Rumah by homify

8 Inspirasi untuk Halaman Rumah Anda

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Kita sudah terbiasa dengan halaman di depan, samping pintu masuk dan belakang rumah. Tapi ide taman di tengah rumah, juga bukan barang baru lagi. 

Ya. Ide ini sudah ada sejak dulu. Lebih dari 5.000 tahun yang lalu, sejarah sudah mengenal desain taman di tengah rumah, yang berfungsi sebagai penghubung antar rumah-rumah lain yang berada dalam satu lingkungan. Juga berguna sebagai area umum, sebagai tempat sharing antar penghuni kediaman. 

Area seperti ini juga memungkinkan angin berhembus, mengalir ke berbagai penjuru, membuat hunian menjadi segar dan sejuk, karena memiliki pertukaran udara yang baik. Dan biasanya, juga diiringi kehadiran pohon-pohon besar yang teduh, yang membuat keseluruhan hunian menjadi hidup. 

Dan berikut ini, kami sajikan beberapa desain taman di tengah rumah yang indah, bagi Anda yang sedang mencari ide ruang hijau yang sehat dan menarik.

1. Rumput dengan Pohon Besar

Ide pertama yang kami tawarkan, berupa ruang hijau yang cukup besar di tengah rumah, berisikan rumput dan sebuah pohon besar yang memberikan keteduhan. Halaman rumput ini juga dapat digunakan untuk acara atau kegiatan keluarga.

2. Bukan Rumah yang Besar, tapi Memiliki Sudut yang Nyaman

Ide berikutnya adalah kombinasi taman tengah rumah dan ruang kehidupan yang nyaman. Pohonnya teduh, dan area hijau lainnya ditempatkan pada salah satu sisi dinding rumah. Selain nyaman, atmosfer area ini juga sangat segar.

3. Tinggalkan Celah di Tengah Rumah untuk Mengistirahatkan Mata

 Taman by arc-d

Pada rumah bertingkat, biasanya space-nya terbatas, namun usahakan untuk menyediakan ruang hijau sebagai tempat bersantai, dan mengistirahatkan mata Anda. Anda dapat meniru desain taman tengah rumah yang terbuka ini, tanpa atap, di mana ditanam pohon yang menjulang ke ketinggian langit.

4. Gaya Jepang

Taman dengan gaya Jepang seperti ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada bagian depan, belakang atau samping rumah, tapi juga dapat diposisikan di tengah rumah. Penekanan dilakukan pada komposisi taman agar seimbang, yang menghasilkan area yang segar dan nyaman.

5. Alternatif Taman Batu

Tidak hanya pohon kecil, rumput atau tanaman hijau lainnya saja, Anda juga bisa membuat taman batu. Perawatannya mudah karena batu tidak memerlukan banyak perhatian, dan juga bisa ditanami pohon atau tumbuhan lainnya.

6. Tidak Banyak Ruang, tapi Tetap Ada Area Hijau

Ini contoh rumah yang tidak memiliki banyak space termasuk area tengahnya, tapi tetap dibuatkan area kebun yang lantas menjadi salah satu area outdoor yang sangat nyaman, dan berteman dengan angin dan matahari.

7. Lantai Kayu yang Dihiasi Berbagai Jenis Tanaman

 Rumah by homify

Area taman tengah rumah juga bisa diisi dengan kayu, dikombinasikan dengan area hijau yang terdiri dari pepohonan dan tanaman pilihan. Hal ini juga membuat taman bisa digunakan sebagai area untuk aktivitas kehidupan lainnya.

8. Teduh Hanya dengan Beberapa Pohon Saja

Ini adalah ide kebun di tengah rumah dengan pusat perhatian terletak pada pohon bambu dan bebatuan yang ditempatkan di sebuah area alami yang kecil, yang membuat suasana menjadi teduh. Juga dapat menjadi tambahan ruang hidup lainnya. 

Desain taman mana yang Anda sukai?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!