olesan semen. Ketika struktur batu bata untuk pemanggang telah mencapai ketinggian yang direncanakan, Anda boleh merasa sedikit lega.

4. Mulai dengan sederhana

 Garden  by FABRILOR IBERICA
FABRILOR IBERICA

FABRILOR BARBACOA CON BOCA DE 90CM

FABRILOR IBERICA

Bila proyek ini adalah proyek pertama dan pertama kalinya Anda mengotori tangan dengan semen, kami sarankan agar Anda memulainya dengan desain pemanggang yang sederhana. Kami tidak meragukan kemampuan Anda membuat pemanggang sendiri, bahkan yang berbentuk seperti piramid sekalipun. Kami percaya apapun bisa terlaksana. Ada baiknya bila Anda memulainya dengan sesuatu yang sederhana dan bisa Anda kembangkan sedikit demi sedikit. Bagaimana bila Anda memagari tempat pembakaran dengan dinding batu bata? Dinding bagian belakang sebaiknya tahan panas, demikian juga dua dinding di sampingnya. Bagian depan dibiarkan terbuka sebagai tempat untuk meletakkan kayu bakar dan makanan yang akan dipanggang. 

5. Dua rak pemanggang

 Garden  by Barbecue
Barbecue

Барбекю Трио

Barbecue

Selanjutnya, kita sampai pada tahap memasang kisi-kisi besi di mana makanan yang akan dibakar diletakkan. Kisi-kisi besi bisa dipasang segera setelah atau pada saat kita menorehkan semen mortar di antara sela-sela batu bata. Namun ada juga solusi yang praktis dalam jangka panjang. Ketika semen mortar telah kering, pasang dua rangkaian kisi-kisi besi pada ketinggian yang berbeda. Dua ketinggian berbeda memungkinkan kita memanggang atau mengasapi makanan pada dua suhu yang berbeda. 

6. Sentuhan akhir

 Garden  by Kuchnia w Ogrodzie
Kuchnia w Ogrodzie

Grill murowany z wędzarnią

Kuchnia w Ogrodzie

Sebelum Anda memasang alat pemanggang, lakukan hal berikut agar pemanggang batu bata Anda tampak seperti buatan seorang ahli. Periksa sambungan antar batu bata sebelum semen mortar benar-benar mengering, baik sambungan horizontal maupun vertikal. Gunakan jari Anda untuk membentuk cekungan pada semen mortar, namun jangan lupa gunakan sarung tangan sebelum melakukannya. Terakhir, gunakan sikat baja untuk membersihkan sisa-sisa semen yang menempel di dinding batu bata

Tertarikkah Anda membuat pemanggang gaya rustic di halaman rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!